Filipina Minta Jaminan Turki Apabila Pilih Helikopter T-129 ATAK

Jakartagreater.com – Filipina dilaporkan ternyata masih tertarik dengan helikopter serang ATAK T129 buatan Turki. “Departemen Pertahanan Nasional akan terus melakukan akuisisi dengan ATAK T129 yang ditawarkan oleh perusahaan dirgantara Turki,” kata Kepala Urusan Publik Departemen Pertahanan Nasional (DND) Arsenio Andolong seperti dikutip oleh Janes dalam laporan 15 Juli, dan dilansir oleh Mintfo.

Filipina meminta garansi penuh dari Turki terkait kepastian pengiriman helikopter serang apabila dipilih oleh militer Filipina.

“Kami akan meminta (Turki) untuk berkomitmen pada jaminan tertentu sebelum melanjutkan dengan akuisisi,” tambah Andolong.

Menurut Janes, penjualan T129 ke Filipina menghadapi penundaan karena pembatasan penjualan mesin helikopter LHTEC CTS800-4A dari Amerika Serikat. “Pembatasan ini terkait dengan keputusan Ankara yang membeli sistem pertahanan udara Triumf S-400 dari Rusia,” lapor Janes.

MaxDefense Philippines mengatakan langkah yang dilakukan Departemen Pertahanan Filipina “meskipun sebelumnya TWG (technical working group) Angkatan Udara Filipina telah memutuskan untuk tidak memilih helikoper T129 ATAK demi satu dari tiga tipe helikopter serang Amerika yang ditawarkan kepada DND dan PAF.”

5 thoughts on “Filipina Minta Jaminan Turki Apabila Pilih Helikopter T-129 ATAK”

  1. Meskipun bukan rahasia lagi kalo lapak sebelah lbh canggih dan sangar, tp bkn asu namanya kalo tdk bisa berkelit, kan presidennya mantan sales jago urusan jualan

  2. ASU DI LAWAN.
    SUATU NEGARA YG TADINYA AMAN DAMAI BEGITU ADA ASU DAN KRONINYA DATANG ,PASTI DI BUAT RUSUH.BIAR NEGARA ITU BELI SENJATA DARI ASU.ITULAH SIFAT ASU YG ASLINYA.

  3. Turki udah bisa bikin mesin heli koq walopun blm sempurna n masih dikembangin. Mungkin sementara bisa ambil dr rusia dulu, asal jgn dari cina, pernah baca soalnya negara aprika yg udah beli heli mereka(kopiannya dauphin) kecewa krn mesinnya underpower.

Leave a Comment