F-35 Jatuh, Hanya Beberapa Hari Setelah F-22 Jatuh

Jakartagreater.com – Satu pesawat tempur F-35 jatuh di pangkalan angkatan udara Florida hanya beberapa hari setelah jet siluman F-22 jatuh di lapangan terbang yang sama.

F-35A Lightning II generasi kelima, yang menelan biaya produksi sekitar US$ 90 juta, jatuh di Pangkalan Angkatan Udara Eglin sekitar pukul 21:30 waktu setempat pada hari Selasa. Jet itu ditugaskan ke Skuadron Tempur ke-58. Pilot berhasil eject keluar dari jet tempur dan dibawa ke rumah sakit setempat, ini adalah kecelakaan kedua dalam empat hari, lansir DailyMail.

Jumat lalu, jet tempur F-22 Raptor jatuh saat melakukan penerbangan pelatihan di lapangan terbang yang sama. F-22 adalah bagian dari Fighter Wing 325 yang berbasis di Florida utara, sekitar 40 mil sebelah timur Pensacola.

Kecelakaan F-22 terjadi sekitar jam 9:15 timur laut dari pangkalan, dan tidak ada korban jiwa atau kerusakan properti ketika jet itu jatuh ke tanah. Pilot, yang tidak diidentifikasi, dirawat di rumah sakit setelah kecelakaan.

Tim penyelamat pertama dari Test Wing ke-96 sudah tiba di lokasi dan mengamankan lokasi. Kecelakaan F-22 sedang diselidiki, dan dilaporkan tidak ada korban jiwa atau kerusakan properti sipil di darat.

Catatan Kecelakaan F-22

Kecelakaan F-22 sebelumnya pernah terjadi pada tahun 2004, 2009 dan 2010, yang menghancurkan tiga F-22.

Setiap F-22 berharga sekitar US$ 150 juta dan biaya keseluruhan untuk mengembangkan, memproduksi, dan meningkatkan jet tempur adalah US$ 67 miliar. Jet dibangun antara pertengahan 1990-an dan Desember 2011.

Pejabat pertahanan memutuskan untuk tidak memesan kembali Raptor, dan lebih memilih memesan F-15 dari Boeing pada tahun 2020, setelah istirahat 16 tahun.

F-22 dianggap sangat rahasia sehingga semua instrumen dan tampilan kokpitnya dirahasiakan, sehingga tidak ada foto interiornya yang ditampilkan.

Tidak seperti jet tempur lainnya, pejabat AS melarang penjualan F-22 ke negara lain, termasuk ke negara sekutu sekalipun, sebagai cara untuk mencegah pencurian teknologi siluman yang bisa dilakukan Rusia dan Cina.

6 pemikiran pada “F-35 Jatuh, Hanya Beberapa Hari Setelah F-22 Jatuh”

Tinggalkan komentar