Swedia Sukses Uji Tembak Torpedo Ringan Canggih

Jakartagreater.com – Pabrikan Saab dan Swedish Defence Materiel Administration (FMV) dan Angkatan Bersenjata Swedia telah melakukan uji tembak pertama dengan torpedo ringan Saab Lightweight Torpedo (SLWT) dari sebuah korvet dan kapal selam, lansir Navyrecognition.

Tes ini adalah yang pertama untuk tipe torpedo ringan baru dan dilakukan selama Februari dan Maret 2020 di wilayah laut di luar Karlskrona, di pantai timur Swedia di Laut Baltik. Tes dilakukan dari kapal selam Gotland class dan dari korvet Visby class. Tujuan dari uji tembak ini adalah untuk melihat dan memverifikasi apakah torpedo dapat diluncurkan dengan aman dari kapal, yang juga termasuk verifikasi integrasi pada kapal serta untuk melihat kemampuan dari sistem seeker target SLWT.

Baca Juga:

Jet Tempur Tiongkok Dekati Taiwan Saat Pesawat Militer AS Terbang Melintas

Beli Tambahan F-16 Block 70, Bulgaria Ingin Jual MiG-29

“Torpedo Ringan Saab akan memberi Angkatan Laut Swedia dan Finlandia kemampuan untuk deterent dan jika perlu menghancurkan ancaman musuh di bawah air dan permukaan. Setelah menyelesaikan tes ini dengan sukses adalah tonggak utama dalam proyek bersama ini, ”kata Görgen Johansson, Head of Saab’s business area Dynamics.

Pengembangan torpedo dimulai dengan pesanan dari Swedish Defence Materiel Administration (FMV) pada tahun 2016 dan akan digunakan pada armada kapal selam dan korvet Swedia.

Torpedo ringan Saab (foto : MilitaryLeak)

Pada Januari 2018, Angkatan Laut Finlandia memesan torpedo SLWT, sebagai bagian dari Skadron 2000 Mid-Life Upgrade Program. Angkatan Laut Finlandia akan mengoperasikan sistem torpedo itu di atas kapal-kapal Hamina class yang ditingkatkan serta korvet Pohjanmaa class baru dari Program Squadron 2020.

Torpedo SLWT sangat unik karena disesuaikan dengan kondisi bawah laut pesisir yang sulit seperti yang biasa ditemukan di Laut Baltik, namun juga bisa dioperasikan di laut yang lebih dalam. Dengan desainnya yang canggih, torpedo menggabungkan sistem pelayaran digital sepenuhnya, dengan kemampuan opsi penembakan ‘fire and forget’ dan dipandu kawat untuk mengejar target. Torpedo ini sangat fleksibel, dan dapat diluncurkan dari berbagai platform, termasuk dari kapal perang permukaan, helikopter, pesawat sayap tetap, dan kapal selam.

Sharing

Tinggalkan komentar