J-10 China Terbang Dekati Taiwan

Taipei, Jakartagreater,com – Sebuah jet tempur J-10C China memasuki Air Defense Identification Zone Taiwan (ADIZ) Selasa (16 Juni) pagi, selain itu dua pesawat pengisian bahan bakar Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) KC-135 juga mendekati pulau Taiwan dari utara dan timur, tulis medai Taiwan, lansir Taiwan News.

Baca Juga:

Jet Tempur Su-27 Rusia Cegat Bomber AS

Eurofighter Typhoon – Penjaga Langit Eropa

Pesawat-pesawat tempur Tiongkok dilaporkan beberapa kali menembus wilayah udara Taiwan selama beberapa bulan terakhir. Namun, Kementerian Pertahanan Taiwan telah mengusir pesawat pelanggar itu.

Pesawat tempur J-10 Angkatan Udara China menyeberang ke wilaya ADIZ Taiwan di lepas pantai barat daya pada pukul 11:50 Selasa pagi hari dan diperingatkan dua kali oleh pihak Taiwan untuk pergi, tulis laporan Liberty Times.

J-10 adalah salah satu pesawat tempur terbaik dan merupakan buatan industri pertahanan dalam negeri China.

J-10 terdiri dari berbagai varian, yakni J-10B dan J-10C. Vairan yang terbaik adalah J-10C yang dilengkapi berbagai peningkatan, seperti radar AESA, avionik yang lebih canggih dan nozel mesin yang menggunakan daya dorong vectoring.

Selain pesawat tempur J-10, dilaporkan pesawat pengisian bahan bakar milik Angkatan Udara AS juga terbang mendekati pulau Taiwan. Berita yang dirilis oleh “South China Sea Probing Initiative” melaporkan salah satu pesawat KC-135 terbang di atas Laut Cina Timur dan mendekati Taiwan bagian utara, sementara pesawat yang lain mengambil rute yang berbeda dari Selat Bashi yang memisahkan pulau Taiwan dari Filipina.

1 thought on “J-10 China Terbang Dekati Taiwan”

Leave a Comment