AS Protes P-8A Poseidon Ditempel Ketat Dua Su-35 Rusia

Jakartagreater.com – Angkatan Laut AS telah mengkritik tajam atas insiden pencegatan pesawat tempur Su-35 Rusia yang dianggap “tidak aman” dan “tidak bertanggung jawab” pada hari Selasa pada pesawat patroli maritim P-8A Poseidon di Laut Mediterania, lansir Sputnik.

“Untuk ketiga kalinya dalam dua bulan, pilot Rusia terbang dengan cara yang tidak aman dan tidak profesional saat mencegat sebuah pesawat patroli dan pengintai maritim P-8A Angkatan Laut AS,” kata US NAVY dalam sebuah pernyataan pada 26 Mei.

Pernyataan itu mencatat bahwa dua pesawat pencegat Rusia terbang di sisi pesawat Poseidon pada jarak seukuran pesawat selama 65 menit di atas perairan internasional, menambahkan bahwa pencegatan itu dipastikan tidak aman dan tidak profesional karena pilot Rusia mengambil posisi di dekat setiap sayap P-8A secara bersamaan, membatasi kemampuan P-8A untuk melakukan manuver dengan aman.”

Su-35 saat tempel ketat di sisi kiri dan kanan P-8A Poseidon AS (foto : Twitter IntelSky)

“Tindakan yang tidak perlu dari pilot Su-35 Rusia tidak konsisten dengan penerbangan yang baik dan aturan penerbangan internasional, dan membahayakan keselamatan penerbangan kedua pesawat,” tambah Angkatan Laut AS. Siaran pers juga menyertakan video dan foto dari pertemuan pesawat itu.

Insiden serupa terjadi pada bulan April, dengan Angkatan Laut AS memprotes Su-35 yang mencegat pesawat Poseidon pada jarak hanya 25 kaki.

Namun, seperti yang dilaporkan Sputnik, Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pada saat itu bahwa Su-35 telah diterbangkan dari Pangkalan Udara Khmeimim di Suriah setelah radar “mendeteksi target udara yang melakukan penerbangan menuju fasilitas militer Rusia di Suriah”.

Halaman pelacakan pesawat Twitter BlueSky melaporkan sekitar delapan jam sebelum siaran pers Angkatan Laut AS diposting, bahwa P-8A Poseidon sedang terbang ke arah barat di atas Laut Tengah dari dekat pantai Suriah.

Twitter BlueSky juga mencatat pesawat itu terbang dari pangkalan Sigonella US NAVY di Sisilia dan menunjukkan jalur penerbangan yang sama dengan penerbangan Poseidon beberapa waktu sebelumnya, mendekati dekat perairan teritorial Suriah.

Penerbangan yang hampir sama dilaporkan pada 17 Mei oleh Sputnik, mencatat juga, pesawat berkeliaran di wilayah udara dekat Khmeimim selama lebih dari setengah jam.

Dikembangkan dari pesawat sipil Boeing 737, P-8 Poseidon diadopsi oleh Angkatan Laut AS pada 2013 sebagai pesawat anti-kapal selam, anti kapal perang, dan shipping interdiction aircraft. Pesawat ini dilengkapi perangkat elektronik dan sinyal intelijen yang lengkap, termasuk radar dan detektor anomali magnetik untuk mendeteksi kapal selam yang menyelam.

Sharing

87 pemikiran pada “AS Protes P-8A Poseidon Ditempel Ketat Dua Su-35 Rusia”

  1. Yg ini tolong dibaca baik2 yg dek lintah meweekkk…..xicixicixicixi
    Pilot P-8 Poseidon teriak ketakutan terkencing2 dek, begitu di dekati SU-35 Rusia yg Strooong Bingiitt.
    Kockpit pesawat P-8 Poseidonnya langsung bau pesing.dek, gara2 pilotnya terkencing2 ketakutan sambil menjerit2 nangis histeris….xicixicixicixicixi
    Ini baru the real pilot AS Lotoy dek….xicixicixicixi

