Selain Jet Tempur, India Butuh Tank T-90 dan Kapal Selam Kilo Rusia

New Delhi, Jakartagreater.com – Ketegangan antara India dan China di timur Ladakh telah mendorong pemerintah India untuk segera mencari pasokan beberapa peralatan perang seperti pesawat tempur, tank dan kapal selam dari Rusia, lansir English Jagran.

Menteri Pertahanan Rajnath Singh, dalam kunjungan tiga hari ke Rusia, akan mencari pasokan suku cadang dan peralatan perang yang mendesak ke India untuk pesawat tempur, tank tempur, dan kapal selam buatan Rusia. Kementerian Pertahanan akan meminta pengiriman peralatan ini melalui rute udara daripada rute laut, mengingat mendesaknya situasi yang terjadi setelah India berhadapan langsung dengan Tiongkok di Ladakh bagian timur.

Baca Juga:

Stok Berlimpah, Sidewinder Tua Bisa Evolusi Jadi Rudal Anti Tank

Rusia Punya Prospek Tawarkan Produksi Su-35 di India

Armada Kapal AS Pamerkan Kekuatan ke Cina

“Selama kunjungan, Menteri Pertahanan akan membahas masalah pasokan peralatan dan suku cadang yang dibutuhkan untuk pesawat tempur asal Rusia termasuk Su-30MKI dan Mig-29K untuk Angkatan Laut India, tank tempur T-90 untuk Angkatan Darat, dan kapal selam Kilo class bersama dengan kapal perang lainnya, ”kata sebuah sumber pemerintah seperti dikutip oleh kantor berita ANI.

Sumber pemerintah mengklaim bahwa peralatan yang sebelumnya siap untuk dikirim ke India melalui rute laut tetapi terjebak di sana selama “beberapa bulan” karena virus COVID-19. Kementerian Pertahanan, mengingat hubungan bersejarah India dengan Rusia, akan berupaya untuk mengirimkannya melalui udara.

Studi terbaru oleh Belfer Center di Harvard Kennedy School of Government di Boston dan Center for a New American Security di Washington, seperti yang dilaporkan oleh CNN menunjukkan bahwa India mempertahankan keunggulan di lingkungan daratan tinggi.

Studi Belfer menunjukkan bahwa India memiliki sekitar 270 pesawat tempur dan 68 pesawat serang darat dan pangkalan udara kecil tidak jauh dari perbatasan India-Cina. Sebaliknya Cina memiliki 157 pesawat tempur dan armada drone serangan darat kecil di wilayah yang lebih dekat ke perbatasannya dengan India.

Baca Juga:

Turki Uji Mesin Rudal Jarak Menengah Buatan Lokal

Hizbullah Ancam Bisa Serang Israel dengan Rudal Presisi

Jepang Deteksi Kapal Selam Diduga Milik China

Angkatan Udara Tentara Pembebasan Rakyat (PLAAF) menggunakan delapan pangkalan di wilayah tersebut, tetapi kebanyakan diantaranya adalah lapangan udara sipil yang bermasalah di ketinggian, menurut studi Belfer.

Jet tempur Mirage 2000 dan Sukhoi Su-30 India, juga memiliki keunggulan kualitatif di wilayah ini, di banding pesawat tempur J-10, J-11, dan Su-27 milik China – di mana Mirage 2000 dan Su-30 India adalah pesawat tempur segala cuaca, sedangkan hanya pesawat tempur J-10 China yang memiliki kemampuan terbang segala cuaca.

Baca Juga:

Jerman akan Upgrade Typhoon dengan Radar AESA Captor-E

India akan Beli MiG-29, Su-30 di Tengah Ketegangan dengan Cina

Iran Luncurkan Rudal Darat ke Laut Terbaru

“Untuk menghadapi kemungkinan serangan Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), India telah menempatkan penekanan lebih besar pada pengerasan infrastruktur, penguatan pangkalan, penambahan komando, sistem kontrol dan sistem komunikasi, dan peningkatan pertahanan udara,” laporan pada September 2019 oleh New American Security di Washington.

