Iran akan Kembali Lakukan Simulasi Serangan ke Kapal Induk

Jakartagreater.com – Iran pada tahun 2013-2014 membangun kapal induk dummy yang menyerupai kapal induk Amerika Serikat. Tiruan kapal induk itu akhirnya dijadikan kapal target yang dihancurkan saat latihan perang Angkatan Laut Iran di Februari 2015, lansir Naval News.

Kapal induk tiruan itu dihantam oleh rudal, roket dan bahkan sebuah kapal yang dipenuhi bahan peledak. Foto-foto peledakan kapal induk itu adalah sorotan propaganda dari latihan perang ‘Great Prophet IX’.

Namun kapal induk itu tidak benar-benar hancur, dan teronggok di luar pangkalan angkatan laut utama Iran di Bandar Abbas sejak saat itu.

Dilihat sepintas, kapal induk tiruan dengan geladak rata itu mirip dengan kapal induk Angkatan Laut AS. Namun dari segi ukuran dan bentuk detail, sangat jauh berbeda dengan kapal induk AS.

Ilustrasi diagram kapal induk AS dan kapal induk tiruan buatan Iaran (image : Navalnews)

Perbedaan terbesar antara dummy dan yang asli adalah pada ukurannya, menara dan geladak yang penuh dengan jet tempur. Panjang ukuran dummy kurang dari dua pertiga panjang ukuran asli dan berbeda setengah pada lebarnya.

Kapal induk tiruan itu baru-baru ini telah diperbaiki dan kemungkinan akan dijadikan lagi kapal target serangan. Geladak rata sudah dicat dan pesawat palsu dimasukkan kembali ke dalam geladak.

Menariknya, pada bagian tengah geladak penerbangan telah dicat sebagai pusat target serangan. Kemungkinan ini adalah adalah titik serangan untuk rudal balistik berpandu Fateh-110. Rudal ini diyakini telah digunakan dalam serangan terhadap pasukan AS di pangkalan udara Ain-al-Asad dan Erbil di Irak pada Januari tahun ini. Rudal ini diyakini memiliki kemampuan anti-kapal dan dilaporkan digunakan dalam latihan pada tahun 2015.

Selain itu, yang paling ditunggu adalah kemampuan rudal jelajah yang diluncurkan dari kapal selam, Jask-2 buatan Iran, juga kiprah dari kapal peledak yang dikendalikan dari jarak jauh, mirip dengan kapal yang digunakan oleh pasukan Houthi yang didukung Iran di Yaman.

Kapal induk tiruan Iran mungkin memang tidak terlihat seperti aslinya, baik dalam ukuran maupun bobot dan penampilan. Tapi setidaknya cukup menjadi propaganda dramatis yang mungkin merupakan tujuan sebenarnya dari Iran.

Sharing

6 pemikiran pada “Iran akan Kembali Lakukan Simulasi Serangan ke Kapal Induk”

      • Dek lintah meweekk cirit biriit diam aja dipojokan ya, sambil bakar roti batat pake kompor bakar atas-bawah. ……xicixicixicixi
        Soalnya ilmumu msh tingkat PAUD blom bisa nalar dek. Sibukkan saja dirimu dng cari link pespur AS yg ditembak rudal jadul Rusia ya dek meweek ciriit biriiitt……xicixicixicixicixi

        Tukang roti Bolu…bbbbolu….bolu bantat pake kompor bakar atas-bawah……xicixicixicixi

Tinggalkan komentar