Jet Latih Produksi Taiwan Jalani Uji Coba

Jakartagreater.com – Pesawat jet latih canggih yang diproduksi di Taiwan, AIDC T-5 Yung Yin (Brave Eagle) telah melakukan uji taksi preflight pertama sebelum uji penerbangan yang direncanakan akhir bulan ini.

Pesawat ini diproduksi oleh Aerospace Industrial Development Corp (AIDC) dan dijadwalkan untuk menjalani pengujian penerbangan saat Festival Perahu Naga, kata seorang pejabat Departemen Pertahanan Nasional, yang berbicara dengan syarat anonimitas, dirilis Taipeitimes.com, 03-06-2020.

Tes taksi (bergerak di landasan pacu) dilakukan di Pangkalan Angkatan Udara Ching Chuan Kang di Taichung yang dilakukan oleh AIDC, Kementerian dan Angkatan Udara.

Kementerian tidak mengumumkan tes untuk menghindari perhatian banyak orang, tetapi meskipun ada upaya terbaiknya, penggemar penerbangan masih muncul berbondong-bondong, kata pejabat itu.

“Kita perlu melakukan beberapa penyesuaian usai hasil tes taksi, tetapi rencana untuk penerbangan uji pertama pada akhir Juni 2020 tidak berubah,” kata pejabat itu, menambahkan bahwa jadwal tes belum terpengaruh oleh pandemi COVID-19.

“Kami berencana mengadakan 2 hingga 3 tes taksi lagi, termasuk tes taksi berkecepatan tinggi, sebelum penerbangan uji,” kata pejabat itu, seraya menambahkan bahwa Presiden Tsai Ing-wen akan diundang untuk mengawasi penerbangan uji.

Dua Jet tempur AIDC akan menemani dan menilai penerbangan uji, serta merekam acara tersebut, kata pejabat itu.

AIDC T-5 Brave Eagle (@ Mori / Taiwan Office of the President)

Penerbangan uji awal akan sederhana, dengan AT-5 lepas landas dan berputar-putar di atas bandara pada ketinggian terbatas sebelum mendarat, kata pejabat itu, menambahkan bahwa roda pendaratan pesawat akan tetap berada di luar selama penerbangan.

Desain pesawat selesai pada Maret 2018, dengan prototipe A1 – dimaksudkan untuk pengujian – selesai pada 4 September 2019  lalu, kata pejabat itu.

AIDC berencana untuk mengirimkan 66 unit AT-5 ke Angkatan Udara pada tahun 2026 untuk menggantikan AT-3, yang akan pensiun.

3 pemikiran pada “Jet Latih Produksi Taiwan Jalani Uji Coba”

Tinggalkan komentar