Armada Kapal AS Pamerkan Kekuatan ke Cina

Jakartagreater –  Amerika Serikat (AS) mengerahkan tiga kelompok serang kapal induk, atau lebih dari seperempat armada kapal induk yang bertugas aktif, ke Pasifik pekan lalu di tengah meningkatnya ketegangan dengan Beijing atas kasus Taiwan, Hong Kong, coronavirus dan pembentukan pertahanan Cina di Laut Cina Selata, dirilis Sputniknews.com, Minggu 21-6-2020.

Baca Juga:

Turki Uji Mesin Rudal Jarak Menengah Buatan Lokal

Hizbullah Ancam Bisa Serang Israel dengan Rudal Presisi

Jepang Deteksi Kapal Selam Diduga Milik China

USS Roosevelt dan USS Nimitz yang memimpin kelompok serang kapal induk memulai pelatihan operasi penerbangan bersama di Laut Filipina pada hari Minggu 21-6-2020. Angkatan Laut melaporkan bahwa latihan tersebut bertujuan untuk “menunjukkan kemampuan unik Amerika Serikat untuk mengoperasikan beberapa grup serangan dalam jarak dekat.

“Ini adalah kesempatan besar bagi kita untuk berlatih bersama dalam skenario yang kompleks,” Laksamana Muda Dough Verissimo, komandan kelompok serang USS Roosevelt. “Dengan bekerja bersama dalam lingkungan ini, kami meningkatkan keterampilan taktis dan kesiapan kami dalam menghadapi wilayah yang semakin tertekan dan COVID-19.”

Selain latihan udara, strike groups ini diharapkan mempraktikkan pertahanan udara, pengawasan, pembekalan di laut, serangan ofensif jarak jauh, dan manuver laut terkoordinasi.

Laksamana Muda James Kirk, komandan kelompok strike groups USS Nimitz, mengatakan operasi gabungan “menunjukkan ketahanan dan kesiapan angkatan laut dan merupakan pesan kuat dari komitmen kita terhadap keamanan dan stabilitas regional karena kita melindungi hak-hak yang sangat penting, kebebasan dan penggunaan laut secara sah untuk kepentingan semua bangsa. ”

Baca Juga:

Jerman akan Upgrade Typhoon dengan Radar AESA Captor-E

Iran Luncurkan Rudal Darat ke Laut Terbaru

USS Roosevelt dan Nimitz dan kapal-kapal pendukung mereka bergabung dengan strike groups USS Ronald Reagan yang beroperasi di Jepang untuk penempatan Pasifik minggu lalu, dengan kelompok-kelompok Angkatan Laut bersenjata dikerahkan untuk mengirim pesan ke Cina tentang ‘kepemimpinan’ AS yang berlanjut di wilayah tersebut.

Verissimo menyebut penggelaran bersama itu “peluang besar bagi kami untuk melatih tentang bagaimana kami akan mengoperasikan beberapa strike groups di lingkungan yang diperebutkan.”

“Kapal induk AS memiliki fleksibilitas, daya tahan, daya tembak, kemampuan manuver, dan kemampuan yang tak tertandingi dalam sejarah perang,” tambahnya. Selain kapal induk dan sayap udara mereka, latihan itu melibatkan 8 kapal perang lainnya, termasuk kapal penjelajah Rudal berpemandu dan kapal perusak Rudal berpemandu.

Baca Juga:

Jerman akan Upgrade Typhoon dengan Radar AESA Captor-E

India akan Beli MiG-29, Su-30 di Tengah Ketegangan dengan Cina

Iran Luncurkan Rudal Darat ke Laut Terbaru

Cina Peringatkan ‘Penanggulangan’

Pekan lalu, Cina memperingatkan bahwa pihaknya akan mengerahkan “countermeasures” ke penyebaran kapal induk AS, dengan surat kabar Global Times menunjuk beberapa kelas jenis senjata pembunuh kapal induk milik militer China, termasuk Rudal balistik anti Kapal DF-26 dan DF-21D.

Jika digunakan di sepanjang pantai Cina, DF-26 mampu menjangkau hingga Guam. Kedua Rudal terbang menuju target mereka dengan kecepatan yang sangat tinggi, membuat mereka sangat sulit untuk dicegat, bahkan oleh sistem pertahanan udara yang luas dari kelompok-kelompok serangan AS.

