Kronologi Bentrokan Senjata Cina dan India di Ladakh

Perseteruan yang terjadi antar India dan Cina kian memanas. Sebanyak 20 tentara India dilaporkan tewas dalam bentrokan dengan pasukan Cina. Bentrokan terjadi di diklaim sebagai daerah sengketa perbatasan di kawasan Himalaya.

Berikut kronologi bentrokan bersenjata yang terjadi antara Cina dan India di kawasan perbatasan tersebut.

Baca Juga:

Sekrup Lepas atau Kegagalan Komputer, Penyebab Jatuhnya Mirage 2000 India

India Kirim Batalyon Infanteri Tambahan ke Ladakh

India-Cina Memanas, Sukhoi dan J-16 Parkir di Perbatasan

Senin, 15 Juni 2020

Kementerian luar negeri India seperti dilaporkan CNBC mengatakan, bentrokan di Lembah Galwan, Ladakh tersebut terkadi pada Senin, 15 Juni 2020. Peristiwa itu menandai peningkatan ketegangan antara kedua negara dan mematikan pertama di daerah perbatasan selama 45 tahun terakhir.

Bentrokan itu berawal saat pasukan kedua negara bertemu pada 6 Juni 2020 untuk membahas soal masalah perbatasan di wilayah Himalaya. Pertemuan itu pad akhirnya tidak mencapai kesepakatan terlibat ketegangan hingga berujung bentrok.

“Pada sore dan malam tanggal 15 Juni 2020, pertempuran sengit terjadi sebagai hasil dari upaya Cina yang secara sepihak mengubah status quo di sana, ”kata Anurag Srivastava, juru bicara resmi untuk kementerian luar negeri India.

Baca Juga:

Jet Tempur Su-27 Rusia Cegat Bomber AS

Eurofighter Typhoon – Penjaga Langit Eropa

Di lain pihak, Kementerian luar negeri Cina mengkonfirmasi terjadi kontak fisik di perbatasan tersebut, namun tidak menyebutkan jumlah korban. Juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina, Zhao Lijian menurut BBC menyatakan, India telah melintasi perbatasan sebanyak dua kali pada hari Senin.

Selasa, 16 Juni 2020

Awalnya pihak tentara India mengkonfirmasi tiga tentara telah tewas dalam bentrokan tersebut. Namun informasi tersebut kemudian diperbaharui. Para pejabat kemudian mengatakan, 17 tentaranya yang mengalami luka kritis telah meninggal. Korban meninggal dunia dalam bentrokan tersebut menjadi 20 orang.

Konfrontasi yang terjadi di sepanjang perbatasan dalam beberapa pekan terakhir itu merupakan puncak dari perseteruan dua wilayah tersebut yang dibatasi sungai.

Pihak India menuduh Cina telah mengirimkan ribuan tentara ke lembah Galwan di Ladakh. Selain itu India menyebut Cina telah menempati 38.000 km persegi wilayahnya.

Bahkan pada bulan Mei 2020, puluhan tentara India dan Cina terlibat bentrok fisik di perbatasan negara bagian Sikkim. Bentrok kedua negara sebelumnya juga dipicu klaim India yang menuduh Cina memperpanjang jalan perbatasan melalui dataran tinggi yang disengketakan.

Pihak India kemudian membangun jalan baru di sebuah kawasan terpencil. Para ahli menyatakan daerah tersebut menuai kerentanan karena pembangunan jalan itu bisa meningkatkan kemampuan Delhi untuk menggerakkan personel dan material militer dengan cepat jika terjadi konflik.

Baca Juga:

Jet Tempur Su-27 Rusia Cegat Bomber AS

Pasukan Payung Tapi Dilengkapi Tank Baja

Sharing

2 pemikiran pada “Kronologi Bentrokan Senjata Cina dan India di Ladakh”

Tinggalkan komentar