Jet Tempur Generasi Baru China Dijadwalkan Terbang Perdana 2021

Jakartagreater.com – Jet tempur generasi baru China dijadwalkan melakukan penerbangan perdananya pada tahun 2021, sebuah laporan industri penerbangan terungkap, Senin. Analis berspekulasi bahwa itu akan menjadi jet tempur berbasis kapal induk baru China, lansir Global Times.

Sebuah tim di China Aero-Polytechnology Establishment di bawah Badan Aviation Industry Corporation of China (AVIC) telah memulai kembali pekerjaannya setelah meredanya epidemi COVID-19, dengan mendukung penerbangan perdana jet tempur generasi baru yang dijadwalkan pada tahun 2021, rilis Chinese Aeronautical Establishmen pada akun WeChat pada hari Senin. – Pernyataan itu telah dihapus oleh penerbitnya pada Selasa malam.

Baca Juga:

Korea Selatan Pesan 20 TA-50 Block 2 untuk Gantikan KF-16

Gunakan Mesin Baru, Kapal Induk Admiral Kuznetsov Diklaim “Bebas Asap”

Duet Rafale dan Su-30 India, Penggentar bagi Ketegangan Perbatasan

Tim ini bertanggung jawab atas proyek teknologi dasar jet tempur baru, dan lembaga-lembaga lain, termasuk AVIC Shenyang Aircraft Design and Research Institute dan Institut Riset No.29 yang berbasis di Chengdu di bawah perusahaan China Electronics Technology Group Corporation (CETC), juga terlibat dalam pengembangannya, menurut pernyataan itu.

Pernyataan itu tidak menguraikan rincian jet tempur baru, tetapi institut Shenyang adalah pengembang J-15, tipe pertama jet tempur berbasis kapal induk China, dan FC-31 tipe kedua China. Pesawat siluman dikabarkan sedang menjalani modifikasi mendalam untuk menjadi jet tempur berbasis kapal induk baru.

Berdasarkan informasi yang tersedia, ada kemungkinan bahwa jet tempur baru yang diperkenalkan dalam pernyataan Pendirian Aeronautika Tiongkok itu memang jet tempur berbasis kapal induk yang dikembangkan dari FC-31, kata Fu Qianshao, pakar pertahanan udara Tiongkok kepada Global Times pada hari Selasa.

Baca Juga:

Pesawat Tempur J-15 Mulai Beroperasi di Kapal Induk Terbaru Tiongkok

Su-57 akan Menjadi Tandem Su-35

Pesawat Tempur Su-57 Second Stage Diuji Tahun 2022

Fu mengatakan, Angkatan Udara Cina pada akhirnya mungkin memerlukan jet tempur siluman berukuran medium untuk menjadi tandem jet tempur siluman J-20 yang berat, Angkatan Laut Cina lebih membutuhkan jet tempur siluman untuk kapal induk China di masa depan, sebagaimana AS yang telah mengembangkan dan mengoperasikan jet tempur siluman F-35B dan F-35C untuk kapal amfibi dan kapal induknya.

Kemungkinan akan memakan waktu lima tahun atau lebih untuk melakukan pengujian setelah penerbangan perdana pada 2021 untuk menempatkan jet tempur baru ke dalam layanan aktif, kata Fu – namun periode waktu ini dapat dipersingkat karena FC-31 sudah menjalani uji terbang sebagai demonstran teknis selama bertahun-tahun.

Menurut sebuah pernyataan yang dikeluarkan oleh institut Shenyang pada bulan Desember 2019, pihaknya telah mulai mengembangkan jet tempur tipe baru bersama-sama dengan AVIC Manufacturing Technology Institute sejak 2018. Laporan yang lebih lama ini tidak merinci tentang spesifikasi pesawat baru.

Cina dilaporkan membangun kapal induk ketiga dan lebih maju di Jiangnan Shipyard Shanghai, yang diharapkan akan diluncurkan dan ditugaskan pada tahun 2020-an. Jet tempur yang lebih maju dapat sangat meningkatkan kemampuan tempur kapal induk, kata para analis. Ada juga yang berspekulasi, bahwa jet tempur baru itu bisa berupa drone atau jet tempur ruang antariksa.

Baca Juga:

Iran Luncurkan Kendaraan Lapis Baja, Drone dan Senapan Mesin

Mampukah Rafale India Mengimbangi J-16 dan J-20 Tiongkok?

Mesir Segera Borong 500 Tank T-90MS Rusia

Sharing

3 pemikiran pada “Jet Tempur Generasi Baru China Dijadwalkan Terbang Perdana 2021”

Tinggalkan komentar