Negara yang Berlomba Mengembangkan Rudal Hipersonik

Jakartagreater.com –  Pengujian persenjataan baru terus dilakukan di negara bagian Amerika Serikat kendati ada tentangan dari beberapa penduduk setempat, yang mengatakan bahwa lokasi uji coba militer menjadikan pulau-pulau itu sebagai sasaran potensial bagi musuh AS, dirilis Sputniknews.com, 31-5-2020.

Fasilitas uji Rudal Pasifik, Barking Sands (PMRF) yang berlokasi di pulau Kauai, Hawaii akan segera menjadi tuan rumah Skadron Kontrol Ruang Angkasa Ofensif ke-293 Angkatan Udara AS (the 293rd Offensive Space Control Squadron), tetapi dengan catatan hanya menggunakan kemampuan fasilitas yang ada.

Skadron akan fokus pada mempertahankan sistem komunikasi luar angkasa AS terhadap serangan dari luar dan melakukan peperangan elektronik di ruang angkasa untuk mengganggu komunikasi musuh potensial.

Ini bukan satu-satunya tugas penting yang sedang dilakukan fasilitas untuk Pentagon. PMRF juga merupakan salah satu tempat pengujian utama untuk senjata modern Amerika, khususnya Rudal, yang digunakan oleh agen pemerintah dan kontraktor swasta.

Di antara proyek-proyek lain, PMRF sedang melakukan tes sebagai bagian dari program common-hypersonic glide body – upaya AS pertama yang berhasil mengejar ketinggalan dengan Rusia dan Cina di bidang senjata Hipersonik. Kendaraan Hipersonik ini telah dinamai oleh Trump sebagai Rudal “super-duper” (Rudal Menakjubkan), pengembangannya belum selesai dan kemampuan akhirnya belum diungkapkan.

Pada saat yang sama, Cina dilaporkan bersiap mengirimkan Rudal hipersonik pertamanya ke Tentara Pembebasan Rakyat. Rusia, pada gilirannya, telah menambahkan 2 jenis Rudal Hipersonik ke arsenalnya, kendaraan Hipersonik Avangard glide dan rudal balistik berkemampuan nuklir Kh-47M2 Kinzhal yang diluncurkan lewat udara, yang mana dapat terbang dengan kecepatan Hipersonik.

Selain itu, satu lagi jenis senjata Hipersonik saat ini sedang dikembangkan oleh insinyur militer Rusia dan akan diadopsi oleh angkatan bersenjata di tahun-tahun mendatang.

Sharing

44 pemikiran pada “Negara yang Berlomba Mengembangkan Rudal Hipersonik”

    • USA terlalu pede bung, mereka mungkin salah perhitungan saat menganggap Russia sudah habis ketika Soviet bangkrut… dengan anggaran militer yang jelas tidak besar mungkin USA tidak memprediksi Russia akan mampu melakukan pengembangan rudal modern seperti rudal hypersonic… dan itu membuat USA telat satu klik dari Russia…
      Tapi bagi saya blunder terbesar USA adalah F-35…

  1. ” upaya AS pertama yang berhasil mengejar ketinggalan dengan Rusia dan Cina di bidang senjata Hipersonik.”
    ————————————————————-

    Ada yg mewewk lg pasti baca kalimat itu……xicixicixicixicixi

  2. Kwkwk, satu lintang aja udah bisa buat babak belur semua fans boy Rusia loe mbh,

    Tinggal di tunggu aja si mbh, paling lama 2023 wilayah Rusia di kepung rudal loe, masih pengembangann aja Rusia udah ngotot ngajak perpanjangan new start loe, apalagi nanti kalau sudah di taruh di perbatasan Rusia kaya perang dingin tempo dulu, xixixixixi

    Jangan ayan ya mbh, apalagi sampai mewek, xixixixi xixixi

    • Kok ikut2 pake kata meweek dek, itu gelar khusus buat memberi penghormatan fans boy barat alay amatiran dr saya deknlintah meweekk tercirit biriiit….xicixicixicixi

      Perang dingin aja eropa yyg ketar ketir dek jaman dulu, waktu itu kamu masih mencret2 sambil ingusan dek.
      Skrng dng teknologi rudsl Rusia yg lebih maju lg AS makin jauh tertinggal dek. Andalannya AS cuma Tomahawk jadul dr dulu…….xicicicixicixi

      Sana ngompol lg dek sambil meweek di pojokan kelas PAUD….xicixicixicixi

    • Yg mana antidot hipersonik punya Rusia? S-500 maksud ente? Jangkauan berapa kilo kalo ngadepin glide hypersonic?? Jangkauan 600 km S-500 itu cuman buat ngadepin pesawat berbadan lebar Dhek.

