Rusia Kembangkan Kendaraan Lapis Baja untuk Diangkut Helikopter

Jakartagreater  –  Spesialis Perusahaan Industri Militer Rusia mengembangkan jenis kendaraan lapis baja ringan baru, VPK-Strela, yang dapat diangkut oleh helikopter Mil Mi-8 dengan sling eksternal, ujar CEO Perusahaan Alexander Krasovitsky kepada TASS, hari Senin 13-7-2020.

“Desainer Perusahaan Industri Militer mengembangkan dan menawarkan atas inisiatif mereka sendiri dan dalam waktu sesingkat mungkin konsep pembuatan kendaraan ringan, membantu terciptanya model kendaraan lapis baja eksperimental dari keluarga VPK-Strela,” kata kepala eksekutif.

Kendaraan Strela memiliki berat hanya 4,7 ton, yang memungkinkan dengan cepat mengangkutnya ke daerah lain atau sebagai bagian dari pasukan serangan udara taktis yang diangkut oleh Helikopter transportasi militer seperti Mi-8 pada sling eksternal, katanya.

“Sampai hari ini, Angkatan Darat kita sama sekali tidak memiliki kendaraan lapis baja jenis ini,” kepala eksekutif menekankan. Strela dirancang untuk mengangkut personel dan berbagai kargo, memastikan tingkat perlindungan lapis baja yang diperlukan, kata Krasovitsky.

“Kendaraan itu dapat digunakan sebagai pos komando, alat transportasi dan kendaraan layanan operasional di unit khusus atau sebagai dasar untuk menciptakan keluarga kendaraan dengan memasang persenjataan dan peralatan khusus,” ujar kepala Perusahaan Industri Militer tersebut.

Armor kendaraan memberikan perlindungan balistik tingkat 2 (melindungi terhadap peluru dari 5,45x39mm kartrid senapan serbu AK-74, peluru dari 7,62x39mm senapan mesin ringan AKM dan peluru 7,62 amunisi x54mm yang ditembakkan dari senapan Snipe Dragunov).

Perlindungan anti-ledakan kendaraan melindungi kru di dalamnya saat mengenai ranjau atau bahan peledak dengan kekuatan setara 2 kilogram TNT.

Strela dapat mengembangkan kecepatan hingga 155 km / jam di jalan dan membawa delapan personel. Desain kendaraan didasarkan advanced assemblies dan aksesori canggih yang direncanakan untuk digunakan dalam produksi massal di industri otomotif domestik. Komponen kendaraan 100% diproduksi di wilayah Rusia.

Tinggalkan komentar