Baca Juga:

Sekrup Lepas atau Kegagalan Komputer, Penyebab Jatuhnya Mirage 2000 India

India Kirim Batalyon Infanteri Tambahan ke Ladakh

India-Cina Memanas, Sukhoi dan J-16 Parkir di Perbatasan

Pengerahan 3 kapal secara bersamaan ke Pasifik adalah unjuk kekuatan pertama dari jenisnya dalam hampir 3 tahun, dan terjadi di tengah meningkatnya ketegangan AS-Cina awal bulan ini setelah kementerian pertahanan Taiwan mengizinkan pesawat kargo Clipper Angkatan Laut AS C-40A untuk terbang melintasi pulau dalam perjalanan dari Okinawa ke Thailand.

Cina, yang mengklasifikasikan Taiwan sebagai wilayah yang sah, menyebut insiden itu “provokatif.” Insiden itu adalah yang terbaru di tengah garis panjang keluhan antara Washington dan Beijing termasuk asal-usul coronavirus, sengketa perdagangan senilai ratusan miliar dolar, persaingan teknologi, masalah kendali senjata, protes Hong Kong, sengketa Laut Cina Selatan, dan lainnya.

Pada hari Kamis 18-6-2020, Presiden Trump menegaskan bahwa AS mempertahankan “opsi kebijakan” di mana Washington dapat sepenuhnya memutuskan hubungan dengan Beijing setelah ditantang soal isu tersebut oleh perunding perdagangan AS Robert Lighthizer, yang mengatakan kepada Kongres pada Rabu 17-6-2020 bahwa ketidakcocokan / decoupling dari keduanya kekuatan ekonomi tidak mungkin.

Baca Juga:

Turki Uji Mesin Rudal Jarak Menengah Buatan Lokal

Hizbullah Ancam Bisa Serang Israel dengan Rudal Presisi

Jepang Deteksi Kapal Selam Diduga Milik China

Sharing

76 pemikiran pada “Armada Kapal AS Pamerkan Kekuatan ke Cina”

  1. mbah ruskimin mana tau kekuatan nyata macam ini.
    di kira cuma koar kosong bisa buat lawan takut.
    wkakakakakakaka.
    engak mungkin jadi penguasa dunia kalou cuma omdo saja.
    wkakakakakaka
    liat negara cuma mengandalkan omdo saja akhir nya teruk,melarat dan diayam ayamkan negara lainya.
    wkakakakakakaka

  2. kumpulin semua senjata didunia ini maka usa akan memegang 30?dari keseluruhanya.
    maka akan mudah bagi amerika menghancurkan bumi ini,kemungkinan akan mulai mengungsi ke planet mars atau namex.
    wkakakakakakaka

  3. Sepertinya lawan tanding kapal induk paman Sam adalah kapal selam-kapal selam milik Rusia yg pandai menyelinap dlm rombongan kapal induk untuk kemudian menyengat dg santun. Belum lagi Rusia memiliki rudal hipersonik Kh-47M2 Kinzhal yg mampu merobak-robek dinding baja kapal induk seperti pisau bedah merobek sarung buluk, begitu kan mbah lintang?

  4. Kan ane hanya “bilang lawan tanding”, bukan banyak-banyakan jumlah kapal selam. Lawan tanding artinya lawan mampu membalas kekuatan musuh sampai musuh pun megap-megap dan jika pun menang sifatnya hanya seri. Bayangkan, paska PD II paman Sam hanya mampu meladeni “negara atau ormas” yg jauh dibawah levelnya. Itu pun sampai tujuh turunan ada yg belum kelar. Contohnya melawan ormas Taliban yg hanya mengandalkan pistul dan bedil lantakan, dari jaman George W Bush 2 periode, Obama 2 periode sampai kini Trump tidak jelas arah untuk menangnya.

  5. aduh dek kok perang dijadikan tujuan,perang itu cara agar dapat mendominasi dunia dan meraup banyak sumber daya.jadi pahami dulu sumber pola pikir nya,bukan berarti buat senjata banyak dan militer kuat khusus untuk perang.
    perang cara akhir dalam mengatasi kebuntuan masalah.
    jadi engak perlu ngomong panjang lebar dengan bahasa textual akademis.
    kalou pola pikirnya juga ngak nyampe.
    usa dipuncak,negara lainya mau menyaingi atau bahkan berebut sedang usa mempertahankan,itu fakta nya.
    kalou masalah senjata siapa yang moncer itu banyak faktornya dan engak akan habis jadi perdebatan,sama seperti halnya pespur jatuh,akan banyak untuk diperdebatkan.

  6. masalah peran amerika dipenjuru dunia,itu bisa diangap seperti percobaan,atau bisa juga dibilang ketimbang tentara ngangur makan gaji buta,jadi dibuatlah lah skema kecil,selain mengukuhkan usa sebagai penguasa dunia juga bisa dibilang pertunjukan kekuasaan.
    sedang error dalam menerapkan strategi itu hanya faktor lainya.
    karna semua tidak ada jaminan 100? untuk mulus tanpa memperhitungkan kegagalan.
    yang pentingkan usa masih dipuncak,itu pokok penting nya.

