Memikat Minat Indonesia, Rusia Siapkan Su-35 Varian Khusus

Jakartagreater.com – Rusia kemungkinan akan merancang pesawat tempur Su-35 varian khusus untuk Indonesia.

Rusia telah menawarkan untuk “menyesuaikan” pesawat tempur Su-35 dengan kebutuhan Angkatan Udara Indonesia (TNI AU), hal ini dilakukan untuk memikat minat Indonesia agar membeli Su-35, lansir Defenseworld.

Perkembangan itu dilaporkan oleh tv zvezda, saluran resmi Kementerian Pertahanan Rusia mengutip juru bicara Rosoboronexport, agensi yang bertanggung jawab memasarkan pesawat tempur Rusia.

“Rusia dapat memasok Indonesia dengan pesawat tempur multiguna Su-35 terbaru, mengadaptasinya sebanyak mungkin dengan kebutuhan pelanggan. Kami yakin ini adalah pilihan terbaik untuk meningkatkan efektivitas tempur Angkatan Udara Indonesia,” ungkap laporan itu tanpa menyatakan kutipan dari Rosoboronexport.

Tawaran mengadaptasi pesawat sesuai kebutuhan Angkatan Udara Indonesia memberikan tanda tanya besar pada status negosiasi yang dilaporkan telah diselesaikan pada 2017.

Tidak ada kontrak yang ditandatangani antara Jakarta dan Moskow untuk pembelian 10 jet tempur Su-35 senilai sekitar US$ 1,14 miliar. Negosiasi dilaporkan macet karena masalah seperti perhitungan harga untuk barang barter, dan kedua negara tidak mampu menegosiasikan kesepakatan pertukaran mata uang untuk menggantikan dolar AS untuk mendanai bagian tunai dari kesepakatan.

Beberapa sumber industri mengatakan kepada defenseword.net sebelumnya bahwa perjanjian 2018 tentang penjualan Su-35 antara Jakarta dan Moskow menyangkut mekanisme pendanaan penjualan (barter plus uang tunai) dan bukan kesepakatan tentang pengiriman. Perjanjian tersebut juga termasuk offset 35% untuk dinegosiasikan secara terpisah antara PT Perusahaan Perdagangan dan Rostec Rusia.

Menurut laporan terbaru, Indonesia juga mempertimbangkan untuk membeli jet tempur F-16 dan F-35. Bahkan sedang melakukan pembelian rudal jarak jauh baru (AIM-120 AMRAAM) untuk melengkapi armada pesawat tempur F-16 yang sedang mengalami modernisasi.

Sharing

64 pemikiran pada “Memikat Minat Indonesia, Rusia Siapkan Su-35 Varian Khusus”

  1. Goodbye Soyuz, Goodbye Baikonur, Goodbye RD-180

    We have launch our great and powerful rocket and ready to go Interstellar discovery.

    God Bless SpaceX, God Bless NASA, God Bless The United States of America.

    Make America Great Again.

    Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh

    • Peluncuran roket berawak keluar angkasa bukan hal baru bagi dunia amerika pernah meluncurkan astronot ke bulan selain itu amerika bahkan membangun pesawat ulang alik yg mampu mengangkut penumpang sekaligus satelit & barang bernilai jutaan dolar keluar angkasa sampai uni soviet membangun versi pesawat ulang alik sendiri, apa yg dilakukan spacex bukan hal yg baru kecuali soal roket yg bs dipakai kembali paska peluncuran.

      • Yupz, usable main booster salah satu inovasinya Bung Whiteflag. Tapi tujuan utama ke Mars sudah semakin dekat karena roket itu yg bakal dipake buat bawa Starship SpaceX ke Bulan dan Mars. Sayangnya kemarin Starship meledak waktu tes mesin.

