TNI AL Luncurkan Dua Kapal Perang Baru

Jakartagreater – TNI AL meluncurkan 2 kapal perang baru jenis Patroli Cepat (PC-40 M), KRI Posepa-870 dan KRI Escolar-871 yang diresmikan Kasal Laksamana TNI Yudo Margono,  27-7-2020,  di Halte Slipway PT Caputra Mitra Sejati, Banten, dirilis Situs TNI AL.

Kapal PC 40 M ini, memiliki spesifikasi :

  1. Panjang 45,5 meter, lebar 7,9 meter dan bobot 220 ton.
  2. Kapal mampu melaju dengan kecepatan maksimal 24 knot,.
  3. Kecepatan jelajah 17 knot dan kecepatan ekonomis 15 knot.
  4. Memiliki ketahanan (endurance) dalam berlayar selama enam hari.
  5. Kapal perang dilengkapi  2 unit radar dan senjata meriam 30 mm serta diawaki 35 Anak Buah Kapal (ABK).

Dalam acara shipnaming dan launching, Kasal mengatakan sebagai negara maritim yang memiliki konstelasi perairan yang cukup luas, TNI AL bertanggung jawab terhadap kedaulatan dan stabilitas keamanan maritim di seluruh wilayah yurisdiksi Indonesia. Sebagai konsekuensinya kebutuhan kapal patroli merupakan suatu keharusan bagi negara kepulauan.

“Pembangunan kapal patroli 40 M ini, merupakan bagian integral dari pembanguan kekuatan TNI AL dan wujud dari kemandirian industri pertahanan. Pemenuhan kebutuhan Alutsista TNI AL juga turut memberikan kontribusi bagi peningkatan perekonomian bangsa dan kesejahteraan rakyat Indonesia”, ujar Kasal.

Kasal juga menambahkan bahwa peluncuran KRI Posepa-870 dan KRI Escolar-871 ini, akan memasuki tahap pengabdiannya sebagai bagian dari unsur patroli di bawah Kotama Operasi karena kedua unsur ini memiliki performa yang jauh lebih baik.

“Saya berharap seluruh pihak mampu menciptakan inovasi baru dan kita tunjukkan bahwa kita dapat mengejar ketertinggalan yang sudah terjadi selama ini. Bangsa Indonesia harus menjadi bangsa yang kompetitif dan mampu bersaing di tataran Internasional termasuk dalam industri perkapalan”, tambah Kasal Laksamana TNI Yudo Margono.

Alutsista ini merupakan kapal perang karya anak bangsa yang diproduksi PT Caputra Mitra Sejati Banten. KRI Posepa-870 rencananya akan memperkuat Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) V Surabaya, sedangkan KRI Escolar-871 akan memperkuat Lantamal VII Kupang.

348 Shares

6 pemikiran pada “TNI AL Luncurkan Dua Kapal Perang Baru”

  1. Tambah tetral mistral atau spike di atasnya jendral dan tambah pasang beberapa peluncur roket FFAR eks pesawat2 tempur Hawk, F5E Tiger, atau Bronco, …supaya sedikit bertajilah jangan terlalu polosan walau kapal patroli, kasihan prajurit laut yang awaki, supaya pede. Jaman sekarang nelayan2 pencuri ikan dari negara lain kapalnya berani lawan kapal patroli kita.

    • …ini kapal patroli pantai jarak dekat sekitar pangkalan angkatan laut ..
      Wajar kalau fungsi nya seperti kapal ronda pantai ..
      Tapi … apa Mungkin kalau keadaan darurat ..mau perang besar … kapal ini bisa di rubah jadi kapal cepat missile KCR sungguhan?
      Apa konversi nya bisa cepat?

  2. kapalnya koq loyo yaaahh, panjang cuma 40m seenggaknya kasih mesin yg galak-kan dikit kek, yg bisa diajak lari sampe 30-an knot, kan enak klo dipake nguber kapal2 maling. Klo kapal maling nya bisa lari lebih kenceng kan malu cm bisa dadah doank =D

  3. Ini hanya kapal patroli yang tugas utamanya cuma jaga pangkalan tidak berlayar jauh2 jadi cukup 40 m an saja dan negara2 lain pun lakukan hal yg sama, mungkin kalau pergoki kapal selam musuh turunkan marinir perintis yg tugasnya lakukan sabotase pangkalan atau kirim data observasi, kapal patroli bisa kontak markas dengan cepat, tapi memang harapan kita kapal patroli TNI AL kita tetap mampu lakukan serangan mematikan sembari tunggu bantuan datang, dan juga lakukan perlawanan jika musuh kirim bantuan pakai pesawat tempur atau drone bersenjata berat

  4. Buat sekalian melindungi pelabuhan dan markas. Baiknya di pasang juga senjata CIWS. Lebih pede juga.
    atau PT. Len sama PT. Pindad kerja sama bikin CIWS buatan dalam negeri. Bisa lah Indonesia bikin CIWS sendiri. Saya yakin itu.

Tinggalkan komentar