NASAMS Modernisasi Sistem Pertahanan Udara Lithuania

Jakartagreater – Batalyon Pertahanan Angkatan Udara Lithuania telah mendapatkan Sistem Permukaan Rudal Udara ke Udara (NASAMS) yang diperoleh dari Norwegia, pada tanggal 19 Juni 2020, dirilis situs Lithuanian Armed Forces.

Sistem Pertahanan udara modern yang dibeli dari Norwegia ini akan dapat menghancurkan pesawat musuh dalam beberapa puluh kilometer jauhnya.

Baca Juga:

Jet Tempur F-22 Intersep Bomber Tu-95 dan Su-35

Stok Berlimpah, Sidewinder Tua Bisa Evolusi Jadi Rudal Anti Tank

Rusia Punya Prospek Tawarkan Produksi Su-35 di India

“Dengan munculnya sistem ini, pertahanan wilayah udara Lithuania telah diperkuat, pencegahan semakin diperkuat. Dengan menggabungkan semua komponen sistem pertahanan umum menjadi satu kesatuan, kita dapat mencapai hasil yang baik yang akan memaksa lawan potensial memikirkan kembali niat mereka. Hal ini memberi kita lebih banyak keamanan dan kebebasan bertindak”, ujar Komandan Angkatan Bersenjata Lithuania, Letnan Jenderal Valdemaras Rupsys.

Sistem pertahanan udara NASAMS Lithuania. (@ Lithuanian Armed Forces)

NASAMS adalah sistem pertahanan udara jarak menengah yang paling banyak digunakan di negara-negara NATO, bahkan digunakan untuk melindungi Gedung Putih. Sistem yang dibeli oleh Angkatan Bersenjata Lithuania adalah yang terbaru – pengguna NASAMS generasi ketiga (NASAMS 3) saat ini hanya Angkatan Bersenjata Lithuania dan produsennya – Angkatan Bersenjata Norwegia.

Sistem pertahanan udara NASAMS Lithuania. (@ Lithuanian Armed Forces)

Sistem yang dibeli terdiri dari banyak komponen – pusat pengendalian tembakan, Rudal, peralatan komunikasi dan lainnya. Pembelian sistem ini memodernisasi sistem pertahanan udara Lithuania yang saat ini menggunakan sistem pertahanan udara jarak pendek RBS-70 – kedua sistem akan diintegrasikan ke dalam panel pertahanan udara Lithuania.

Pelatihan spesialis untuk bekerja dengan sistem baru sesuai dengan metodologi dan program yang dikembangkan oleh Angkatan Darat Norwegia dan pabrik Pertahanan & Aerospace Kongsberg telah dimulai pada akhir tahun lalu di Norwegia.

Pelatihan NASAMS lebih lanjut bakan dilakukan di Lituania pada tahun 2021 di mana pelatihan personil akan selesai dan integrasi persenjataan ke dalam sistem pertahanan udara NATO terpadu akan dimulai.

Sharing

2 pemikiran pada “NASAMS Modernisasi Sistem Pertahanan Udara Lithuania”

  1. Kirain nasams pesanan kita yg sejak 2018 ternyata orang lain punya, dengar2 pesanan kita ke Norway sih peluncurnya sudah jadi lama tinggal amunisi pelurunya, yang harus mohon ijin untuk diperbolehkan beli ke lik Sam…kalau tak diijinkan peluncur NASAMS yg sudah dibeli bisa diisi roket RHAN produk lokal, lumayan buat hiburan lawakan nelayan cina yang saban musim ikan pada nggarong di laut Natuna Utara sementara aparat kita cukup bawa keris dan banyak berdoa biar tak ditabrak “coastguard” cina…kan kita terkenal bangsa ramah tamah dan santun

Tinggalkan komentar