Pesawat Inggris Kuntit Kapal Selam Nuklir Oscar II Rusia

Jakartagreater.com – Kapal selam rudal jelajah bertenaga nuklir Orel terlihat berlayar pulang ke Semenanjung Kola setelah berpartisipasi dalam Parade Angkatan Laut Utama di St. Petersburg pada akhir Juli, lansir TheBarentsObserver.

Kapal selam sepanjang 155 meter itu melintasi Skagerrak pada hari Sabtu setelah berlayar melalui perairan Denmark, melewati di bawah Jembatan Storebelt.

Orel (K-266) kemungkinan akan membutuhkan waktu empat atau lima hari dalam perjalanan ke utara ke pangkalannya di Zapadnaya Litsa di pantai Laut Rusia Barents di barat laut Murmansk.

Kapal selam berusia 28 tahun, yang merupakan salah satu dari tiga kapal selam Oscar-II class yang tersisa dengan Armada Utara, sedang berlayar di permukaan dan diikuti oleh setidaknya satu kapal perang Armada Utara lainnya.

Tidak jelas mengapa Orel ada di permukaan, tetapi kapal selam itu sebelumnya saat melakukan perjalanan transit serupa antara St. Petersburg dan pangkalan Armada Utara juga berlayar tanpa menyelam. Salah satu alasannya mungkin kapal yang sedang transit memiliki kru yang lebih kecil daripada saat dalam misi patroli.

Ini adalah kedua kalinya kapal selam Orel berpartisipasi dalam Pawai Angkatan Laut Utama di St. Petersburg. Terakhir kali adalah pada tahun 2018. Tahun lalu, kapal selam Oscar-II class Armada Utara Smolensk ambil bagian, sedangkan pada tahun 2017, kapal selam Typhoon raksasa Dmitry Donskoy berlayar ke Skagerrak dan Laut Baltik.

Pada akhir Maret, kru di Orel harus dikarantina setelah seorang warga sipil, yang telah bertemu dengan seorang pria yang terinfeksi COVID-19 memulai perjalanan.

Minggu depan menandai peringatan 20 tahun bencana Kursk. Kapal selam Oscar-II class Kursk tenggelam di Laut Barents pada 12 Agustus 2000 setelah sebuah torpedo meledak saat latihan. Ledakan itu memicu ledakan torpedo lainnya di atas kapal selam dan seluruh bagian depan kapal selam itu meledak. Seluruh 118 awak tewas dalam kecelakaan itu.

Sharing

Satu pemikiran pada “Pesawat Inggris Kuntit Kapal Selam Nuklir Oscar II Rusia”

Tinggalkan komentar