      • Hla cuman di kintili saja sudah rewel begitu… lagian kalau menembak di wiayah internasional itu tidak baik… digituin saja sudah cukup… dan itu lebih menyakitkan daripada dirudal…
        ga kebayang 65 menit digituin… pasti rasanya mau nangis, kayak ketahuan nyontek terus di suruh berdiri didepan kelas… mau belok ngga bisa, mau kabur apalagi…

        Makanya kalau mau ngintip itu suruh dikawal F-22 apa F-35 biar seru… seberapa bernyali pilotnya USA…

        • Kwkwk, gk usah di kawal bung, mana berani Rusia nembak, xixixixixk

          Kalau pesawat Rusia yg di tembak ya, paling diem aja, contohnya su24 di hajar Turki gk berani bales, giliran su57 mau lewat turki gk berani lewat, muter lewat irak, kwkwkwkwkwkk

          • Gak ditembak aja pilot As sdh terkencing kencing…..xicixicixicixi
            Itu kokpit sdh bau pesing spt baumu dek lintah meweekkk….xicixicixicixi

          • Opini Halu aja bung, kwkkkkkkk

            Bantah statemen biasakan pakai data, jangan opini fantasi mu aja yg Lo sebar, kemarin dari film, besok dari mimpi basah bau amis yg Lo sebarkan,. Uasekkkkkkkkkkk

          • Su-24 ditembak ngga berani membalas??? membalas memangnya harus dengan menembak juga???
            Habis kejadian itu Turki kena sangsi ekonomi keras dari Russia… kontraktor dan pekerja Turki yang berada di Rusia dipulangkan… produk import dari Turki seperti buah dan sayur dihentikan…
            Perang itu tidak melulu harus dengan senjata bung… seperti USA yang melakukan embargo militer kepada Indonesia, mereka ga perlu nembak jatuh F-16 milik Indonesia, cukup di embargo saja sudah mematikan…
            Toh ujungnya justru sekarang Turki malah terlibat konflik akibat mereka membeli S-400 dari Russia…
            Ikuti dong beritanya, ketika Erdogan tiba2 bertandang ke Moskow menemui Putin dan menyanggupi semua tuntutan Russia terkait penembakan Su-24… pilot F-16 juga akirnya ditangkap karena ikut serta dalam kudeta kan????
            Ngapain repot2 nembak…
            Noh sekarang gimana nasib F-35 Turki??? memangnya itu tidak ada hubunganya dengan Su-24 yang tertembak??? itu berkaitan dan merupakan perjalanan panjang dari awal cerita bung…

          • Kalau Su-57 memaksa melewati Turki jelas tidak akan berefek apapun, kalau lewatnya di Irak melintasi zona pertahanan udara USA itu baru cerita tersendiri… sekali kayuh 2-3 pulau terlampaui…
            Russia juga menghormati dong Turki yang baru saja membeli S-400…

        • ah jangan kebanyakan ngibul bung Yuli, mau lewat turki aja gk berani, masak lewat pangkalan amerika di irak gk ijin dulu, kwkwkwkwkwkwkw

          Rusia menghormati s400 di turki ?,,,kwkwkkwkwkwkwkwkwk

          ini mah ngibul tingakat dewa, S400 aja belum operasional di turki, kwkwkwkkwkwk

  2. Hari gini masih ada yg bangga-banggain Su-35??? Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh

    Di China aja kalah ama KWnya sendiri, makanya Indonesia mau diganti ama F-16V atau F-35 kok. Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh

    • Kwkwk, ya wajar bung, fans boy Rusia banggain su35, di kira kalau sudah joget2 di pameran udara itu udah sakti mandraguna, xixixi

      Radar aja masih pesa walaupun di klaim jarak jangkauan radarnya jauh, tapi kalau masih pesa ya percuma, terbukti lawan kloningan dari cina aja yg sudah pakai aesa, KALAH…………………….

