Jet Tempur MiG-17PF Terakhir Dijual

Jakartagreater – Jon Blanchette, pemilik satu-satunya pesawat tempur MiG-17PF yang masih layak terbang, telah menjual satu-satunya seri pesawat legendaris ini, lansir AviationProst.

Blanchette – mantan insinyur General Motors dan perwira Angkatan Laut AS,menyelamatkan pesawat tempur bermesin tunggal dari sebuah tempat penampungan di Polandia pada tahun 1993. Setelah bertahun-tahun memulihkan dan menghidupkannya dengan susah payah, Blanchette mengubah legenda pensiunan itu menjadi bintang pertunjukan udara dan menerbangkannya seperti ketika pertama kali jet tempur itu mengudara enam dekade lalu.

Baca Juga:

F-15E Kini Mampu Operasikan Bom Gravitasi Nuklir

Turki Akuisisi Rudal S-400 Rusia untuk Operasi yang Ditentukan

Dikembangkan pada awal 1950-an, MiG-17 menjadi bagian penting Angkatan Udara Soviet. Varian PF dari MiG-17 dilengkapi dengan radar search dan tracking. Itu adalah pesawat tempur Soviet pertama yang mampu beroperasi di malam hari dan saat cuaca buruk.

NATO pertama kali melihat MiG-17PF mengudara pada tahun 1956 dan memberinya nama “Fresco D”, dan tetap dalam layanan sampai digantikan oleh MiG 21 pada awal 1960-an.

MiG-17PF juga menjadi jet tempur pertama yang diterbangkan oleh Angkatan Udara Vietnam Utara. Dicintai karena kemampuan manuver dan kecepatannya, pesawat ini terbukti menjadi lawan yang menakutkan bagi F-4 Phantom II AS selama Perang Vietnam.

Pesawat khusus Blanchette (1D-0620) diproduksi pada bulan Desember 1960 dan bertugas di Angkatan Udara Polandia hingga tahun 1966. Setelah dinonaktifkan, pesawat ini berfungsi sebagai platform pelatihan untuk mekanik pesawat Polandia hingga tahun 1993.

Butuh 15 tahun bagi Blanchette untuk sepenuhnya mengembalikan jet tempur ke kondisi semula. Hari ini, MiG yang dipulihkan mampu melakukan rutinitas aerobatik penuh, termasuk penerbangan terbalik dan putaran 8-G yang ketat.

Sejak memperoleh kehidupan kedua di Amerika Serikat, jet MiG-17 yang bersejarah itu beroperasi penuh dan menjadi salah satu bintang di pameran udara di seluruh negeri, menarik perhatian para penggemar penerbangan di seluruh dunia.

“Itu telah menjadi proyek gairah terbesar dalam hidup saya,” kata Blanchette. “Saya sangat bangga dengan apa yang bisa saya capai dengan pesawat ini, dan saya berharap itu akan membawa jumlah sukacita dan kepuasan yang sama kepada pemilik berikutnya.”

Calon pembeli dan anggota media dapat menghubungi Vlad Drazdovich di [email protected] untuk informasi penjualan jet tempur ini lebih lanjut.

Tinggalkan komentar