Home » Alutsita Canggih » Beli Tambahan F-16 Block 70, Bulgaria Ingin Jual MiG-29

Beli Tambahan F-16 Block 70, Bulgaria Ingin Jual MiG-29

Jakartagreater – Menteri pertahanan Bulgaria Krasimir Karakachevov mengatakan, pihaknya berencana untuk menjual pesawat tempur MiG-29. Setelah nantinya diperkuat pesawat tempur multi-peran F-16 Block 70, Bulgaria menginginkan untuk memesan lagi 8 F-16 dari AS dan melengkapinya hingga menjadi satu skuadron penuh, lansir Defense24.

Saat rapat komite keuangan parlemen Bulgaria pada 4 Juni, Menteri Karakaczanow menyatakan bahwa ketika 8 pesawat tempur baru sudah ditugaskan, Bulgaria tidak perlu lagi memelihara seluruh armada pesawat MiG-29 saat ini dan beberapa di antaranya dapat dijual. Tetapi untuk sepenuhnya menghentikan operasional Mig-29, perlu untuk membeli tambahan 8 pesawat tempur F-16 Block 70 lainnya.

Tercatat Bulgaria memiliki 14 pesawat tempur MiG-29, namun hanya ada dua pesawat yang dalam keadaan siap operasional, sisanya dikanibal agar armada yang tersisa dapat tetap terbang.

Harga 8 pesawat tempur F-16 Block 70 yang dipesan pada 2018, termasuk suku cadang dan pelatihan adalah US$ 1,2 miliar. Pada saat mulai beroperasi, yang diperkirakan pada tahun 2022-2023, pesawat tempur Bulgaria diperkirakan akan meghabiskan biaya lagi sebesar US$ 90 juta. Jadi ini merupakan jumlah yang besar, selain itu Bulgaria juga telah merencanakan program ambisius modernisasi persenjataannya, termasuk pembelian kapal perang baru atau kendaraan tempur infanteri.

Oleh karena itu, rencana penjualan MiG-29 lebih masuk akal bagi Bulgaria. Namun dengan kondisi dan usia teknis dari MiG-29 mungkin tidak bisa memberikan harga yang memadai bagi Bulgaria.