  7. Eleeehhhh cuman buat pamer si entong jg bisa, berani gk asu provokasi china lebih kasar lg????? Kapal induk hanya jd santapan df26 dan rudal2 anti kapal china lainnya, gk jaman lg trik nakut2in negara lain dengan kapal induk’ menggunakan kapal induk menghadapi china sama aja bunuh diri’ satu2nya cara asu tuk bisa menghadapi china dengan cara meminta ijin pada philipina untuk menggunakan beberapa pulau lg untuk jd pangkalan militer mereka, kalau berharap kapal induk sama aja dengan bunuh diri.

  8. Saya kok setuju dng komen si lai tungkir ya.
    Jaman skrng eranya rudsl hipersonik, bukan berarti kapal induk gak diperlukan. Akan tetapi unjuk kekuatan dng kerahkan kapal induk akan menjadi pertaruhan yg besar. Kapal induk akan menjadi target serangan massive oleh rudal2 hipersonik lawan. Toh aset2 yg ada dikapal induk itu baru aksn digerakkan setelah serangan massive terhadsp target2 darat telah dijalankan oleh rudal jelajah dr kapal2 destroyer dan penjelajah.
    Tp ssya yakin warjag semua setelah baca komen dek lincreet pst sepakat gak ngerti maksud apa yg dibahasnya….xicixicixicixi

  9. dah dibilang kalou komen dipikir dulu kenapa,engak masuk akal sekaliiiiiiiiiiiii
    wkakakakakakakaka
    mbah ruskimin dipukulin disebelah engak ngebales sekali,apa jangan jangan tuh komen masuk tong sampah admint.
    wkakakakakakakaka

  10. Berdoa saja bang ada pertempuran terbatas buat lihat kemampuan banyak pesawat, banyak kapal, dan banyak rudal supaya gampang kita pilihnya besok, yg utama paling tidak pulau buatan Cina yang ilegal di laut cina selatan bisa musnah supaya tidak ada lagi pos komando dan pos logistik cina yg mendekati Natuna

  11. Mau 10 kapal induk di LCS ga bakal buat China rugi.. kan ga nembak mereka jg wakwkwkwk
    China ga goblok x bro.. tawuran sama Hindia kmaren nga ada peluru mereka yg keluar.. perang??? Kaga juga.. padahal makan korban

  12. Gak berani bung, Amerika kalo sendirian. Itu cuma di film holywood aja dek pilot Amerika berjalan dng gagahnya. Kenyataannya di Suriah pilot pespur F-22 yg katanya paling canggih se planet Namex terkencing kencing bahkan terciriiit biriit sambil mencrreeet spt dek lincreeet ketika di samperin SU-35 ….xicixicixicixi

    Jngkan spt itu. Rusia datang ke Suriah aja, itu pasukan penyamun gerombolan siberat langsung kabur semua balik kampung, pilotnya mengundurkan diri serempat…..xicixicixicixi

    Kalo semua perang dilakonin sendiri oleh AS, yg pastinya skrng saat pidato di depan rakyatnya paman jambul kuning cuma pake popok doank spt dek lincreet, krn bangkrut. Apalagi perang badai Gurun itu banyak melibatkan tentara aset perang dan BBM. Itu baru perang dng negara seuprit bung.
    Yg pasti gak mungkin sendiri lah bung, spt dek lincreet yg selalu ketakutan klo diserang warjag lalu segera lapor ke suhunya si Gatol kancruttt. Yg ngelapor sama yg dilaporin sama2 mental kancrutt….xicixicixicixi

  13. Panik???? China gk bakal panik dengan trik beginian, china hanya butuh satu alasan kuat tuk bikin babak belur kapal2 induk asu di lcs’ bukan cuman asu aja punya rudal nuklir, china jg punya banyak rudal2 nuklir berkecepatan tinggi, kalau tuk nakut2in jepang dan negara asia lainnya bisalah trik seperti ini dilakukan tp tuk nakut2in china ini trik hanya bikin ngakak china,,,beranikah asu provokasi china lebih kasar lg???? Gk bakal berani, cuman gitu2 aja’ malah bikin china semakin masif bikin pangkalan militer di pulau2 kecil di lcs.

  14. ini namanYa dobol soktau,mirip embah embah yang seling ngicing sembalangan.
    wkakakakakaka
    maka nya sebelum bales komen olang lain,pelajari dulu isi komenya dan liat situasi pada kenyataan nya.
    china dibelakang layar grasak grusuk dan loba lobi sana sini dibilang engak panik macam mana kau ni.
    sudah kubilang jangan lah kau komen,masih kau komen akhir nya malu lah kau,kubur.(by si naga bonar).

