Rusia Kerahkan 3 MiG-31 Cegat Drone RQ-4A Global Hawk

Jakartagreater.com – Militer Rusia pada hari Selasa meluncurkan tiga pesawat tempur MiG-31 untuk “mencegat” satu drone RQ-4A Global Hawk milik Amerika Serikat di langit di atas Laut Chukchi saat mendekati perbatasan Rusia, lansir Defenseworld.

Setelah intersep, drone strategis Amerika Global Hawk terbang menjauh dari perbatasan, lapor National Defense Control Center Rusia dalam pesan yang dikirim ke media lokal.

“Setelah RQ-4B Global Hawk berbelok dari perbatasan negara bagian Federasi Rusia, pesawat tempur Rusia kembali dengan selamat ke pangkalannya,” kata militer Rusia.

“Semua penerbangan pesawat MiG-31 Rusia berlangsung secara ketat sesuai dengan aturan internasional. UAV RQ-4B Global Hawk Angkatan Udara AS tidak diizinkan untuk melanggar perbatasan negara bagian Federasi Rusia,” bunyi pernyataan National Defense Control Center.

Drone RQ-4A Global Hawk dirancang untuk melakukan pengintaian udara strategis jauh ke dalam wilayah musuh untuk waktu yang lama. Saat terbang di ketinggian, drone dapat mensurvei area yang luas, melakukan pengintaian target titik dengan resolusi tinggi, dan mengirimkan informasi pengintaian ke komando secara real time. Global Hawk yang memiliki berat lepas landas 15 ton dan lebar sayap sekitar 40 m, bisa berpatroli selama 30 jam di ketinggian 18 ribu meter.

Sedangkan jet tempur yang dikerahkan Rusia adalah MiG-31 pencegat tempur supersonik yang dirancang untuk berpatroli jarak jauh dan memerangi pesawat pengintai ketinggian dan pembom strategis. Pesawat ini mampu melacak hingga 10 target dan menyerang 6 target udara secara bersamaan. Pesawat era Soviet ini telah dimodernisasi oleh Rusia dan kini mengusung sistem rudal hipersonik ‘Dagger’.

Selama tiga minggu terakhir, militer Rusia telah melaporkan “penyadapan” yang dilakukan pesawat pengintai AS di Laut Hitam. Penyadapan terjadi pada 10, 9, 7 dan 5 Agustus, serta pada tanggal 23, 24, 27, 31 Juli. Pada 7 Agustus, militer Rusia melaporkan tiga pesawat tempur Su-35 terbang untuk “mencegat” pembom strategis B-1B AS di atas Laut Okhotsk.

Sharing

Satu pemikiran pada “Rusia Kerahkan 3 MiG-31 Cegat Drone RQ-4A Global Hawk”

Tinggalkan komentar