Swedia Terus Asah Jet Tempur Gripen - JakartaGreater

Swedia Terus Asah Jet Tempur Gripen

Jakartagreater.com – Saab telah menandatangani kontrak lain untuk perbaikan, pemeliharaan dan dukungan teknis untuk pesawat tempur JAS39 Gripen milik angkatan udara Swedia. Dengan nilainya sekitar 687 juta Krona Swedia, lansir Defense24.

Baca Juga:

Setelah Kowsar, Iran Siap Bangun Jet Tempur Baru

Sukhoi Su-30 Rusia Cegat Pesawat Pengintai AS

Maroko Segera Terima 24 Helikopter Apache AH-64E

Ditandatangani oleh Saab Group dan Military Equipment Management Board (Försvarets materielverk РFMV) Swedia, perjanjian tersebut merupakan kelanjutan dari kontrak serupa yang ditandatangani pada Mei 2017 untuk penyediaan layanan dukungan dan pemeliharaan untuk pesawat tempur JAS-39 Gripen. Menurut perjanjian baru, bantuan logistik dan teknis akan dilaksanakan dari 1 Juli 2020 hingga 31 Maret 2021.

Kontrak tersebut terutama mencakup penyediaan dokumentasi teknis, peralatan darat, pemeliharaan suku cadang, perbaikan pesawat dan layanan lainnya. Pekerjaan akan dilakukan di pabrik Saab di Linkoping, Arboga, Jarfalla, Gothenburg dan Ostersund.

Saat ini, Angkatan Udara Swedia mengoperasikan 94 pesawat tempur Gripen – 71 versi Gripen C berkursi tunggal dan 23 Gripen D. Pesanan untuk membangun kembali juga sedang dilakukan untuk 60 Gripen E dan F, yang lebih kuat dalam hal jangkauan dan kemampuan angkut persenjataannya. Selain itu dilaporkan juga ada tambahan pesanan untuk modernisasi 10 pesawat tempur Gripen lainnya.

Satu pemikiran pada “Swedia Terus Asah Jet Tempur Gripen”

  1. Tawarannya Swedih bagus sebenernya, cuma ini bukan jenis pesawat yg dibutuhin TNI karena jarak jangkaunya pendek ga sampe serebu kilo, jadi gabisa maen jauh2 dari pangkalan, klo kejauhan nanti bisa pergi gabisa pulang, hahaha… :D

Tinggalkan komentar