  15. jangan lah kau liat itu kapal induk sebagai kayu ngapung,tapi kau liat sebagai armada tempur,tiga kapal induk berarti tiga formasi tempur,kau paham apa arti tiga formasi tempur? jangan kau bilang pulak itu dobol.
    wkakakakakaka
    kau cari sendiri lah berapa dahsyat nya satu pormasi tempur dengan kapal induk dan kau liat ada aset apa saja disana.
    belajar cari sendiri dan berpikir,kalou susah pulak kau berpikir maka kau ketuk ketuk pulak itu dengkul,siapa tau bisa encer.
    wkakakakakakaka

  16. Betul apa yg dikatakan si lai tungkir. Trik itu cuma buat nakut2in china saja, tp chinanya gak takut.
    Itu cerita ngibulnya AS aja, dng show of force spy negara kawasan ASEAN merasa di support. Lalu klo sdh merasa di support, syaratnya harus membeli peralatan perang AS dng alasan agar AS lebih mudah mengkordinasikan pertahanan jika terjadi perang.
    Mana bukti china grasak grusuk, itu bualan dek lincreet aja klo sdh komen mulai setress, dia langsung mencreet tiba2. China lobi jualan senjata kok dibilang grasak grusuk. …xicixicixicixi

    Yg grasak grusuk itu dek.lincreet klo sdh mulai terciriit di celana. Lari pontang panting cari jamban terdekat, gak nemu jamban jongkok dia di parit pinggir jalan….xicixicixicixicixi

  17. itu si mbah nya tungkir lebih adeh lagi,perang kok sendiri,emang perang apaan?,perang alat kelamin kali ya?.
    kalou sendirian itu duel nama nya,kalou perang ramek ramek lah,la wong tawuran aja ramek masak perang sendirian,.
    wkakakakakaka

  18. Otakmu yg soak sok tau tp somplak, loby siapa’ buat apa loby???? Justru si blonde ngemis2 ame china tuk bantu menangi pemilu asu, Eh dodol para pakar junjunganmu si asu aja ngakuin resiko mengerahkan kapal induk tuk melawan negara sekelas china punya resiko fatal, lha kok malah ente yg sok2an jd pakar tp otak soak malah bilang china panik’ posisi china masih menang saat ini karena mereka masih tetep nyolot klaim lcs dan semakin masif bangun pangkalan2 militer di pulau2 kecil disekitar lcs’ tetep gk berhenti kok terus dimana kalapnya???? Otak soak sok bahas militer, ente cocoknya jd komiker mesum

  19. Formasi tempur kapal induk itu sdh bukan suatu hal yg menakutkan bagi China apalagi Rusia.
    Kalo china sdh hantam itu kapal induk dng rudal dongfengnya yg berhulu ledak nuklir, maka akan menimbulkan efek tsunami di radius sekitarnya. Kapal unyu2 yg lain langsung gelimpangan kena tsunami nuklir dr si dongfeng…..xicixicixicixi

    Begitu jg jika poseidon Nuklir Rusia yg hantam itu induknya kapal, efeknya akan sama. Hasilnya pun sama yaitu sama2 menghasilkan rumpon kapal induk dan seluruh formasinya….xicixicixicixi
    Yg beginian gak perlu gugling, yg perlu gugling itu anak PAUD yg gak paham ilmu dan teknologi militer. Wong kapal perusak dilengkapi rudal anti rudal balistik aja dia mikirnya kapal mau diserang rudal balistik, itulah mikirnya anak PAUD yg masih suka tercirit biriit sampe mencreet dicelana….xicixicixicixi

    Atau jng2 dek lincreeet mencreet ini blom paham kerja rudal dongfeng atau terpedo poseidon ya bung Tungkir.? Tolong kasi tau bung, tp pelan2 aja ngasi taunya bung, soalnya daya tangkapnya dibawah level standart….xicixicixicixi

  20. Gk ada komentarmu yg berkelas, cuman komentar luntang lantung efek pengaruh fans boy kebelinger yg modal nyolot,,,,capek dech, suruh ramai2 ke mari si borokokok ayam berkotek, smiling, si itung dosa, agato somplak debat ampe muncrat ane layani tong, disini setiap komentar masuk terus kagak ada pilah pilih’ ente ngomongi lapak sebelah yg adminnya si dosen kesesatan karena salah satu anggota klub fans boy kebelinger, komentar2 ane yg bener2 menyudutkan sering kagak masuk di lapak sebelah, suruh aja admin bahlul ntu jadi banci pakai bedak ame gincu.

