Enam F-35 Turki Diserahkan ke Angkatan Udara AS

Jakartagreater.com – National Defence Authorisation Act (NDAA) 2021 Amerika Serikat telah memberi wewenang kepada Angkatan Udara AS untuk memanfaatkan, memodifikasi, dan mengoperasikan enam pesawat F-35 yang diproduksi untuk Turki, yang tidak pernah dikirim karena Turki ditangguhkan dari program F-35, lansir Defenseworld.

Rancangan undang-undang NDAA yang diharapkan untuk disahkan menjadi undang-undang, dan berarti mengeluarkan Turki dari program F-35, setelah Turki tetap melanjutkan pembelian dan pengoperasian sistem pertahanan udara S-400 buatan Rusia.

Baca Juga:

Spetnaz Rusia Kini Banyak Menggunakan Perlengkapan Buatan Barat

Mengenal Kapal Selam Tenaga Nuklir Terbaru Rusia

Rusia Upgrade Helikopter Ka-52M dengan Rudal Jelajah Baru

RUU NDAA tidak menyebutkan uang muka sebesar US$ 1,5 miliar yang dibayarkan oleh Turki untuk membeli pesawat. Ankara telah meminta pengembalian dana setelah AS tidak mengirimkan dua pesawat sesuai jadwal.

Dari enam pesawat, dua pesawat digunakan untuk melatih pilot Turki sebelum terjadi sengketa dengan AS pada tahun 2018.

Tertutupnya kesempatan Turki untuk memiliki jet F-35 kemungkinan bisa membuatnya lebih dekat ke Rusia untuk pembelian jet tempur modern lain dan mempercepat upaya Turki untu membangun proyek jet tempur TX-nya.

Ada laporan bahwa Ankara dapat membalas dengan membatasi penerbangan pesawat militer AS dari pangkalan udara Incirlik Turki.

Sebelumnya, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan mengatakan akan menjadi “perampokan” bagi Amerika Serikat yang menolak memberikan kepada Turki jet tempur F-35 yang telah dibelinya. “Jika Anda memiliki pelanggan dan pelanggan itu melakukan pembayaran dengan lancar, bagaimana Anda tidak memberi pelanggan itu barang-barang mereka? Itu namanya perampokan,” katanya kepada Hurriet Daily pada Juli 2019.

Pada Mei 2020, Direktur Industri Pertahanan Turki Ismail Demir mengatakan bahwa AS terus mengambil bagian spare part F-35 yang dibuat oleh industri Turki. “Perusahaan kami melanjutkan produksi dan pengiriman kepada mereka,” kata Demir dalam sebuah wawancara dengan Reuters.

Sharing

15 pemikiran pada “Enam F-35 Turki Diserahkan ke Angkatan Udara AS”

  1. Tipe negara junjungan dek lincreet alias lintah mencreet yg selalu terciriit biriit kena hajar warjager sampe pingsan babak belur dijamban alias si tukang roti bantet…….xicixicixicixi

    Duit mau diambil, tp barang gak mau diserahkan, persis dek lintah mencreet yg jual roti bantet yg rotinya dikembalikan pembeli krn bantet tp duitnya gak mau dikembalikan dek lincreet, negara junjunganmu itu si tukang kemplang dek…..xicixicixicixi

    Ada lagunya dr grub SLANK lho dek lincreeet…..yg bunyi syairnya spt ini :

    Balikin…oooo…balikin…duitku yg telah kamu ambil….balikin…oooo…balikin…..xicixicixicixicixi

  2. betul bang ruski
    giliran yg beginian nih para fans boy amerika matanya picek alias buta.
    beda prinsip rusia elu ada duit gue ada barang.beres dan ga pakai syarat politik segala.
    beda jauh dengan negara CULAS.

  3. Yg fans boy barat alayamatiran tinggal satu aja bung @Rusia Oke
    Tiada lain dan tiada bukan si lincreet alias lintah mencreet yg selalu terciriit birit kalo komen sbil meweeek langganan pingsan dijamban akibat banyak dihajar warjager yg kerjanya buat Roti batet aja sambil meweeek….xicixicixicixicixi

  4. Untung Turkey blom terima, soalnya ini pespur tambun yg doyan nyungsep.
    Ketemu persur Rusia pasti dikalkun terbang ini langsung jd kalkun panggang. Kalo pilotnya berani sih. Tp yg jelas pilotnya gak punya nyali. Bakalan mencreet duluan begitu tau ada pespur Rusia Stroong Bingiiit…xicixicixicixi

    Dek lintah mencreet binti cirit biriiit, dibaca artikelnya ya dek, dipahami, fimengerti lalu dek lincreet ke pojokan lg buatvroti bantet ssmbil tercirit birit….xicixicixicixi

  5. Dek lintang
    Tolong bilang ke pakdemu si jambul kuning, spy balikin duit Turkey ya dek, pesawat gsk dikirim kok duitnya dikemplang dek lincreet?…..xivixicixicixi

    Jng lupa klo pingsan tetap dijamban ya dek sambil mencreet….xicixicixicixi

Tinggalkan komentar