J-10 China Terbang Dekati Taiwan

Taipei, Jakartagreater,com – Sebuah jet tempur J-10C China memasuki Air Defense Identification Zone Taiwan (ADIZ) Selasa (16 Juni) pagi, selain itu dua pesawat pengisian bahan bakar Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) KC-135 juga mendekati pulau Taiwan dari utara dan timur, tulis medai Taiwan, lansir Taiwan News.

Baca Juga:

Jet Tempur Su-27 Rusia Cegat Bomber AS

Eurofighter Typhoon – Penjaga Langit Eropa

Pesawat-pesawat tempur Tiongkok dilaporkan beberapa kali menembus wilayah udara Taiwan selama beberapa bulan terakhir. Namun, Kementerian Pertahanan Taiwan telah mengusir pesawat pelanggar itu.

Pesawat tempur J-10 Angkatan Udara China menyeberang ke wilaya ADIZ Taiwan di lepas pantai barat daya pada pukul 11:50 Selasa pagi hari dan diperingatkan dua kali oleh pihak Taiwan untuk pergi, tulis laporan Liberty Times.

J-10 adalah salah satu pesawat tempur terbaik dan merupakan buatan industri pertahanan dalam negeri China.

J-10 terdiri dari berbagai varian, yakni J-10B dan J-10C. Vairan yang terbaik adalah J-10C yang dilengkapi berbagai peningkatan, seperti radar AESA, avionik yang lebih canggih dan nozel mesin yang menggunakan daya dorong vectoring.

Selain pesawat tempur J-10, dilaporkan pesawat pengisian bahan bakar milik Angkatan Udara AS juga terbang mendekati pulau Taiwan. Berita yang dirilis oleh “South China Sea Probing Initiative” melaporkan salah satu pesawat KC-135 terbang di atas Laut Cina Timur dan mendekati Taiwan bagian utara, sementara pesawat yang lain mengambil rute yang berbeda dari Selat Bashi yang memisahkan pulau Taiwan dari Filipina.

Sharing

Satu pemikiran pada “J-10 China Terbang Dekati Taiwan”

Tinggalkan komentar