      • Cieeeee…si lintah meweeek lapor bossnya kalo sdh dibuat babak belur disini……xicixicixicixi
        Padahal bossnya pun sdh babak belur duluan di lapak sebelah….xicixicixicixi
        Sdh selesai kerjamasamanya mungutin kaleng kong guan yg katanya siluman ya drk.?….xicixicixicixi

        • Kapan saya babak belur ?, Komenmu aja masih mentah dan belepotan hanya opini Halu yg keluar, xixixi

          Bahkan sampai buat hoax pula, karena kepepet gk punya bahan, bilang f18 di tembak jatuh, ealah Sumbernya dari film, kwkwkwkkwkwk

          @bank ruskiy ngakunya aja warjager lawas, tapi kualitas kaya kerupuk ke siram air, xixixixiixi

          JUSTRU AKUN LINTANG di buat utk membungkam congor hoaxmu, xixixixi

          • Babak belur ya dek lintah meweekk. Spt jet tempur AS yg di hajar rufal jadul rusia. Kan ada filmnya tuh.
            Kalo sdh terpojok langsung ganti akun spy dikira banyak pendukungnya. Tipu muslihat kuno dek…..meweek lg sono….xicixicixicixi

          • Huss, yg sopan Ama Senior Dhek Lintang. Gitu-gitu udah lama Bung Ruskye disini.

            Walopun kayak kerupuk kesiram air sih.
            Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh

    • Jiaahhh…
      Itu serupa dengan red flag dimana F-35 menang mutlak melawan F-16… ya jelas lah, latihan sendiri dan tinggal diatur sendiri, yang pasti tinggal dikondisikan

      Mana mau China mengakui kalau Su-35 lebih hebat, kalau mengakui jelas untuk apa susah payah bikin J-20/FC-31 nanti jualanya ga laku…

  3. Amerika sendiri sebenarnya pernah mengalami trauma ketika pesawat intai EP 3 pernah bersenggolan dgn pespur cina yg membuat pesawat EP 3 mendarat darurat dipulau hainan sedangkan jet tempur cina yg bersenggolan dgn pesawat as jatuh.

  4. Sebenarnya cukup aneh untuk sekelas Poseidon sampai ditempel ketat Ama 2 Su-35 jauh diluar teritorial mereka. Padahal yg datang bukan sekelas RC-135.

    Apakah Rusia se grogi itu sampai harus menurunkan Su-35??? Dan kenapa bukan Mig Suriah yg turun?? Apa karena Mignya udah habis semua atau gimana??? Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh

    • Tuh kan… memang sebenarnya itu beraninya sama yang recehan… yang pespurnya sudah tuir, dan ngga garang… lagian mau yang nyamperin Su-27/Su-30/Su-35 ya suka2 lah… siapa tahu itu memang sebenarnya lagi pingin ngintip dan terpesona berharap yang dateng Su-57… eh ngga tahunya malah Su-35… sudah begitu ditempel sayapnya biar ga bisa belok… itu rasanya kayak apa ya…
      Tapi sebenarnya maunya dikawal sama yang apa bung??? bilang saja… apa pakai Su-25 saja… atau Su-24… atau maunya memang beraninya sama sekelas Su-22 punya Suriah???

      • Salahnya kru Poseidon sih. Coba kalo mereka bawa Whiskey terus dilemparin ke pilot Rusia, bisa dibuka kokpit Ama mereka.