      Radar apa yg dipake Rusia buat deteksi Rudal hypersonic? Radar OTHT Voronezt?? Yaelah, itu kurang akurat buat deteksi Rudal yg terbang rendah apalagi kalo kecepatannya tinggi kayak Boeing X-51 waverider Dhek. Jangan samain kayak Khinzal ya karena itu cuman Rudal balistik jarak pendek yg dimodif biar bisa dibawa pespur. Jadi bukan murni rudal jelajah hipersonik ya. Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh Hhhhhhhhhhhh

        • Pada dasarnya Avangard itu glide berisi nuklir yg peluncurannya harus pake ICBM, gak mungkin tuh Avangard terbang sendiri. Bedanya Avangard Ama Hulu ledak ICBM yg lain adalah Hulu ledak glide mampu terbang lebih rendah daripada hulu ledak ICBM yg terbang lewat trayektori yg memungkinkannya untuk dideteksi, diprediksi dan ditembak jatuh. Glide Avangard mampu terbang mengitari bumi tapi masih diatas atmosfer, sekitar 120an km diatas permukaan laut. Pada jarak tersebut masih bisa dideteksi oleh radar OTHT tapi cukup susah dihadapi oleh hanud biasa. Apalagi dg kecepatannya yg tinggi bila memakai radar OTHT seperti Voronezh yg bisa menjangkau sampai 4.500-6.000 km hanya punya cukup waktu 11,5- 15 menit, terlalu sempit waktu yg dimiliki.

          Ya, Zircon adalah rudal jelajah hipersonik yg bagus punya Rusia tapi sayang hanya bisa ngeluncurin lewat Kapal, belum bisa multi-platform

          • Zircon memang untuk platform peluncuran dari kapal permukaan maupun kapal selam… sedangkan platform untuk peluncuran dari daratan ada iskander…
            Apapun itu, mau disebut menggunakan radar Voronezh atau pun radar apapun yang pasti intinya harus ada dulu apa yang akan di cegat… sehingga bisa dijadikan bahan evaluasi untuk melakukan pencegatan… makanya Russia bisa berlatih untuk menghadapinya, dan pastinya mereka bisa menggunakan simulasi menggunakan rudal yang mereka miliki sekaligus menyiapkan jenis rudal untuk menghadapinya…

          • Masih belum bisa dikatakan sebagai ancaman Dhek, kecuali kalo itu rudal juga bisa dibawa Ama semua jenis pespur Rusia baru itu disebut ancaman nyata. Kayak JASSM-ER bisa dibawa banyak platform, pesawat aja yg bisa bawa banyak macemnya apalagi buat varian laut dan darat.

          • JASSM-ER rudal hypersonik?? bisa ngebut kayak Zircon dan Kinzhal?
            liat mig bawa Kinzhal musuh udah merinding disko bung

          • JASSM-ER itu rudal kecepatan lemot bung @kimochi jauh dr hipersonik.
            Y*maha Jup*ter MX King 150 aja msh lebih cepat dr.rudal JASSM-ER bung.
            Gak ada serem2 nya nih rudal bung.

            Jika diadu kecepatan antara kalibr vs JASSM-ER utk menempuh jarak 1000 Km, rudal kalibr sdh nyampe duluan bahkan sdh ngopi sarapan pagi lanjut makan siang lanjut bobo2 siang trus nge teh sore2, nih rudal JASSM-ER msh aja lg diperjalanan sambil batuk2 mesinnya, entah bisa sampe entah tidak…..xicixicixicixicixi

      • Memangnya apa bedanya rudal jelajah Hypersonic dengan Kinzal bung??? Kinzal tidak menggunakan jalur lintasan balistik, dan rudal ini bisa bermanuver… kalau rudal dengan lintasan balistik yang melambung jelas lebih memungkinkan untuk di cegat karena lintasanya terprediksi… kalau rudal yang bisa bermanuver jelas berbeda, menggunakan design rudal balistik tidak berarti rudal itu sesederhana rudal balistik bung…
        Justru sampai saat ini yang diketahui dari Boeing X-51 adalah test terbang dengan kecepatan diatas Mach 5… bandingkan dengan Kinzhal yang kecepatanya antara Mach 10 – Mach 12 dengan dibawa oleh pesawat tempur maupun pesawat pembom…
        Boeing X-51 juga merupakan platfor yang ditempatkan di pesawat juga…

    • Mau dikepung rudal Rusia udh punya antidote nya ?, kwkwkwkwkkw

      ——————————————————————————————————
      antidote, kwkwkwkw, ini cuma istilah komentator bloggg aja bung, jangan di anggap beneran, kalau udah di kepung dengan jarak yg begitu dekat, sebaik apapun sistem pertahanan juga akan lolos bung, apalagi nanti kalau sudah di kerahkan di eropa timur, hanya butuh 10 menit utk sampai ke Moscow ibukota Rusia, Pusat Ekonomi rusia, itu dulu yg menyebabkan Uni Soviet mundur dan membuat perjanjian INF, xixixix