  21. duo dobol ya cucok banget sih,baik cara berpikir dan cara komeno,jangan jangan saudara kembar apa cucu dan mbah nya.
    wkakakakakakaka
    ngomong dengan olang engak tau apa engak paham susah banget ya?.
    suhu saya agato,itu koneksi internasional nya luas.
    jadi informasi yang cendrung rahasia akan terlebih dulu sampai ke kita,kita?.
    wkakakakakakakaka
    jadi sudah lah,saya ngaku salah dan kalah deh.

    mbah ruskimi@
    coba embah sebutkan satu pormasi dengan kapal induk itu ada berapa banyak aset dan berapa kuat?.
    jangan ngomong kalou lagi satu formasi kapal induk juga engak tau,?.
    baik nya cari di google baru jawab,biar lama engak apa apa asal jangan ngawur blas ,sambil mikir ya mbah.
    wkakakakakakakakakaka

  22. Berarti negara junjungan dek lincreet biriit ciriit ini memang takut alias pengencet binti pengecut klo sendirian. Beraninya klo rame2. Berarti negara koboi kencet itu julukannya….xicixicixicixi

    Klo AS bawa kawan2nya, artinya China pun boleh gandeng Rusia dan Korut serta Iran. Jd perkedel itu yg namanya NATO.
    Andalan NATO cuma rudal Trident jadul aja, rudal hipersoniknya gak jadi2 alias gagal terus diuji coba. Kirim S-500 tamat riwayat Trident. Sebaliknya klo negara2 NATO di kirimi Trio nuklir Bulava, Satan dan JL series dr Rusia dan China ditambah rudal hipersonik kemampuan nuklir, maka bisa jadi rempeyek itu negara2 Nato……xicixicixicixi

    Gimana menurut bung Tungkir yg berjuluk si spesialis pembantai mbah Gatol.?……xicixicixicixi
    Suhunya aja diayam2kan jadi keset.sama.bumg Tungkir apalagi cuma muridnya yg blom lulus PAUD….xicixicixicixi

  23. sesama pans boy itu harus saling dukung kir.
    gini kir komen yang benar dan masuk akal patut diapresiasi termasuk membenarkan,bukan membela karna dia ningrat apa raden tapi isi komenya loh kir getu kir.
    kita damai aja ya kir,kita kan masih saudaraan,tanya mbah ruskimin itu silsilahnya kenapa kita bisa saudaraan.
    wkakakakakakaka

  24. Nggak perlu nyebutin satu pormasi kapal induk itu ada berapa banyak aset dan berapa kuat, percuma klo yg diajarkan anak lebel PAUD, nanti jawabannya ” emang ada rudal balistik yg mau nyerang kapal? ” Ilmu mu msh jauh terbelakang dek lincreet. Gak nyampe nanti, keberatan bakal pingsan kamu seharian dijamban sambil mencreet2……xicixicixicixicixi
    Kamu itu cuma mau mancing pengetahuan kami aja dek, aslinya kamu memang nda tau binti gak paham……xicixicixicixi

    Gugling aja sono sendiri dek. Jng bilang gak ada linknya spt kamu nyari pespur AS yg kena tusbol rudal jadul Rusia….xicixicixicixicixi

  25. Yg ngaku saudara kami kan kamu dek lincreet. Tp bener jg sih kita memang berasal dr satu kakek buyut. Bukan dr nenek buyut dek lincreeet. Kakekku menikah dng nenek buyutku yg seorang ratu permaisuri majapahit, maka lahirlah keturunan kami. Sementara waktu kakek buyut lg berburu ke hutan, dia kebelet pipis, langsung pipis dibawah pohon asem, maka lahirlah keturunanmu dr pohon asem itu.dek lincreet……xicixicixicixi

    Jd sebenarnya menurut silsilah keturunan kami, nenek buyut kami dr ratu kerajaan majapahit. Sementara nenek buyut dek lincreet itu pohon asem jaman majapahit tp kakek buyutnya sama….xicixicixicixicixi