        Tapi ane yakin SpaceX bakal on the track tahun 2021 siap terbang ke Bulan dan 2 tahun kemudian siap terbang ke Mars. Perlu diingat juga kedua perjalanan ini juga persiapan untuk kolonisasi luar angkasa yg memungkinkan kehidupan Interstellar abad 21 jadi kenyataan.

        Itulah bedanya penerbangan SpaceX dg seluruh penerbangan luar angkasa lainnya.

          • Halah bung… sesuatu yang menjadi euforia bagi USA tetapi menurut saya sebenarnya biasa saja… dengan uang yang dimiliki dan dukungan ahli yang jelas luar biasa masak sebegitu lamanya bergantung pada Soyuz…
            Tetapi ada yang perlu digaris bawahi… akirnya USA kembali ke ISS dengan wahana antariksa yang secara sistem mirip dengan yang di soyuz…
            Padahal dulu biasa menghina kegagalan Buran… sekarang justru malah meninggalkan design pesawat ulang alik…

          • Desain kapsul itu udah lama di USA Dhek, udah ada Apollo, ada Gemini. Keduanya udah dibuat dan diluncurkan sejak tahun 60an dan puncaknya Apollo 11 waktu mendarat di Bulan tahun 69. Makanya aneh komentar Bung Yuli, siapa juga yg menghina Buran???

            Cree Dragon itu semuanya dari peluncuran, docking di ISS sampai pendaratan didesain secara otomatis dan kendali cuman pake touchscreen sebagai second control. So, itu jelas penerbangan ini adalah generasi terbaru abad 21.

          • Btw Desain Soyuz sama Kapsul Apollo/Gemini/Cree Dragon beda lho Bung. Coba aja dicek di Mbah Google

          • Maaf bung Agato, saya adalah salah satu orang yang tidak percaya manusia telah sampai di Bulan… jadi apapun yang digunakan untuk sampai ke bulan saya tidak mempercayainya juga…
            Terlebih untuk negara kaya raya yang bahkan untuk kembali ke ISS dengan wahana sendiri menunggu sampai bertahun2… sedangkan Soviet/Russia yang disebut miskin malah secara rutin mengirim wahana ke ISS…

            Masalah docking otomatis dan tombol touchscreen bukanlah hal yang luar biasa… justru yang luar biasa itu modul seperti Soyuz masih begitu stabil dan rutin mengirimkan manusia ke ISS…

            Any way tetap mengucapkan Proficiat untuk keberhasilan itu, sangat mengkawatirkan hanya bergantung pada Soyuz sebagai wahana untuk pergi pulang ke ISS…

          • @Yuli

            Mau percaya atau tidak ke bulan itu urusan sampeyan bro, yg jelas Uni Soviet yg berlomba secara langsung mengakui, dan lebih kredibel dari pada sekelas komentator blog Fans Boy Rusia, xixixixixixixixix

            “Ketika kami menerima sinyal dari Bulan, kami menerimanya dari Bulan, bukan dari Hollywood,” kata kosmonaut Rusia Georgy Grechko, seorang anggota misi Bulan Soviet, yang dibatalkan setelah Apollo 8 untuk pertama kalinya mengorbit Bulan. Pada saat itu, semua sistem pengintaian Soviet sedang menyaksikan penerbangan berawak pertama ke Bulan. Peralatan radio Soviet menerima sinyal dari Apollo 11, serta semua komunikasi audio dan rekaman TV pendaratan itu sendiri.

            “Membuat tipuan seperti itu mungkin sama sulitnya dengan menjalankan misi yang sebenarnya,” kata seorang kosmonaut dan perancang pesawat ruang angkasa lainnya, Konstantin Feoktistov, menyimpulkan dalam bukunya, The Trajectory of Life.

