Prancis Pastikan Kirim Jet Rafale Tepat Waktu

New Delhi, Jakartagreater.com  –   India akan menerima sebagian pesanan Jet Rafale pada Juli 2020 berdasarkan perjanjian antar pemerintah yang ditandatangani antara New Delhi dan Paris. Jet Rafale akan datang dengan berbagai modifikasi khusus India, yang meningkatkan kemampuan tempur India, dirilis Sputniknews.com Selasa 2-6-2020.

Menteri Pertahanan India Rajnath Sing menyatakan rasa terima kasihnya kepada Angkatan Bersenjata Prancis untuk memastikan pengiriman tepat waktu pesawat Rafale meskipun penghentian produksi selama berminggu-minggu karena pandemi COVID-19.

“Kami juga menghargai upaya yang dilakukan oleh angkatan bersenjata India dan Prancis dalam memerangi pandemi COVID-19. Prancis telah menegaskan komitmennya untuk memastikan pengiriman tepat waktu pesawat Rafale meskipun ada tantangan yang ditimbulkan oleh pandemi COVID-19”, kata Singh pada Selasa 2-6-2020.

Menyusul pembicaraan telepon dengan Menteri Pertahanan Prancis Florence Parly, Singh menyatakan bahwa kedua pihak telah membahas hal-hal yang menjadi perhatian bersama, termasuk situasi COVID-19, keamanan regional dan sepakat untuk memperkuat kerja sama pertahanan bilateral.

“Melakukan percakapan telepon dengan Menteri Angkatan Bersenjata Prancis, Ms Florence Parly hari ini. Kami membahas hal-hal yang menjadi perhatian bersama termasuk situasi COVID-19, keamanan regional dan sepakat untuk memperkuat kerja sama pertahanan bilateral antara India dan Prancis “, tambahnya.

Duta Besar Prancis Emmanuel Lenain juga mengkonfirmasi pengiriman pesawat tepat waktu karena kekhawatiran meningkat atas kemungkinan penundaan akibay kasus coronavirus yang melonjak di negara itu. Prancis mengalami 189.220 kasus virus corona.

Jet Rafale memiliki keunggulan membawa berbagai senjata ampuh. Andalan dari paket senjata adalah Rudal Eropa MBDA Meteor beyond over the horizon udara-ke-udara dan Rudal jelajah Scalp.

Kedua negara menandatangani kontrak $ 8,7 miliar di bawah perjanjian antar pemerintah bersama dengan protokol pasokan paket pesawat yang ditandatangani dengan Dassault Aviation dan protokol pasokan paket senjata yang ditandatangani dengan MBDA untuk pembelian 36 pesawat tempur Rafale dalam kondisi fly-away.

Jet dikontrak akan tersedia pada tahun 2022 sementara 4 Jet Rafale pertama dijadwalkan tiba di India pada Juli 2020.

2 pemikiran pada “Prancis Pastikan Kirim Jet Rafale Tepat Waktu”

Tinggalkan komentar