  26. Eh formasi kapal induk seperti apa pun gk laku jaman perang modern sekarang menghadapi negara sekelas china di lcs yg memiliki laut yg terbuka apalagi china udah berhasil membangun beberapa pangkalan militer di pulau2 kecil di sekitar lcs, jarak jangkauan dan kecepatan rudal2 china bukan rudal kaleng2′ jangan liat dan mengukur china dr kwalitas produk komersil yg untuk mereka jual, masalah perangkat lunak pun china gk kalah ama asu’ ya kalau urusan mesin pespur atau deluan menjadi negara adi daya ya asu emang lebih maju dan deluan maju dr china, tp kalau urusan rudal aku yakin china sejajar dengan us dan mungkin bisa saja lebih maju china, menghadapi negara yg punya kemampuan rudal seperti china atau pun rusia dengan menggunakan formasi kapal induk sama saja bunuh diri, dihujani rudal oleh china selesai kapal induk asu meski pun pakai formasi apa pun, kapasitas produksi rudal china bener2 mengerikan mampu memroduksi 2x lebih banyak dr asu dan CIA mengakui hal ini, terus apa yg ditakuti china dr formasi kapal induk asu???? China justru tertawa karena trik jadul asu ini hanya bikin mereka bunuh diri, kalau hadapi iran ok lah masih mungkin gunakan kapal induk tp kalau untuk china jangan coba2, kalau test silahkan provokasi china lebih kasar lagi’ kalau cuman parade dan pamer doang tidak akan menghentikan china membangun pangkalan militer di pulau2 kecil sekitar lcs.

  27. dah mulai ngawur voll.
    pada dah berulang kali dibilang kalou komen sambil diketuk ketuk dengkulnya,eeee malah ngeyel.
    doktrin kapal induk us navy itu yang dicontoh dunia termasuk china.
    malah engak guna kata nya?.
    kenapa china harus bangun kapal induk kalou engak guna?.

    mbah siruskin lebih parah lagi padahal dah dibilang nenek kita itu sama nenek nenek.malah kawin kawina yang diomongin.pantesan komen mu ngawur voll,isi cuma kotoran sama lendir tok.
    wkakakakakakakaka

  28. Kan sdh saya bilang dek lincreet, nenek buyut kita beda. Kok kamu ngeyel bilang sama. Nenek buyutmu itu pohon asem dek lincreet ciriit birit yg berlendir….xicixicixicixi

    Dijaman skrng china buat kapal induk itu utk memperkuat armadanya menghadapi negara2 yg tidak sebanding kekuatannya dng dia spt contoh Australia yg unyu2 tp sok punya kekuatan besar, serta jepang dan korea di Asia pasifik.
    Klo utk melawan AS dan NATO gak perlu kekuatan kapal induk. Krn kolaborasi China dan Rusia dng rudalnya sdh bisa bungkam AS dan sekutunya.
    As dan sekutunya bakal dibuat terciriit ciriit spt kamu dek lincreeet, dng adanya aliansi China – Rusia
    Yg begini kamu blom paham dek, ilmumu sebatas pohon asem aja krnnitu nenek moyangmu. Krn guglingpun kamu gak paham jg…..xicixicixicixi

  29. Bung tungkir jng terlalu keras dng dek lincreet, takutnya nanti dia mencreeet klo dikerasi dan gak mampu komen spt suhunya si gatol yg pensiun dini klo ketemu bung tungkir.

    Soalnya ini anak msh level PAUD lai, jd pake gaya orang main yoyo aja. Di tarik gebukin trus ulur lg, nanti dia bakal pingsan lari ke jamban….xicixicixicixi

  30. ini buah pemikiran isinya jamban kayak gini,selalu lari dari permasalahan.
    armada tempur ya sudah mencakup segalanya termasuk rudal baik jelajah maupun balistik.
    kalou ngomongin kapal induk engak perlu karna ada rudal,ini namanya pemikiran kotoran,untuk apa buang uang untuk buat armada tempur yang jumlah nya bahkan engak kebayang sama simbah,sangking banyaknya,toh tingal buat rudal saja yang banyak,baik jelajah maupun balistik,kan beres urusanya.
    nato menguasi 60-70? rudal balistik berhulu ledak nuklir,jadi dipikir kenapa harus buat senjata yang lainya?,tidak rudal saja?.
    rudal memang krusial tapi tidak melulu dan selalu harus rudal bisa mengatasi permasalahan dalam militer.
    maka diperlukan senjata yang lainya termasuk senapan serbu dan sniper.
    paham engak mabah.
    kayak kayak nya engak deh.
    wkakakakakakaka
    la cari bahan kapal type destroyer aja engak nemu apa lagi ini,engak ada di google.
    wkakakakakakaka.
    kalou engak ada di google ceri ditoko sepatu mabah apa diloakan mungkin ketemu.
    wkakakakakakaka

  31. Contoh dunia???? Siapa yg mau contoh hal konyol??? otakmu yg didengkol komentar modal nyolot,,,kapal induk penting tp bukan untuk konyol, liat dulu siapa lawannya’ lha kalau lawannya mampu membuat hujan rudal menggunakan kapal induk tuk melakukan agresi itu sama aja bunuh diri, gk ada hitung2an yg tepat asu mampu melakukan agresi ke china dan ini pakar asu sendiri yg mengatakan, kecuali asu memenangkan perang missle jarak jauh terlebih dahulu lalu masuk menggunakan kapal induk baru tepat’ tp pertanyaannya apa asu mampu memenangkan perang rudal jarak jauh dengan china????? Jawabannya belum tentu meski sekuat apa pun pertahanan udara asu, karena ini hitungan2nya rumit sebab ujungnya perang nuklir dan akhirnya keduanya konyol sendiri,,,,ente punya otak soak sok bahas militer, mending ente nulis buku porno tong.

