Benarkah FC-31 Semakin Stealth?

Jakartagreater.com – Foto-foto terbaru dari prototipe FC-31, jet tempur siluman tipe kedua Tiongkok, sering muncul di media sosial Tiongkok sejak bulan Mei, bertahun-tahun setelah menghilang dari mata publik. FC-31 sekarang mendapat lapisan cat abu-abu perak, menurut para pengamat, perkembangan FC-31 membuat kemajuan yang mulus, lansir Global Times.

Tidak seperti foto yang beredar pada tahun-tahun sebelumnya, prototipe FC-31 dalam foto baru berwarna abu-abu perak, tulis eastday.com.

Kemungkinan ini akan menjadi versi upgrade dengan modifikasi pada desain aerodinamis, seperti prototipe yang melakukan penerbangan perdananya pada tahun 2016, bukan versi aslinya yang melakukan debut penerbangannya di Airshow China pada tahun 2014.

Keaslian foto, termasuk waktu dan lokasi pengambilannya, tidak dapat diverifikasi.

Fu Qianshao, seorang pakar pertahanan udara Tiongkok, mengatakan kepada Global Times bahwa lapisan warna baru itu bisa menjadi tanda bahwa FC-31 sedang menguji kemampuan stealthnya dan kemampuan menghindari penglihatan dari mata telanjang.

Fu mengatakan bahwa foto-foto itu tidak dapat menunjukkan dengan tepat berapa banyak kemajuan yang telah dibuat, termasuk konfirmasi apakah itu melakukan penerbangan uji baru dan berapa banyak kemajuan yang sudah dilakukan.

Menurut pengamat Fu, berdasarkan hasil penerbangan uji, prototipe yang ditingkatkan nantinya akan dapat diproduksi.

Pesawat tempur FC-31 dengan cat abu-abu perak (foto : Military Watch Magazine)

Pengamat militer telah lama berspekulasi bahwa FC-31 dibuat untuk ekspor, tetapi dapat dimasukkan ke dalam dinas militer Tiongkok. Beberapa mengklaim bahwa FC-31 yang ditingkatkan dapat berfungsi sebagai jet tempur berbasis kapal induk generasi berikutnya.

Angkatan Udara Tiongkok, Angkatan Laut dan pelanggan dari negara asing bisa tertarik dengan jet tempur siluman canggih ini, Fu mengatakan, mencatat bahwa FC-31 kemungkinan akan melanjutkan pengembangannya dan dilengkapi dengan mesin dan perangkat baru di masa depan.

FC-31 adalah pesawat tempur multi-peran berkursi tunggal dengan dua mesin, akan melayani kebutuhan peperangan di masa depan. Panjang FC-31 17,3 meter dan memiliki lebar sayap 11,5 meter. FC-31 dapat dilengkapi beragam persenjataan buatan Tiongkok, seperti PL-10, PL-12 dan PL-15. FC-31 mampu melesat dengan kecepatan maksimum Mach 1.4 dengan radius combat 1250 km dan berat maksimum hingga 28 ton, sebagaimana selebaran info dari perusahaan Aviation Industry Corporation of China (AVIC) pada tahun 2018.

Sharing

3 pemikiran pada “Benarkah FC-31 Semakin Stealth?”

    • Lah kan emang mesinnya China belum jadi semua. Apalagi mesin F-35 itu mesin terkuat di dunia saat ini. Ngalahin Izdiliye 30 yg baru dipake Ama Su-57. Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh

Tinggalkan komentar