Rusia Terus Kembangkan ‘Otot’ Militer Armada Utara

Moskow, Jakartagreater.com  –  Armada Utara Rusia akan melakukan latihan besar di laut Barents dan laut Norwegia bulan Juni ini dengan melibatkan lebih dari 30 kapal, ujar Komandan Armada Utara, Laksamana Madya Alexander Moiseyev, dirilis Sputniknews.com. Minggu 31-5-2020.

“Pada bulan Juni 2020, kampanye skala besar akan berlangsung, di mana serangkaian tugas akan diselesaikan oleh berbagai kelompok pasukan darat dan Angkatan Laut. Latihan ini akan melibatkan lebih dari 30 kapal permukaan, kapal selam dan kapal pendukung, lebih dari 20 pesawat dari berbagai jenis “, ujar Moiseyev dalam sebuah wawancara dengan Krasnaya Zvezda, surat kabar resmi Kementerian Pertahanan Rusia.

Komandan menetapkan bahwa sebagian besar latihan akan dilakukan di Laut Barents, tetapi beberapa bagian latihan akan diselesaikan di Laut Norwegia. “Semua tindakan pasukan kita direncanakan untuk mempertimbangkan situasi internasional, bersifat defensif, dan tidak ditujukan kepada siapa pun”, kata Alexander Moiseyev.

Alexander Moiseyev menambahkan bahwa Armada Utara Rusia dan Masyarakat Geografis Rusia akan melakukan ekspedisi Arktik ketiga tahun ini. Ini akan mencakup pencarian bawah laut untuk sejumlah benda bersejarah.

“Pada akhir tahun ini, pasukan darat dan pesisir armada akan mendapatkan lebih dari 180 unit senjata dan peralatan militer yang disesuaikan untuk digunakan dalam kondisi keras Kutub Utara. Pengujian senjata baru, termasuk yang Hipersonik, akan memungkinkan untuk secara kualitatif meningkatkan kekuatan tempur Armada Utara “, ucap Alexander Moiseyev.

Menurut komandan Armada Utara, pertahanan udara segmen Rusia Arktik sedang ditingkatkan dan Rute Laut Utara berada di bawah perlindungan yang dapat diandalkan. Di kepulauan Novaya Zemlya, sistem pertahanan udara S-400 Triumph yang paling canggih juga sudah dalam tugas tempur, ujar Alexander Moiseyev.