Roket Pinaka dan Rudal Astra, Masuk Daftar Belanja Besar India

Jakartagreater – Selain akan melakukan pembelian 21 jet tempur MiG-29 dan 12 Su-30MKI, India juga akan melakukan pembelian amunisi roket Pinaka, persenjataan untuk kendaraan tempur infanteri BMP-2 “Sarath”, rudal manuver udara baru dan rudal udara-ke-udara jarak menengah Astra, lansir Defense24.

Program-program ini diperkirakan menelan biaya US$ 2,733 miliar dan berkontribusi signifikan pada kekuatan dan jangkauan tembakan semua layanan angkatan bersenjata India.

Misalnya adalah produksi amunisi tambahan untuk sistem artileri Pinaka, yang akan memungkinkan penciptaan pasukan resimen artileri tambahan, dan pengenalan rudal manuver udara baru – untuk meningkatkan jangkauan daya hancur oleh pasukan darat India hingga 1000 km.

Sedangkan rudal udara-ke-udara berpandu radar Astra telah diproduksi sejak 2019, rudal ini diharapkan akan meningkatkan kemampuan angkatan udara India untuk mendapatkan keunggulan di udara. Menurut pemberitaan resmi, rudal dapat mengenai target pada jarak 110 km (setara dengan rudal PL-12 China yang memiliki jangkauan 70-100 km).

Menariknya, persetujuan yang baru saja diterbitkan untuk investasi ini tidak termasuk dana untuk pembelian berbagai jenis persenjataan buatan Rusia yang digunakan di India termasuk, tank T-90.

Namun, ada kemungkinan bahwa ini bukan akhir dari demam belanja yang disebabkan oleh meningkatnya ketegangan di perbatasan dengan China.

Tampaknya pembelian tambahan yang baru diumumkan hanyalah bagian dari program persenjataan besar di India, saat ini antara lain ada tender untuk pesawat tempur medium yang diharapkan akan menghasilkan pembelian 112 pesawat tempur generasi 4+, yang biayanya akan lebih dari US$ 10 miliar. Selain itu 84 pesawat tempur ringan Tejas juga baru-baru ini dipesan senilai lebih dari US$6 miliar. Ada juga pengiriman 36 pesawat tempur Rafale yang dibeli beberapa tahun yang lalu dan kapal induk India berikutnya akan selesai tahun depan.

Pada 2019, India memiliki anggaran pertahanan ketiga di dunia, setelah AS dan RRC, yang diperkirakan mencapai US$71,1 miliar dolar.

Sharing

4 pemikiran pada “Roket Pinaka dan Rudal Astra, Masuk Daftar Belanja Besar India”

Tinggalkan komentar