Korea Selatan Pamerkan Desain Kapal Induk Ringan

Jakartagreater,com – Korea Selatan memamerkan desain kapal induk ringan masa depan yang akan dikembangkan di dalam negeri. Desain kapal induk kali ini ditampilkan dengan fitur yang lebih jelas.

Bentuk keseluruhannya mirip dengan kapal induk ringan America class milik AS, terutama pada dek penerbangan untuk helikopter lepas landas dan mendarat. Namun dek pendaratan lebih panjang dengan dua corong asap dan dua menara segi delapan yang mirip dengan kapal pendarat amfibi San Antonio class. Dua panel radar array terlihat di menara depan.

Lift pesawat di sisi kiri berada di tempat yang sama dengan America class tetapi lift sisi kanan terlihat lebih dekat dengan anjungan kapal.

Terlihat jejeran 10 pesawat siluman F-35 dapat dilihat di dek penerbangan dan helikopter KUH-1 juga digambarkan pada desain tersebut, lansir Alert5.

Pada senjata pertahanan jarak dekat terlihat dua stasiun senjata CIWS berada di sisi kanan depan dan sisi kiri belakang kapal.

Pada bulan Oktober 2019, Angkatan Laut Korea Selatan menerbitkan proposal pengembangan dua seri kapal induk berukuran ringan dan medium kepada Majelis National.

Proposal pengembangan kapal induk dengan berat 40.000 ton dan 70.000 ton ini diajukan oleh Korea Selatan untuk dapat mengimbangi perkembangan kekuatan militer di kawasan Asia Timur Laut yang terus berubah.