          • Tukang roti bantat yg pake kompor pembakaran-atas bawah sekarang ikut nimbrung bicara org sampe ke bulan.
            Bikin roti aja ente bantet, mau bicara ilmu roket.
            Nyimak film true strory aja gak ngerti, pake ikut nimbrung diskusi manusia kebulan.
            Urus aja kompor bakar atas-bawahmu itu biar roti bolu…bbbolu…bolu mu gak bantat lg ya dek lintah meweek cirit birit
            Yg lagi babak belur…..xicixicixicixi

    • god bless the queen,ini akibatnya terlalu banyak nego tp jajanya dikit, mau murah, bagus, banyak…? gampang beli aja replika tamiya 20 skuadron, alesanya knp gak beli sukoi, gampang, pasti klasik, barterlah, sanksilah, ntar abis ini apalagi nih, uda ky abg indo aja yg banyak drama…

    • Goodbye juga James Webb space telescope, goodbye exoplanet, goodbye new HOME, goodbye NASA.
      Tinggal tunggu berita cosmolog berintegritas pergi dari NASA menuju lembaga antariksa lain yg tak jadi budak modal.

  2. Kabarnya selain spacex perusahaan amerika lainya yaitu boeing jg akan melakukan peluncuran roket berawak dgn menggunakan pesawat Boeing Starliner dan dgn menggunakan roket ATLAS V pd thn 2021 dan uniknya ATLAS V masih menggunakan mesin rd 180.

    • strong apanya SON ?, kwkwkwkwk

      bentar lagi di ganti total karena ada yg lebih canggih dan biaya lebih murah, Hukum ekonomi akan berlaku di dunia antariksa, kwkwkwkkwkwkwkwkw

      Kalau Fansboy Rusia mana paham, tahunya Rusia Letoy doang, kecuci otak sama si Rusia Letoy, xixixixxi

      • Justru USA dan NASA bermain api dengan menggunakan wahana yang di kelola oleh Swasta… pada akirnya akan banyak kepentingan yang bertentangan ketika menggunakan Swasta sebagai penyedia teknoogi kunci…
        Sampai kapanpun Soyuz akan tetap mendominasi, selama ini Soyuz mengalami tingkat kegagalan yang sangat rendah…

        • di amerika sistem monopoli di larang bung, selain SpaceX tentu ada alternative lain seperti Blue Origin, dengan semakin banyaknya peserta seperti spaceX, blue origin, Boeing, Northrop Gruman dan Locked Martin maka persaingan akan semakin kompetitif dan bersaing secara teknologi dan harga yg terjangkau tentu yg di untungkan adalah NASA,

          “Sampai kapanpun Soyuz akan tetap mendominasi, selama ini Soyuz mengalami tingkat kegagalan yang sangat rendah…”

          teknologi itu berkembang bung, saya gak yakin Soyuz akan tetap mendominasi, ini teknologi lama bung, Pengguna Jasa akan memilih mana yg paling kompetitif dari segi kehandalan dan harga, nyatanya spaceX sudah mengalahkan rusia dalam jumlah pengiriman satelit ke orbit,

          https://nasional.republika.co.id/berita/qb2i8f368/misi-spacex-yang-penuh-simbol-kedigdayaan-antariksa-as

          di amerika swasta berperan lebih besar, karena di sana menganut paham pasar bebas, pemerintah hanya mengatur peraturan, bahkan di sektor pendidikan di kelola swasta juga.

          • Yg jadi masalah jika swasta memiliki hubungan terlalu dalam dgn pemerintah maka insiden yg menimpa boeing 737 max pasti akan terulang

        • Dan karena itu Soyuz bersama Rusia tak pernah maju-maju. USA udah mau balik lagi ke Bulan dan ke Mars, Rusia masih akan bermain-main dg stasiun luar angkasa yg bahkan bakal jadi atau enggak kalo mereka keluar dari ISS. Apa dock bagian Rusia yg mau dijadikan platform stasiun luar angkasa???

          Padahal ISS dah mau diganti loh.

        • Sejak mereka nyampe di Bulan Dhek. Mana ada negara lainnya udah kesana?? Kemarin SpaceX ngirim lagi astronot ke ISS pake pesawat, roket dan mesinnya buatan USA sendiri loh.