      • Dek lintah meweek tecirit biriit lupa yaa…klo Rusia punya hanud berlapis, dr S-500, S-400, Buk-M3 sampe Tunguska dan Thor dek. Jd jngkan rudal, peluru pistol yg kecil aja susah menembusnya dek. Paham kamu drk lintah meweek tercirit biriiit.?…..xicixicixicixi

        Sebaliknya AS dikirimi sebiji rudsl SaTAn dan Terpedo Poseidon, bakal musnah drbpeta dek. Krn gak punya sistem hanud handal spt Rusia.
        Adanya cuma ketapel anak kecil yg isinya batu……xicixicixicixi

        Sudah sono drk bantu mbokmu buat roti bantet lg. Jng lupa dng kompor yg sana ya dek…..xicixicicivixi
        Makin babak belur + sakiiittt hati dia….xicixicixicixi

      • Hla Moscow hancur kemudian Russia hancur??? Ya tidak sesederhana itulah bung… itu hanya berlaku di jaman kerajaan… era modern apalagi untuk Russia/USA mereka sudah mempersiapkan dan memperhitungkan ketika terjadi situasi seperti itu… kalau USA pendekatanya menempatkan rudal di dekat wilayah musuhnya, kalau Russia mempersiapkan Rudal yang bisa mencapai wilayah musuhnya dimanapun di Dunia…

        Lagian coba saja sih dirudal itu Moscow

          • Ya Amerika nyerang duluan dek lintah meweek tercirit biriiit. Tp yg nyampe dulun ke washington rudal hipersoniknya Rusia. Hancur lebur babak belur tuh AS sama seperti kamu babak belur sekarang dek….xicixicixicixicixi

            Sementara rudal AS gak nyampe2 dek sdh berguguran duluan oleh Hanud Rusia yg Stroongg Bingiiit….xicixicixicixi

            Rudal hipersonik AS aja cuma Mach 5 kecepatannya dek. Itu cuma sama dng kecepatan honda 70 jaman Fir’aun dek lintah mewewk tercirit biriiit sampe.mencreet….xicixicixicixi

          • Gak mungkin hancur mbah gatol Ad Ho-inem

            Ada sistem hanud Rusia yg Strong Bingiiit. Sementara klo AS gak punya makanya semua jenis rudal Rusia seenaknya slonong boy menghujami AS….xicixicixicixicixi

        • kwkwkwk, ini kloningannya si Ruskiy letoy ya, style komennya sama, kwkwkwkwkwk

          ini LINTANG masih ada dan gk babak belur loe, justru punya misi mulia, membungkam si tukang Hoax Rusia Letoy, xixixixixixixi

          • ini LINTANG masih ada dan gk babak belur loe,
            —————————————————–

            Maksudnya masih ada tp ssh sampe mencreet tercirit biriiit babak belur…..xicixicixicixi

            Misi mulia? Ohhh…iya misi mulia buat roti bantat yg nda laku soalnya pake kompor kuno bakar atas-bawah yaa dek…..xicixicixicixicixi

      • Khinzal atau Zircon itu rudal utk membuat AS babak belur mbah gatol Ad Ho-inem. Bukan utk melawan rudal unyu2yg katanya hipersonik buatan AS yg kecepatannya sama dng honda 70 jaman Fir’aun mbah.

        Klo utk merontokan Boeing X-51 bahkan cukup S-200 aja, tp kasihan lah AS ssh habis duit banyak masak gak dihargai dan dihajar dng rudal jadul macam F-117 lg. Jd kasi S-400 aja biar AS bangga yg merontokan rudal modern….xicixicixicixicixi

    • gk usah lawan Hipersonik mbh, lawan drone murah aja kemarin di tembus dan s400 rusak mbh, xixiixixx

      padahal udah di lapisi si pesisir ehhhh si pantsir masih bisa di tembus mbh, xixixixixiixix

      jangan halu dan nangis loe mbh, kwkwkwkwkwk

      • Yg lawan deone murah dan gak berdaya sampe siauruh pulang kampung itu Patriot dek.

        Bahkan menghadapi SU-57 aja melempem bagaikan tempe mendoan bosok dek lintah meweek tercirit biiriiit sampe.mencreet….xicixicixicixicixi

  3. rusia udh punya 3 jenis :
    Avangard Launch platform: ICBM (Nuclear)
    3M22 Zircon Launch platform: Submarine, Surface ship (cruise missile)
    Kh-47M2 Kinzhal Launch platform: MiG-31K, Tu-22M3M, Su-57 (nuclear capable/ballistic missile)
    apa ga meriang NATO liatnya :D

Tinggalkan komentar