Skuadron 18 India yang Diperkuat Tejas Segera Beroperasi

Jakartagreater.com – Skuadron 18 Angkatan Udara India ‘Flying Bullet’ yang diperkuat dengan pesawat tempur ringan (Light Combat Aircraft – LCA) Tejas akan dioperasionalkan pada 27 Mei di Sulur dekat kota Coimbatore, lansir Defenseworld.

“Skuadron 18 ‘Flying Bullet’ IAF akan dioperasionalkan dengan LCA Tejas yang dibangun sendiri di AF Stn Sulur, oleh Kepala Staf Udara Staf Udara Marshal R.K.S. Bhadauria pada 27 Mei 2020, ”Kementerian Pertahanan India mentweet beberapa hari lalu.

Skuadron 18 dibentuk pada 15 April 1965, dan merupakan skuadron IAF kedua yang menerbangkan LCA Tejas.

Tejas adalah pesawat tempur bersayap delta dari generasi keempat buatan India. Tejas terhitung sebagai pesawat tempur supersonik yang paling ringan dan terkecil didunia.

Tejas dilengkapi dengan sistem kontrol penerbangan fly-by-wire, avionik digital terintegrasi, radar multimode dan strukturnya terbuat dari bahan komposit.

Yang penting, Skuadron baru akan menjadi yang pertama diperkuat dengan LCA Tejas dalam konfigurasi Final Operational Clearance (FOC) – dengan senjata lengkap.

LCA berdemonstrasi di acara LIMA 2019 di Langkawi, Malaysia sebagai bagian dari promosi penjualan ke Angkatan Udara Malaysia untuk keperluan jet tempur ringannya. Setelah itu memasuki layanan skuadron IAF dalam jumlah yang cukup, dan akan sangat meningkatkan daya tarik penjualan secara keseluruhan.

LCA sedang dibangun oleh Hindustan Aeronautics Limited (HAL) di bawah pesanan dari IAF.

Sharing

Satu pemikiran pada “Skuadron 18 India yang Diperkuat Tejas Segera Beroperasi”

Tinggalkan komentar