        Apalagi kalo disetelin lagu Hardbass di radio, bisa goyang-goyang Kobra tuh dua Su-35. Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh

  5. Tdk ada yg aneh soal cegat mencegat mengingat militer amerika dan rusia banyak mengerahkan pasukan dan persenjataan spt kaprang ataupun rudal dikawasan timteng dan sdh pastinya pihak rusia dan as tdk ingin kehadirannya dipantau/diganggu oleh pihak asing.lagipula p8 poseidon pesawat intai maritim yg canggih dilengkapi dgn berbagai macam radar dan alat yg mampu mendeteksi kasel dan dipersenjatai dgn rudal harpoon,torpedo dll

    • Gk bakalan di muat bro, di sini buat kembang biak fans boy Rusia pekok, kalau di toko sebelah, babak belur di hajar rame2, kwkwkwkwkwkw

      Apalagi si tukang hoax su Rusia letoy, yg otaknya di dengkul, mingkem aja kena hit berkali2 di toko sebelah, kalau di sini ya biarin aja, cukup saya aja yg bungkam, kwkwkwkkw

      • xicixicixicixi….yg begituan si meweek dan gatol gak bakalan paham bung yuli. Yg mereka paham spaceX biasa terbangkan manusia sampe ke.planet namex dng biaya murah, cuma Rp. 2000 per orang….xicixicixicixi

        • Soalnya ane heran aja katanya Truk Pantsir yang “Sakti mandraguna” favorit rakyat +62 yang hanya dalam mimpi untuk bisa memilikinya. Kok gampang banget ya yang “Meledug” di Libya n suriah ? kayak lpg 3kg aja hehehe

          Bukannya kapabilitas(kemampuan) dari Pantsir adalah untuk menembak jatuh Drone ? (kata brosur dari Rossoboronexsport yg ane baca)

          • Itu kata fans boy Rusia geblek bro, pasti bilang hebat, kalau di buat perang, kaya kerupuk ke siram air, kwkwkkw

            Pantsir meleduk aja di bilang hebat, sedangkan s300/400 mandul gk pernah nembak pesawat atau rudal aja di bilang hebat, kwkwkwkk

            Patriot yg sudah terbukti sejak perang teluk aja, di bilang jelek, sedangkan yg mandul dan meleduk aja di puji 2, kwkwkkwk

            OTAK KEBALIK, kwkwkkwk

          • Ooo…patriot yg terbukti mandul manghadang serangan drone houti ya dek lintah meweekk. Makanya ditarik dr Arab Saudi.

            Parahnya lg patriot ditarik saat sang raja Siluman SU-57 bisa melintasinya tanpa terdeteksi dan tanpa reaksi ya dek. Makanya dek lintah tambah meweekkk….xicixicixixicixi

            Dan satu lg tabiat fans boy barat amatiran klo sdh terdesak dan kalah debat, mulai keluar kata2 kasarnya…..xicixicixicixi….memang amatiran alay

          • Sebutin saja bung, apalagi yang lain yang bisa untuk memerangi Drone??? yang kena hit di Libya itu masih dibungkus di Truk dan masih parkir di garasi…
            Berapa Drone yang sudah ditembak jatuh di Libya???
            Dan yang menggunakan untuk menembak jatuh di Suriah dan Libya itu pengguna, dan itu jauh lebih efektif daripada Patriot yang gagal total melindungi Aramco Arab Saudi dari serangan drone…
            lawan Pantsir juga tidak main2… Israel jelas adalah negara dengan kemampuan militer unggulan, Turki juga negara yang mumpuni kemampuan militernya kalau dibandingkan dengan Houthi Yaman yang bukan merupakan sebuah negara yang mapan dan maju militernya… Yaman itu termiskin di timur tengah…
            Belum lagi yang bukanya menembak jatuh rudal musuh malah muter balik… apa takut ya kalau buat menghadapi rudal Scud tua yang dimiliki Houthi Yaman…

          • GUOBLOCK itu Si Neil Armstrong saja menolak bersumpah fi Alkitab, bahwa fia pernah mendarat di Bulan.

          • Kwkwk, jangan menghibur diri loe 1 lintang aja bisa meporak porandakan fans boy Rusia Halu kok, xixixixi

            Sampai2 ambil sumber dari film dijadikan bahan debat, karena terdesak, aibnya saya bongkar semua,
            uasekkkkkkkkk

          • Makanya babak belur dek lintah meweek krn kualitas daya pikir fans boy barat Amatiran spt kamu IQ nya nyungsep dek. Sumber dr film aja gak bisa paham kamu dek. Tanya boss mu si gatol.dek, dia sdh paham….xicixicixicixi

            Jd sampe sekarang blom nemu link jet tempur AS yg rontok dng rudal jadul Rusia ya dek.?

