Korea Selatan akan Membeli 20 Jet Siluman F-35B

Jakartagreater.com – Media-media Korea Selatan memberitakan Seoul telah memutuskan akan membeli 20 pesawat tempur siluman F-35B untuk phase 2 Fighter FX III.

Korea Selatan membeli 40 pesawat tempur F-35A dalam phase FX III. Rencana awalnya adalah membeli 20 F-35A lagi sehingga Angkatan Udara dapat mengganti pesawat tempur F-4 dan F-5 yang sudah menua dengan 60 unit F-35A. Rencana ini sekarang terganggu karena varian F-35B baru dijadwalkan untuk beroperasi dari sebuah kapal induk baru yang akan disiapkan oleh Seoul untuk dioperasikan pada dekade berikutnya, lansir Defense24.

Tahun lalu, dilaporkan Korea Selatan sedang mempelajari dua desain kapal induk, satu adalah desain dengan bobot 70.000 ton yang dapat membawa 32 pesawat tempur bersama dengan 8 helikopter sedangkan desain kedua adalah 40.000 ton dengan kemampuan angkut 12 pesawat tempur dan 8 helikopter. Namun, kedua desain ini menggunakan desain Catapult Assisted Take-Off Barrier Arrested Recovery (CATOBAR).

Langkah untuk membeli F-35B memperlihatkan bahwa Korea Selatan condong ke arah konfigurasi jet tempur Short Take-Off and Vertical Landing (STOVL) yang juga digunakan oleh Inggris, Italia dan Spanyol untuk kapal induknya.

Sharing

3 pemikiran pada “Korea Selatan akan Membeli 20 Jet Siluman F-35B”

  1. Kalau kita percaya tidak percaya tak akan ada yang akan dibeli, percaya deh, sampai anggaran dephankam ludes karena digunakan buat biayai pandemi covid, tak akan ada yg akan dibeli, kalaupun ada yang dibeli senjata utama nya FFBNW itu keistimewaan beli dari barat, senjata dan amunisi wajib beli sendiri2, rembug sendiri2 dan kontrak sendiri2, kalau beli dari Rusia tidak istimewa karena sepaket full senjata dan amunisi sehingga barang datang siap perang

Tinggalkan komentar