India Ajukan Proposal Pembelian 33 Pesawat Tempur Rusia

New Delhi, Jakartagreater.com – Di tengah pertikaian yang sedang berlangsung dengan China di Ladakh timur, Angkatan Udara India (IAF) telah mendorong proposal kepada pemerintah untuk memperoleh 33 pesawat tempur baru, termasuk 21 MiG-29 dan 12 Su-30MKI dari Rusia, lansir TimeNow News.

Baca Juga:

Sekrup Lepas atau Kegagalan Komputer, Penyebab Jatuhnya Mirage 2000 India

India Kirim Batalyon Infanteri Tambahan ke Ladakh

India-Cina Memanas, Sukhoi dan J-16 Parkir di Perbatasan

“Angkatan Udara telah mengerjakan rencana ini untuk beberapa waktu tetapi sekarang telah mempercepat prosesnya dan proposal yang diperkirakan bernilai lebih dari 6.000 crore akan didahulukan oleh Kementerian Pertahanan untuk mendapatkan persetujuan akhir minggu depan di pertemuan tingkat tertinggi. ” kata sumber pemerintah kepada media ANI.

Proposal itu mencakup akuisisi 12 Su-30 MKI yang akan diperlukan untuk mengganti jumlah pesawat yang hilang oleh Angkatan Udara dalam berbagai kecelakaan.

India telah memesan 272 jet tempur Su-30 selama 10 hingga 15 tahun dalam batch yang berbeda, dan menurut pejabat tinggi India, jumlah pesawat yang diperoleh sejauh ini cukup untuk kebutuhan pesawat berbobot berat.

21 jet tempur MiG 29 bekas direncanakan akan diperoleh dari Rusia yang telah menawarkan untuk menjual pesawat-pesawat ini untuk membantu Angkatan Udara memenuhi kebutuhan pesawat tempur baru.

Angkatan Udara juga telah melakukan studi untuk memeriksa apakah badan pesawat MiG-29 yang ditawarkan cukup baik untuk beroperasi dalam waktu yang lama, dan pesawat tempur itu ternyata ditemukan dalam kondisi yang hampir baru.

MiG-29 diterbangkan oleh Angkatan Udara India dan pilot sudah mengenalnya, tetapi yang ditawarkan oleh Rusia berbeda dari yang dimiliki India.

Angkatan Udara memiliki tiga skuadron MiG-29 yang telah menjalani upgrade life time dan dianggap dapat diandalkan dalam peran pertahanan udara.

India dan Cina baru saja terlibat dalam perselisihan, dimana India menuduh pasukan Cina melakukan pembangunan militer di sepanjang Garis Kontrol Aktual di Ladakh Timur, tempat mereka mengerahkan lebih dari 10.000 tentara.

Sharing

4 pemikiran pada “India Ajukan Proposal Pembelian 33 Pesawat Tempur Rusia”

  1. Semoga tidak terjadi perang besar2an antara India dan Cina keduanya sahabat kita juga, saya hanya berharap dog fight terbatas sungguhan antara keduanya, saling luncurkan rudal dan penangkis nya serta adu artileri berat terbatas dan saling serbu antar infantri secukupnya, manakala maghrib istirahat dulu semua minum kopi dan teh susu bareng di atas pegunungan sono perbatasan mereka sambil main catur.

Tinggalkan komentar