            Serius nanya nih dek (maksudnya serius ngejek)…..xicixicixicixi

          • Panggil lg boss mu si mbah gatol, yg lg sembunyi ya dek lintah meweekk. Biar kamu gak keteteran dek. Takutnya kamu stroke nanti klo cuma sendirian dek……xicixicixicixi

          • Kwkwkw, sabar mbh nanti meleduk lagi loe si pantsir jangan di buat Halu terus2an mbh, kwkwkwk

            S300/400 kemarin plonga-plongo gk bisa nembak apa2 itu bagaimana ceritanya itu ?, Masak iklannya aja yg sangar kalau di buat perang, ampun d h, kwkwk

          • Suruh nembak apa sih bung??? siapa yang mau ditembak… kalau pingin ditembak kan tahu tempatnya dimana…
            Kalau beraninya cuma sama Suriah yang baru saja babak belur karena perang saudara ya jangan minta yang aneh2…

            Mestinya kalau jantan, itu siluman suruh lah main2 ke pangkalan udara Russia… siapa tahu benar2 siluman…

  6. Dek lintah meweekk
    Kamu tau ndak, klo pilot AS selalu dibekali pampers kalo lg mengudara.? Spy kalo tercirit birit ketemu pilot Sukhoi Rusia, kokpitnya gak penuh kotoran dek……xicixicixicixicixi

      • Itu halisinasi akutmu saja dek lintah meweekk cirit birit….xicixicixicixi
        Biasa klo orang sdh babak belur pst berhalusinasi jd superhero dng sempak diluar….xi ixicixicixicixi

        Yg jelas AS malu patriot gagal lindungi kilang minyak Saudi dr serangan drone, makanya ditarik pulang kampung mau dijual kiloaan. Barang mandul kok dipromosikan….paham kamu dek lintah meweek cirit birit…xicixicixicixicixi

  7. JakartaGreater komentar jadi gak sehat dan bikin malu. Karena sudah menjurus personal dan seperti kumpulan kadrun, yang membawa sentimen negara. Jelas sekali kalau SU-35 bukannya di bilang pesawat jelek, tapi TIDAK Profesional, krn memang bukan begitu caranya mengawal atau mengusir pesawat intai seperti P-8. Jika sampai ada kecelakaan atau konflik, apakah pilot SU-35 mau digantung semua negara yang dirugikan ??? Jangan membuat malu akal sehat lah jika ingin menilai suatu hal karena sentimen dengan negara, agama, bangsa atau lainnya. Pengetahuan boleh keren, tapi kok akal sehat di matikan …?

    • saya rasa lebih baik kita netral.. kita tdk tau musuh kita siapa nanti.. calon pemimpin kita kedepan nya akan condong kemana… entah rusia atau china atau eropa atau usa.. yg jelas.. semuanya punya kepentingan masing2.. begitu juga kita punya kepentingan juga thdp mereka..

      Kita pernah di embargo USA.. Uni soviet juga pernah.. bahkan china juga skrg sdh menyiapkan undang2 embargo trhadap negara pembeli alutsista nya yg melawan kepenyingan nya… Soo kita hrs belajar dari itu semua utk membuat alutsista mandiri..
      Kesampingkan sentimen negara atau block.. Yg terpenting alutsista indonesia bisa mandiri.. Tanpa takut kena embargo…

  8. Yg jelas negara yg berkonflik di seluruh dunia belinya senjata Rusia.. karna ga pakai sanksi” (Lo mau buat apa terserah, bebas) ga kayak merk sebelah susah, ribet, banyak ini itu, sanksi ini itu, maksa disuruh beli pula wakwkkwwk

Tinggalkan komentar