Korvet BNS Shongram Bangladesh Memulai Tugas Internasional

Jakartagreater – Korvet siluman berpeluru kendali peperangan permukaan, BNS Shongram, Type 056 milik Angkatan Laut Bangladesh, melakukan kunjungan bersahabatan ke Pelabuhan Mormugao, Goa, India, 17-08-2020.

Kapal beserta awaknya diterima oleh petugas dari Markas Goa Naval Area & Penasihat Pertahanan Bangladesh di India, dirilis juru bicara Angkatan Laut India. Korvet BNS Shongram sedang dalam perjalanan untuk berpartisipasi sebagai anggota United Nations Interim Force di Lebanon.

Korvet BNS Shongram atau Sangram dibangun di Galangan Kapal Wuchang Cina dan merupakan korvet ketiga di kelas Angkatan Laut Bangladesh. Kapal ini dibangun di Galangan Kapal Wuchang pada 9 Agustus 2016, diluncurkan pada 12 Februari 2018 dan diserahkan ke Angkatan Laut Bangladesh pada 28 Maret 2019

Perdana Menteri Sheikh Hasina mengatakan keberadaan korvet modern ini untuk memperkuat Angkatan Laut Bangladesh dengan pengetahuan berbasis teknologi modern untuk melindungi wilayah laut negara yang luas dan sumber dayanya.

BNS Shongram memiliki panjang 90 meter, lebar 11 meter dan draft 4,4 meter. Dengan bobot 1.300 ton, ia memiliki 78 personel termasuk 60 pelaut dan 18 perwira.

Korvet ini didorong oleh 2 mesin diesel SEMT Pielstick 12PA6 dengan rotor ekor yang dapat disesuaikan jarak yang dapat memberikan tenaga yang cukup untuk kecepatan tertinggi lebih dari 25 knot (46 km / jam; 29 mph).

Korvet BNS Shongram Bangladesh mampir ke Goa, India. (@ @indiannavy)

Dibandingkan dengan kapal lambung bundar tradisional, kapal ini dirancang dengan tipe V, memiliki garis tekuk miring di bagian bawah sehingga dapat berlayar dengan kecepatan tinggi dalam keadaan laut yang ganas.

Namun, kapal tersebut tidak membawa jenis sonar apa pun sehingga kemampuan perang anti-kapal selamnya terbatas. Akibatnya, dia akan bertindak terutama sebagai korvet perang permukaan. BNS Shongram memiliki dek helikopter di belakang yang dapat mendukung helikopter berukuran sedang, tetapi dia tidak memiliki hanggar.

Korvet BNS Shongram Bangladesh. (@ Bangladesh Navy)

Korvet BNS Shongram membawa satu meriam utama 76 mm H / PJ-26 yang ditempatkan di depan. Dua rudal anti-kapal C-802A 2-sel dipasang di kapal untuk operasi anti permukaan. Dua menara meriam yang dikendalikan dari jarak jauh H / PJ-17 30 mm di bagian tengah kapal berfungsi sebagai senjata-CIWS untuk kapal.

Untuk pertahanan udara, ia membawa peluncur FL-3000N delapan sel, yang setara dengan RAM di Cina. Kapal juga membawa dua peluncur roket 6-sel Type-87 240mm ASW.

Sharing

3 pemikiran pada “Korvet BNS Shongram Bangladesh Memulai Tugas Internasional”

  1. Kapal perang trimaran aluminium HSV-2 Swift milik saudi pernah ditembak dengan telak oleh rudal C-802 kelompok Houthi akibatnya bukan main, kapal cuma terbakar saja dan bahkan tidak tenggelam sama sekali, apakah konstruksi trimaran yang sangat hebat hingga sulit tenggelam atau karena rudalnya bagaimana, tak ada yang tahu

Tinggalkan komentar