  32. Ujung2nya nato, begh nyampah aja komen,,,nato pun pantatnya lg basah gara2 parnoid ame rusia, mau ikut campur urusan asu vs china???? Sama aja bikin kopong eropa barat, apa gk takut eropa barat jd lemah gara2 ikut campur urusan asu vs china???? Rusia stronk loh,,,komentar masih luntang lantung blagu bahas militer, suruh ke sini agato somplak fans kebelinger debat sampai muncrat2 ame ane, gk laku gaya nyolotmu ame ane tong’ modal nyolot dah basi.

  33. Inilah yg diinginkan rusia, dan rusia pun ingin ada lagi muncul negara yg kuat seperti china tp punya dendam terpendam terhadap asu’ jawabannya adalah indonesia, oleh sebab itu asu berusaha membangun pengaruhnya di indonesia tp jg sembari mengobok obok indonesia agar sulit maju’ trik2 kacangan tp masih ampuh karena banyak fans boy asu yg kebelinger buta mata dan hati di indonesia, menjijikan.

  34. wkakakakaka
    panas panas,kepala tungkir panas panas,
    sampe keluar asep tuh kir.
    wkakakakakaka.
    ngomong panjang ngak memenuhi mutu cuma memenuhi kolom komen saja.
    kamu tau engak sih yang kamu omongin?.
    opini dengan hayalan,engak mutu itu karna engak berdasarkan fakta yang ada.

  35. Lha otakmu yg gk ada mutu komentar modal nyolot, ngaca sono liat semua komentarmu luntang lantung modal nyolot ala fans boy kebelinger,,,bukti???? Apa yg harus aku buktikan dengan bobroknya sifat junjunganmu si asu yg rakus kebelinger, justru kau yg idiot mengagungkan kapal induk tuk menghadapi negara sekelas china, itulah efek mikir pakai dengkul

  36. wkakakakakaka.
    kalou ngomong sama tong sampah gini nih.
    iya kir iya ,gue kalah deh, ngaku kala,situ memang benar,situ memang cerdas.
    saya yang bodoh deh.
    kita temenenan aja ya kir,engak baik musuhan loh kir.
    wkakakakakakaka

  37. Ampe dunia kiamat di asu ga bakalan perang senjata sama china, ga kasihan apa sama sekutunya Jepang sama korea… North Korea udah anget dingin tu buat nyerang south.. dan itu bakalan habis” san north mukul south dengan semua yg dia punya.. itu seoul bisa rata jadi abu.. selatan memang kuat, tapi Utara terlalu tertutup ga tau senjata apa yg dia punya.. bisa jadi menggunakan senjata kimia.. kalau north kepukul mundur China bakal masuk wong satu daratan.. Amerika?? Ga bisa makai angkatan daratnya, Cuman ngandalin angkatan laut sama udara nya aja.. terus dikira navy China lemah gitu? Rudal yg gede” itu cmn pajangan? Blom kalau kesenggol sama navy Russia..
    Belom NATO yg kata Mbah tungkir paranoid ketakutan sama Russia.. terus Iran dan beberapa negara timteng yg mungkin bekerjasama buat gebuk Israel..
    Akhirnya nuklir bakal digunain…
    Mikir cok

  38. Dek lincreeet binti ciriit biriiit, kalo sdh merasa kalah silahkan mandi kembang 7 rupa dng air dr 7 mata air habis itu cium kaki bung tungkir 7x kanan dan kiri ya dek. Lalu cium tangan bung tungkir 7x dek. Biar hilang sialmu, siapa tau bisa nambah pinter mu dek lincreet walupun cuma dikit banget…..xicixicixicixi

    Sono dek mencreet lg ya dek, jng lupa bawa popokmu sambil meweekk…xicixicixicixi

  39. kwkwkw, si Ruskiy letoy baru lawan kloningan lintang aja, udah keblinger mbh, xixixixiixxi

