Swedia akan Bangun Pesawat Tempur Pengganti Gripen

Jakartagreater.com – Pemerintah Swedia pada hari Selasa mengungkapkan rencananya untuk meningkatkan kemampuan militernya, termasuk pengembangan pesawat tempur baru untuk menggantikan JAS 39 Grippen, lansir Defenseworld.

Baca Juga:

Sekrup Lepas atau Kegagalan Komputer, Penyebab Jatuhnya Mirage 2000 India

J-10 China Terbang Dekati Taiwan

Jet Tempur Su-27 Rusia Cegat Bomber AS

Eurofighter Typhoon – Penjaga Langit Eropa

“Pengembangan pesawat tempur next generation akan dimulai,” kata Swedish Carl Anders Peter Hultqvist dalam sebuah pernyataan 16 Juni, tanpa membocorkan lebih detail.

Pesawat tempur JAS 39 D Angkatan Udara Swedia akan dipertahankan, karena pesawat tempur JAS 39 E yang baru diintegrasikan ke dalam skuadron dan akan segera operasional. Ini akan memungkinkan Angkatan Udara Swedia untuk menyimpan enam skuadron tempur.

Angkatan Darat Swedia akan ditata ulang dan terdiri dari tiga brigade mekanis, satu brigade bermotor yang lebih kecil dan, di pulau Gotland, satu batalyon mekanis dengan elemen pendukung. Ranger tambahan, intelijen, keamanan, artileri, insinyur, logistik dan unit pertahanan udara akan ditambahkan.

Untuk Angkatan Laut, korvet yang ada akan ditingkatkan dengan rudal pertahanan udara baru. Dua kapal selam baru akan diperoleh untuk menggantikan dua kapal selam tua setelah tahun 2025. Satu kapal selam yang ada akan mendapatkan upgrade mid-life, sehingga jumlah kapal selam akan meningkat dari empat menjadi lima. Satu batalion amfibi baru akan didirikan di pantai barat Swedia.

Pada tahun 2020, pemerintah Swedia juga akan mendirikan pusat keamanan siber nasional. Pusat ini akan memperkuat kemampuan Swedia untuk mencegah, mendeteksi dan menangani ancaman dunia maya yang bermusuhan dan mengurangi kerentanan terkait dunia maya. Ini juga akan memberikan dukungan kepada sektor swasta dan publik tentang cara meningkatkan keamanan dan perlindungan siber mereka terhadap serangan siber.

Pada bulan Juli 2019, Pemerintah Swedia dan Inggris (UK) menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) untuk mengembangkan kemampuan pesawat tempur masa depan dan sistem pesawat tempur. Kolaborasi ini menawarkan kesempatan untuk lebih lanjut memasukkan teknologi canggih ke dalam JAS 39 Gripen.

Sharing

4 pemikiran pada “Swedia akan Bangun Pesawat Tempur Pengganti Gripen”

  1. Pesawat kaleng kerupuk baru aja dibuat versi NG nya dan blom jg laku dipasaran kok ssh mau ganti lagi. Piye toh.
    Tp klo Gripen NG disuruh ngadepin F-15 KKG (Kaleng Kong Guan…xicixicixicixi) pasti yg nyungsep duluan si Kaleng Kong Guan. Benar toh dek lincreet alias lintah mencreet yg lg tercirit biriiit…..xicixicixicixi

Tinggalkan komentar