Ketegangan terus meningkat antara kedua negara bersenjata nuklir setelah bentrokan terburuk dalam beberapa dasawarsa antara kedua pasukan pada malam 15 Juni di lembah Galwan, menyebabkan 20 tentara India tewas dan 76 lainnya cedera. Sedangkan pihak Tiongkok juga menderita setidaknya 43 korban jiwa, dengan media pemerintahnya sekarang mengkonfirmasikan kematian komandan Tiongkok selama pertempuran itu.

Sharing

16 pemikiran pada “Selain Jet Tempur, India Butuh Tank T-90 dan Kapal Selam Kilo Rusia”

  1. disini bodoh nya(china vs india)lusiah yang seneng,dagangan nya laku,karna kedua negara beli ke lusiah semua.
    jangan jangan lusiah lah biang kerok dibelakang memanas nya perbatasan kedua negara?.
    ah engak mungkin lusia adalah negara baik hati engak seperti amerika(fanboys).
    wkakakakakaaka.
    apa pun semua bisa terjadi dan ada kemungkinanya.
    sedang kita tau india mulai beralih pada produk produk barat.(by analisis kacangan).

  2. Dek lincreet sdh mulai stress ya dek. Keturunan pohon asem memang gampang setress dek. Tp tenang aja dek, nenek buyut sdh menyediakan anti dotnya dek, cukup makan asam dr pohon nenek buyutmu saja hilang setressnya dek. Tp mencreetmu tetap dek. Soalnya itu tabiatmu…xicixicixicixi

  3. wakkakakakakaka
    ini ajian pamungkasnya.
    komen sampah type destroyer.
    wkakkakkakakaka
    ini yang lucu dia yang nyolot dia pulak yang ngomongin orang nyolot.
    dia yang orgil ngomongin orang lain stres.
    wkakakak@kaka
    ini yang dimaksud istilah,”perbedaaan yang tipis antara genius sama orgil”.
    kalou engak genius ya orgil.
    wkakakakakakakaka.

  4. Dek lincreet keturunan pohon asem jng setress dulu dek. Warjag mau buat dek lincreet babak belur dulu. Mereka mau liat dek lincreet binti pohon asem pungsan di jamban utk kesekian kalinya dek…xicixicixicixi

  5. Kok dek lincreet binti pohon asem yg setresss India beli peralatan perang dr Rusia. Bagi India Alutsista dr Rusia memang Strooong Bingiiit dek.
    Silahkan meweek lg dipojokan dek sambil mencreet…xicixicixicixi

  6. tang lintang loo jgn asal tuduh bahwa Rusia penyebab pertikaian mereka,,punya otak di buat mikir bukan untuk di taruh di pantat apa loo lupa bahwa junjungan loo yg bernama Amrik punya hobi bikin onar di muka bumi

  7. kamu salah,kamu yang nuduh dek athin aja kali ya?.
    dia bilang jangan jangan,coba cari dikamus bahasa indonesia apa arti jangan jangan,lagian didalam kurung dijelaskan analisis.
    coba diperhatikan kalimat keseluruhanya.

  8. Bung @Antin Ajha
    Dia punya othak bukan divantat, tp dr lahir sdh ada didengkulnya. Makanya klo dia jongkok baru bisa mikir.
    Lha baru kali ini nemu org yg keturunannya dr pohon asem, sdh gitu ngaku dikloning segala. Padahal dia memang kembar. Kembaran dia ya pohon asem itu
    Dek lincreet itu punya seribu nickname disini dan disebelah bung. Termasuk nickname @Olgil ini, krn dia berpikir org akan mengira dia banyak pendukungnya, padahal cuma dia doank ganti2 nama……sekarsng dia tambah berat Sintingnya….xicixicixicixi

Tinggalkan komentar