    UDAH 1 MINGGU ABSEN, BARU BUKA LUAR BIASA

    TERIMA KASIH TELAH MENGGUNAKAN AKUN LINTANG UTK MEMBANTAI SI RUSKIY LETOY BESERTA KLONINGANNNYA, TERNYATA YANG MENGGUNAKAN LEBIH BAR BAR, XIXIXIXI

    monggo saya ijinkan kalau ada yg mau pakai akun lintang lagi, dengan syarat

    “MEMBANTAI SI PEMUJA KOMUNIS RUSIA DAN CINA” DENGAN LEBIH BAR BAR LAGI, KWKWKWK

  40. wkwkwkwkwk.
    esmosi kebuka kartu nya.
    cemEn bener mbAh biasa aja ngapa,kayak saya ini anak paud aja biasa aja,malah lah yang senior engak kasih contoh dengan komentar yang arib dan bijak.
    wkakakakakakaka

  41. Bung Tungkir, si lincreet kamu apakan kok sampe geger othak gitu, ngaku akunnya dipake segala. Sdh kubilang lai, jng kau terlalu keras dng anak PAUD ini. Mencreeet nanti dia. Terbuktikan…..xicixicixicixi

  42. Ya itu kamu dek lincreeet binti pohon asem ciriit biriit.
    Ini buktinya

    “TERIMA KASIH TELAH MENGGUNAKAN AKUN LINTANG UTK MEMBANTAI SI RUSKIY LETOY BESERTA KLONINGANNNYA, TERNYATA YANG MENGGUNAKAN LEBIH BAR BAR, XIXIXIXI”

    Sono dek ke jamban lg mencreeet dulu. Ygpenting skrng kaku sdh tau klo menek burutmu itu pohon asem….xicixicixicixi

  43. Gak bakal berani asu tuk lebih provokasi china, ini cuman mencoba trik lama pamer kapal induk dan mudah2an china takut, liat aja hasilnya bukan bikin china takut tp justru bikin china semakin masif bangun pangkalan militer di pulau2 kecil di sekitar lcs, kalau si luntang lantung gk bakal paham hal ini’ asu jg tau resiko kalau lebih memprovokasi china oleh sebab itu asu gk bakal berani lebih memprovokasi china, gk laku trik2 jadul digunakan tuk hadapin china, justru dengan menggunakan trik jadul ini menggabarkan frustasinya asu tuk mencari jalan negoisasi menguntungkan buat asu, china berfikirnya EGP dan terus bangun pangkalan militer dipulau pulau kecil di sekitar lcs, dan semakin banyak pangkalan militer mereka dipulau kecil otomatis hak kelautan china di lcs semakin luas, kalau untuk natuna aku yakin100% laut natuna kita aman, kalau pun ada drama di laut natuna itu hanya orang2 bener2 paham politik tingkat tinggi bener2 bisa mengerti tujuannya apa dr drama laut natuna, semoga trik ini bisa membuat indonesia bisa lebih bebas membeli senjata dr mana pun dan lebih mudah mendapatkan transfer2 teknologi.

  44. Si Tungkir pemuja ketek komunis cina dan Rusia, sana kir ke Wuhan jangan di sini, ixixixixiii

    Cina ganggu Indonesia kok di bela ?, sampeyan komunis kir ?,

    Berani gk Cina nyerang pakai rudalnya kir ?, Padahal udah di panasi dekat wilayahnya loe kir, masak di biarkan lewat begitu saja, kwkwkwkwkwkk

    Cina mah mentalnya ayam Kate kir, gertakan doang, di datengi kapal induk aja gk berani nembak, kwkwkkw

  45. Lha ini bukan berarti ane antek2 china, bicara siapa lebih kejam dalam kurun 50 tahun ini antara asu/nato dan komunisme,,,berapa ratus juta nyawa yg direnggut asu cs dalam kurun waktu 50 tahun ini termaksud sekenario melengserkan sukarno????? Ini fakta bukan teriak2 kemanusian yg gk jelas rupanya dalang pembantaian dalam 50 tahun ini, pelaku rasis terparah,,,,china sebagai adikuasa dikawasan moso mau tutup ada negara lain incar kuras sumber daya alam lcs, bila sudah merasa mampu melawan kenap harus diam???? China akan ganggu mereka yg kerja sama dengan asu dan antek2nya, dalam kacamata hukum internasional aku tidak mendukung apa yg dilakukan china tp sebagai orang asia pasifik saya lebih tidak menyukai ada orang2 asu dan antek2nya menguras sumber daya alam asia pasifik termaksud indonesia, papua bukti realita mereka obok2 agar tidak ada satu pun investor pesaing dr negara lain berani tanam modal di papua, siapa yg berani tanam modal daerah konflik???? Asu cs picik dan rakus,,,ini realita.

Tinggalkan komentar