          Kudet ya Ente??
          Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh

    • Atlas V itu buatan kapan?? Apa dibuat jaman Mr. Trump???

      Cobalah update dikit Dhek. Kasihan yg lain kalo ente kudet Mulu.

      Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh

      • Atlas V adlh roket 2 tahap yg didesain oleh perusahaan lockheed martin.selain itu hanya roket tahap pertama yg memakai roket Rd 180 & roket tahap kedua masih memakai mesin buatan amerika yaitu Rl 10 buatan aerojet rocketdyne.

  3. Perasaan gk bakalan terpikat deh, ini kan pesawat yg kemarin kalah sama kloningannya, iini cuma pesawat su27 yg di ganti mesin lebih kuat aja, gk ada beda dengan sebelumnya, xixixiixixixix

    ini era BVR, dogfigt udah makin di tinggalkan, pesawat yg mengandalkan jogat joget dangdutan di pameran, gk cukup kalau di buat perang di era moderen, india dan pakistan kemarin sudah membuktikan seletoy apakah pesawat sukhoi, xixixixixixixixixixix

    tapi saya sadar kok si Ruski letoy mana paham, otaknya kan di dengkul, kwkwkwkwkwkwk

    • xicixicixicixi….anak tikang roti yg bakarnya pake kompor pembakaran atas-bawah alias dek lintah meweek cirit birit mana paham dunia tenik khususnya penerbangan, yg dia tau cuma bikin roti bantat dng pembakaran atas-bawah biar rotinya mateng.

      SU-35 dibilang hanya SU-27 yg ganti mesin……xicixicixicixicixi
      Bikin roti sana aja ya dek. Klo blom paham tentang pesawat tempur. Pantesan gak pernah lulus dr PAUD…..xicixicixicixicixi

      Jng banyak komen ya dek lintah meweekk cirit hirit si tukang roti kompor pembakaran atas-bawah. Malah keliatan klo IQ mu nyungsep dibawah standar…..xicixicixicixi

      Gelar bari buat dek lintah meweekk cirit birit si tukang roti bantat dng kompor pembakaran atas-bawah….xicixicixicixi
      Panjang bangey gelar mu dek

      • akhirnya si anak haram keluar juga, kwkwkkwkwkwkwk

        pantes cari perhatian dengan bikin hoax2 kwkwkwkwkk, sekarang udh mulai gk tenang ya, kena kepret berkali2, sebelmnya gk ada yg counter se bar bar ini ya bung, kwkwkkwkwkw

        • Si tukang roti pembakaran atas-bawah cirit biriit mulai komen yg gak jelas, klo sdh babak belur….xicixicixicixi

          Ilmu msh tingkat PAUD mau bahas urusan teknik mesin roket. Yg ada disamakan dng kompor mboknya buat manggang roti…xicixicixicixi

          Dek lintah meweek cirit biriit si tukang roti…bolu..bbbolu…bolu pembakaran atas-bawah sebaiknya belajar di PAUD yg bener ya dek…..xicixicixicixi

          • kwkkw, eh si tukang Halu yg sering bikin Hoax, mbh ruskiy ini anak HARAM ya ?, kok sering caper dengan kedunguannya, udah ketemu bapak loe apa belum mbh ?, xixixiixixixi

          • Kasian banget si tukang roti kompor bakar atas-bawah, sdh babak belur, ngomongnya ngelantur.xicixicixicixi

            Tabahkan hatimu ya dek lintah cirit biriittt…..xocixicixicixi

  4. Amerika akan tetap menggunakan mesin roket rusia rd 180 sampai perusahaan ULA(united launch alliance)yg merupakan anak perusahaan LM & Boeing membangun roket VULCAN sbg pengganti roket atlas V & delta IV

  5. Semoga su35 secepatnya sampai di Indonesia Krn ini barang moncer banget bahkan ini pespur sudah teruji di timur tengah dan sudah membuktikan pernah menlock pespur f22 yang konon katanya siluman, su35 adalah pespur yang handal maka dari itu mamarika takut akan penyebaran pespur ini di berbagai negara termasuk S400.

