India Terima 5 dari 36 Pesanan Jet Tempur Rafale

Jakartagreater – 46 bulan setelah kontrak € 7,87 miliar ditandatangani,5 Jet tempur Rafale pertama dari 36 yang dipesan mendarat di pangkalan udara Ambala India pada Rabu sore, 29 Juli 2020. Kru disambut oleh Kepala Angkatan Udara India (IAF) Marshal (ACM) Kepala Udara Marshal (ACM) R.K.S. Bhadauria, dirilis thehindu.com.

Ini adalah pesawat tempur impor pertama yang dilantik ke dalam Layanan sejak Sukhoi-30 dari Rusia pada akhir 90-an.

Upacara induksi resmi pesawat Rafale di 17 Skuadron dijadwalkan akan diadakan pada paruh kedua Agustus, IAF mengatakan dalam sebuah pernyataan.

“Pendaratan pesawat tempur Rafale di India menandai dimulainya era baru dalam Sejarah Militer kita. Pesawat multirole ini akan merevolusi kemampuan IAF, ujar ”Menteri Pertahanan India Rajnath Singh mengatakan dalam serangkaian tweet.

Jet Tempur Rafale. (@
@DefenceMinIndia)

Rajnath Singh mengatakan bahwa pesawat rafale memiliki kinerja terbang yang sangat baik, termasuk senjatanya, radar dan sensor lainnya seerta kemampuan Electronic Warfare yang terbaik di dunia. “Kedatangannya di India akan membuat IAF jauh lebih kuat untuk mencegah segala ancaman yang mungkin ditimbulkan terhadap negara kita,” katanya.

Ketika Jet-Jet itu memasuki Wilayah Samudera Hindia, kapal perusak siluman INS Kolkata, yang dikerahkan di Laut Arab Barat, menjalin kontak dan berharap mereka selamat mendarat. Kemudian, Rafales dikawal oleh dua pesawat Su-30MKI ketika mereka memasuki wilayah udara India dan ketika Jet mendarat di Ambala, mereka diberi penghormatan meriam air.

Lima Jet tempur Rafale ini berupa tiga pesawat kursi tunggal dan dua pesawat dua tempat duduk (twin sat), diterbangkan dari Perancis oleh pilot IAF yang dipimpin oleh Komandan Kepala Skuadron Grup 17 Panah Emas, Harkirat Singh.

Pesawat itu menempuh jarak hampir 8.500 km dari Prancis ke India, kata IAF. Tahap pertama penerbangan menempuh jarak 5.800 km dalam tujuh setengah jam dari Prancis ke Uni Emirat Arab (UEA) dengan dukungan pengisian bahan bakar di udara oleh pesawat tanker Angkatan Udara Prancis.

“Tahap kedua dari penerbangan yang mencakup lebih dari 2.700 km dilakukan dengan pengisian bahan bakar udara-ke-udara oleh pesawat tanker IAF,” kata IAF.

Sharing

Satu pemikiran pada “India Terima 5 dari 36 Pesanan Jet Tempur Rafale”

Tinggalkan komentar