Rusia akan Pamerkan Sistem Pantsir Terbaru

Jakartagreater.com – Rusia berencana untuk meluncurkan versi canggih terbarunya dari sistem senjata dan rudal anti pesawat Pantsir selama parade militer besar-besaran yang akan datang di Lapangan Merah Moskow, lansir Defenseblog.

Presiden Vladimir Putin memerintahkan militer untuk mengadakan parade Hari Kemenangan yang sebelumnya ditunda pada 24 Juni ketika Rusia berusaha menstabilkan wabah virus Korona.

Baca Juga:

Jet Tempur Tiongkok Dekati Taiwan Saat Pesawat Militer AS Terbang Melintas

Beli Tambahan F-16 Block 70, Bulgaria Ingin Jual MiG-29

Untuk pertama kalinya akan diperagakan sistem pertahanan udara jarak pendek (SHORAD) Pantsir yang ditingkatkan, yang disebut Pantsir-S1M.

Sistem pertahanan udara Pantsir-S1M didasarkan pada sasis truk Typhoon Kamaz-53958 dan dilengkapi dengan radar baru dan sistem pelacakan target elektro-optik inframerah canggih. Senjata ini dirancang untuk memberikan perlindungan dari pesawat tempur dan helikopter serang, drone bersenjata, dan amunisi presisi tinggi, termasuk rudal anti-kapal dan rudal jelajah.

Juga dinyatakan bahwa versi peningkatan dari rudal pertahanan udara dan sistem artileri Pantsir-S1M telah memperoleh kemampuan untuk secara efektif menembak semua jenis drone. Pekerjaan peningkatan dilakukan berdasarkan pengalaman yang diperoleh selama konflik di Suriah dan Libya.

Jangkauan rudal baru pada Pantsir S-1M telah ditingkatkan menjadi 30 kilometer

Menurut Janes, varian baru Pantsir dapat meluncurkan rudal dua tahap berkecepatan tinggi dengan jangkauan yang lebih jauh dan kemampuan pencegatan target yang ditingkatkan, serta rudal dua tahap baseline 57E6. Kedua rudal menggunakan pengaturan dua tahap dengan mesin pendorong yang dapat dilepas, dan tahap kedua pasif yang tidak memiliki mesin pendorong. Sebaliknya rudal menggunakan energi kinetik yang dihasilkan oleh booster untuk menghantam targetnya.

Angkatan Bersenjata Rusia mencari sistem pertahanan udara yang lebih canggih, efektif dan murah untuk menggantikan sistem pertahanan anti pesawat Pantsir (SA-22 : sebutan NATO).

Menurut sumber-sumber di Kementerian Pertahanan Federasi Rusia yang dirahasiakan namanya, Angkatan Darat dan Angkatan Laut Rusia tidak puas dengan sistem kompleks Pantsir dan mencari sistem pertahanan udara baru yang mutlak. Bagi militer Rusia, sistem pertahanan udara Pantsir terbukti terlalu berat, rumit dan tidak efektif untuk melindungi sebagian besar ancaman potensial. Untuk melindungi kapal-kapal di zona pantai dan pelabuhan, versi laut Pantsir juga menjadi terlalu mahal dan tidak terlalu efektif.

Sharing

12 pemikiran pada “Rusia akan Pamerkan Sistem Pantsir Terbaru”

  1. Dlm perang teluk 2003 di irak saja sistem hanud Patriot pernah salah tembak dimana pespur Tornado milik au inggris ditembak jatuh oleh patriot dan tdk sampai disitu saja F/A 18 hornet jg pernah ditembak jatuh oleh patriot lalu F 16 milik amerika pernah menembakkan rudal anti radiasi HARM pd Patriot karena Patriot yg membidik F 16 dan nasib baik rudalnya meleset.

Tinggalkan komentar