Fregat Andalan Rusia, Project 22350 Admiral Golowko

Jakartagreater.com – Rusia meluncurkan fregat rudal Admiral Golowko, fregat rudal modern Project 22350 di St. Petersburg pada hari Jumat – rilis siaran pers dari Northern Shipyard. Fregat dapat dilengkapi dengan rudal Kalibr, Oniks dan rudal hipersonik Zircon, lansir Defense24.

Upacara peluncuran kapal perang ini berlangsung dengan jumlah peserta yang terbatas karena pandemi coronavirus. Hadir antara lain Komandan Angkatan Laut Rusia Nikolai Yevmienov.

Admiral Golowko adalah satu dari tiga fregat rudal yang dibangun sesuai dengan Project 22350. Saat ini, Angkatan Laut Rusia memiliki satu unit prototipe fregat Admiral Gorszkow. Fregat kedua – Admiral Kasatonov – sedang menjalani tes. Fregat keempat – Admiral Isakow sedang dibangun. Pembangunan dua kapal lain dari Project 22350 masih direncanakan.

Persenjataan utama fregat Admiral Golowko adalah tabung peluncur universal untuk rudal Kalibr, Oniks, dan Zirkon. fregat juga dilengkapi dengan senjata anti-pesawat Polimient-Redut (S-350) dan sistem pertahanan rudal lainnya, sistem Palasz dan torpedo paket-NK.

Fregat Project 22350 memiliki berat 4,5 ribu ton, dengan panjang 135 meter, dan kecepatan tertinggi hingga 29 knot.

Rudal hypersonik Zircon, milik sistem senjata Rusia yang paling modern, diuji pada Februari tahun ini, dan ditembakkan dari geladak fregat Admiral Gorszkow.

Sharing

10 pemikiran pada “Fregat Andalan Rusia, Project 22350 Admiral Golowko”

  1. Sebutannya saja kapal fregate, tp kelasnya Destroyer. Bahkan lebih garang dr kelas Alek Burket punya AS. Kalo baca berita ini, dek lintah meweekk akan semakin kuat meweekknya…xicixicixicixi

  2. Rusia memang mantul,,mengapa as melarang negara negara untuk membeli alutsista Rusia dengan casta karena as takut kalau alutsista Rusia yg moncer moncer itu tersebar di mana mana, klo memang Rusia di anggap salah oleh as kenapa gk langsung di serang saja oleh as klo benar benar gentelman bukanya malah menerapkan casta yg kebanyakan merugikan banyak negara.

  3. Bisa dibilang salah satu penyebab adanya CAATSA adlh intervensi rusia diukraina walaupun alasan sebenarnya adlh adanya tuduhan pihak rusia ikut campur dlm pemilu amerika yg membuat capres amerika trump menang.kenyataannya caatsa sendiri diajukan oleh senat dr partai demokrat.

  4. Harus diakui, adalah kabar yang positif bagi Rusia, disaat ekonominya terdampak harga komoditas ekspor yang rendah, kemudian pandemi Covid-19 yang membuat Rusia terbatas dalam melakukan pengerahan pasukan dan modernisasi AL nya yang berbiaya besar.

    Upaya Rusia memodernisasi AL nya tidak lepas untuk mengimbangi kemampuan dari negara anggota NATO yang secara berkelanjutan terus meningkatkan kemampuan pertahanan anti rudal balistik dan udara serta anti kapal selam.

    Masih panjang perjalanan Rusia memodernisasi AL nya yang masih didominasi oleh Kapal peninggalan era Uni Soviet, apalagi memasuki era digital yang mengintegrasikan fungsi tempur antar matra darat, udara dan laut.

Tinggalkan komentar