  6. Biar bagaimanapun RUSIA tetap strong dan mandiri.
    Ga kayak si amer dgn segala kelicikannya.
    Dasar si aner si seran berjubah malaikat.
    Yg fansboy barat pada lupa dgn sejarah.ingat alan popey bung.alan popey di mana mana.itu sifat si amer.
    Selalu menaruh mata mata buat memberontak suatu negara.

    • Mandiri apanya si bro ?, Buat mesin kapal yg handal aja gk mampu, sampai sekarang masih terbengkalai akibat Ukraina menarik diri, sedangkan di penerbangan komersial masih mengandalkan mesin pratt & Whitney, yg katanya mau di ganti, tapi nyampai sekarang belum nampak hasilnya,
      Sedangkan ekspor mesin roket RD180 yg kemarin jadi kartu as lawan Amerika, sekarang sudah tidak berarti lagi, karena sudah ada alternatif lain,

      Emang si saya akui , RUSIA ini nafsu dan ambisinya gede, melebihi batas kemampuan dirinya, baik secara ekonomi ataupun teknologinya,

    • Rd-180 itu mesin tahap pertama aja bung, di ganti dengan yg lain juga bisa, bahkan kemarin spaceX tanpa mesin roket buatan Rusia juga bisa mengirim astronot ke ISS, dan mesin roketnya bisa di gunakan kembali dan mengungguli semua mesin roket Rusia,

      Dalam hal ini Rusia sudah kalah secara teknologi dengan perusahaan2 Amerika, baik spaceX ataupun blue origin,

  7. Dek lintah wemeek cirit biriit si tukang roti…bolu…bbbolu..bolu pembakaran atas-bawah gak usah banyak teori yg kamu gaknpaham ya dek.

    Ilmu roket itu ilmu tingkat tinggi dek. Ilmumu baru tingkat PAUD aja, gak mungkin bisa paham ya dek.
    Yg kamu paham cuma ngadon roti bantat aja dek…xicixicixicixi

    • apalagi sampeyan mbh, WARJAGER lawas kualitas kaya CACAT MENTAL kok gua mainin sampai terdesak, dan berahir bikin hoax f18 di tembak jatuh, ealah setelah di tanya sumbernya dari Film, kwkwkkwkwkwkw

      ILMUMU GK NYANDAK MBH, MENDING DIEM AJA DARI PADA BIKIN HOAX LAGI, DAN TAK BUKA AIBMU TERUS MENERUS, SAMPEYAN GK MALU YA MBH, KWKWKWKWKWKWK

      • Dia meweek lg gak dpt linknya…xicixicixici
        Tukang roti bantat mau bicara pesawat tempur, mau bicara roket, ya gak nyampe ilmunya.
        Sekolah msh tingkat PAUD, kemampuan cuma bisa bikin roti bolu…bbbbolu…bolu bantat pake kompor pembakaran atas-bawah bicara teknik roket…..mimpi ya dwk lintah mewewk cirit birit…..xicixicixicixi

  8. Si tukang roti nolu…bbbolu…bolu bantat yg pake kompor bakar atas-bawah saking sdh babak belur kena hajar kiri kanan atas bawah, sampe lupa klo artikelnya tentang pespur sukhoi.
    Masih nekad bahas roket, padahal ilmu tingkat PAUD, sdh minta dukungan sukunya si mbah gatol, ternyata murid dan suku sama2 babak belur semua kena sikat….xicixicixicixi

    Dek lintah meweekk cirit biriiitt si tukang roti yg pake kompoe bakar atas-bawas…..sabar ya dek, ilmumu memang cuma seuprit……xicixicixicixi

Tinggalkan komentar