Enam Tipe Kapal Selam Andalan Rusia

Jakartagreater – Bukan rahasia lagi bahwa Rusia dan Amerika suka melakukan hal-hal yang sedikit berbeda, dan itu juga berkaitan dengan masalah pertahanan. Amerika Serikat saat ini sedang membangun satu tipe baru dari kapal selam, yakni Virginia class. Tetapi karena Rusia ingin memodernisasi armadanya, Rusia kini membangun enam kelas kapal selam baru yang mengejutkan, lansir Hotcars.

Rusia saat ini menghadapi tantangan anggaran tetapi tampaknya tidak menghentikan langkahnya memodernisasi kekuatan bawah airnya, dan Rusia terkenal dengan segala macam kelas kapal selam yang dibangun selama Perang Dingin. Dan ini adalah enam kelas kapal selam yang sedang dibangun atau dimodernisasi oleh Rusia

Kapal selam Borei clas (foto : WikimediaCommons)

Kapal Selam Ballistic Missile Borei-II class

Ketika industri kapal selamnya mulai pulih, Rusia mulai mengerjakan kapal selam Borei-II class. Kapal selam Project-955A yang lebih baik dan yang pertama diserahkan ke Angkatan Laut Rusia pada tanggal 1 Juni, yang di beri nama ‘Knyaz Vladimir’. Kapal selam ini dapat membawa 16 rudal balistik Bulava Intercontinental.

Kapal selam Belgorod (foto : Youtube)

Kapal Selam Special Mission Belgorod class

Mungkin salah satu kelas kapal selam paling terkenal adalah Typhoon class. Dan itu salah satu yang terbesar. Demikian juga kapal selam ini, Belgorod class. Belum banyak yang benar-benar diketahui tentang hal itu, tetapi itu adalah kapal selam misi mata-mata khusus dan dilengkapi Poseidon – torpedo otonom nuklir antarbenua. Plus, sangat mungkin bahwa kapal selam ini akan menjadi kapal induk untuk kapal selam nuklir mini, Losharik.

blank
Kapal selam Khabarovsk Class (foto Sputnik)

Kapal selam Khabarovsk Class

Tidak banyak yang diketahui tentang kapal selam ini, bahkan lebih sedikit informasi daripada Belgorod. Tapi yang diketahui, enam senjata Poseidon tersimpan dilambung kapal selam ini, dan itu membuanya sangat berbahaya bagi lawan mana pun.

blank
Kapal selam Yassen class (foto : Sputnik)


Kapal Selam rudal jelajah Yasen-M class

Kapal selam rudal jelajah mungkin salah satu tipe kapal selam yang paling umum dan seperti itulah kemampuan kapal selam Yasen-M class. Tiga jenis rudal jelajah ada di dalam lambung kapal selam besar ini, dan senjata-senjata ini adalah rudal jelajah Kalibr, rudal anti-kapal supersonik Onik, dan Zircon – rudal anti kapal berkecepatan hipersonik.

blank
Kapal selam Lada class (foto : BairdMaritime)

Kapal selam Lada Class

Kapal selam ini masih belum diketahui detailnya secara pasti, tetapi ini adalah kapal selam bertenaga diesel elektrik Angkatan Laut Rusia.

Rusia masih menghargai kapal selam non-nuklir, tetapi Angkatan Laut AS cenderung condong ke arah kapal selam nuklir. Kapal selam konvensional lebih kecil dan lebih murah, jadi mungkin membantu Rusia memiliki beragam kapal selam yang berbeda.

blank
Kilo-Class Russian Submarine. (@ LA(Phot) Guy Pool – Royal Navy)

Kapal Selam Improved Kilo

Kilo class adalah salah satu kapal selam Rusia yang terkenal. Meski merupakan buatan tahun 1980-an. Namun model yang ditingkatkan masih sangat mungkin akan terus dibangun. Selain dipersenjatai torpedo, Kilo juga dapat meluncurkan rudal jelajah Kalibr. Tapi, rudal ini harus disimpan di ruang torpedo, dan mungkin merupaka kelemahan karena hanya membawa sedikit rudal jelajah Kalibr.

Sharing

8 pemikiran pada “Enam Tipe Kapal Selam Andalan Rusia”

  1. Terpedo poseidon bisa menjangkau lokasi dimana pun diseluruh dunia. Inilah keunggulannya yg gak bisa dibuat oleh negaro sono tuh.

    6 Terpedo Poseidon jika diluncurkan semua dan memghantam negara pakde sam dr sisi timur dan barat secara berbarengan, cukup utk menghapus negara itu dr peta dunia…..xicixicixicixicixi

    Bakal mencreet lg dek lintah meweek baca ini. Semoga dia blom kena stroke. Tp klo kena stress sdh sering sampe babak belur pingsan dijamban…….xicixicixicixi

Tinggalkan komentar