Gambar Satelit, Militer Cina Diduga Bangun Bunker di Lembah Galwan

Militer Cina membangun fasilitas militer yang diduga bunker, tenda kamuflase, dan fasilitas militer lainnya di wilayah perbatasan di Lembah Galwan. Lokasi tersebut diketahui berdekatan dengan lokasi bentrokan antara tentara India dan Cina di perbatasan kedua negara di Himalaya barat.

Dugaan tersebut muncul dari gambar-gambar citra satelit yang baru-baru ini dirilis, seperti dilaporkan Reuters, 25 Juni 2020. Gambar-gambar yang dirilis tersebut menunjukkan aktivitas konstruksi seminggu setelah bentrokan berdarah terjadi di dekat kawasan itubunker.

Baca Juga:

Jepang Pertimbangkan Batal Tempatkan Sistem Rudal AS Aegis Ashore

Bumerang Rusia Terbakar saat Parade di Lapangan Merah

AS Khawatir Iran Beli Su-30 Rusia atau J-10 China

Foto-foto tersebut diambil perusahaan teknologi luar angkasa Maxar Technologies, di Amerika Serikat, Senin, 22 Juni 2020. Citra satelit itu memperlihatkan sejumlah bangunan di sisi Sungai Galwan. Pihak India menyatakan daerah tersebut berada di Line of Actual Control (LAC) di sisi India yang masih dalam status quo.

Menurut laporan, aktivitas baru militer Cina itu diduga tenda kamuflase, atau bangunan tertutup yang terdapat di dasar tebing. Lokasi bangunan yang sedang dibangun diduga berupa dinding atau barikade. Terkait munculnya gambar tersebut, Kementerian luar negeri Cina belum berkomentar.

Sementara di sisi wilayah India, dalam gambar tersebut terlihat barikade pertahanan. Gambar tersebut merupakan penampakan terbaru yang sebelumnya tidak terlihat pada Mei 2020. Bahkan, pos depan India diperkecil dibandingkan dengan gambar yang dirilis satu bulan lalu.

Baca Juga:

Armada F-22 Raptor AS Kekurangan Mesin

Yunani dan Israel Kerja Sama Bangun Korvet Themistocles Class

Wow, Dua Carrier Strike Group AS Beroperasi di Laut Filipina

Sebelumnya, Komandan militer kedua negara sepakat untuk meredam ketegangan di beberapa lokasi di sepanjang perbatasan yang disengketakan. Kesepakatan itu dilakukan setelah peristiwa bentrokan 15 Juni 2020 di Lembah Galwan.

Di pihak lain, Kementerian Pertahanan India juga belum berkomentar atas gambar yang dirilis tersebut. Namun sebelumnya, pejabat militer India mengatakan pihaknya akan memonitor proses penarikan pasukan tersebut.

“Jadi jika mereka mengatakan secara lisan bahwa mereka siap untuk mundur, kita akan menunggu untuk melihatnya langsung di lapangan. Sampai saat itu angkatan bersenjata akan bersiaga,” kata mantan kepala militer India Deepak Kapoor.

Baca Juga:

Rusia Segera Pamerkan Tiga Jenis Sistem Pantsyr

Selain Jet Tempur, India Butuh Tank T-90 dan Kapal Selam Kilo Rusia

Pasukan Gunung India Dikerahkan, Kuasai Medan Terjal Bersalju

Sharing

3 pemikiran pada “Gambar Satelit, Militer Cina Diduga Bangun Bunker di Lembah Galwan”

  1. oya dek bagus itu usulan mu, tembak dulu baru rudingan kemudian.
    Hhhhhhhhhhhhh
    ngapa engak fanboy aja yang urus urusan macam gini dijamin cepat kelar nya.
    kalou engak menang ya ancur sekalian, engak pake lama.
    Hhhhhhhhhhhhhh

Tinggalkan komentar