Jet Latih L-39 Albatros Rusia Jatuh, Dua Pilotnya Selamat

Jakartagreater.com – Sebuah pesawat latih L-39 Albatros milik Angkatan Udara Rusia alami kecelakaan di Krasnodar Krai di barat daya Rusia dekat perbatasan dengan Ukraina. Jet jatuh selama penerbangan pelatihan. Ini adalah kedua kalinya di tahun 2020 jet latih milik sekolah pelatihan pilot militer Krasnodar alami insiden, lansir Defense24.

Kecelakaan terjadi pada 13 Agustus 2020 malam. Menurut Kementerian Pertahanan Rusia, jet latih jatuh selama penerbangan pelatihan rutin. Kedua pilot eject keluar dan tidak mengalami luka berarti. Albatros jatuh di daerah tak berpenghuni di Krasnodar Krai, jauh dari pemukiman manusia. Tim dari komisi keselamatan penerbangan Kementerian Pertahanan Rusia telah tiba di lokasi kecelakaan.

Detail kejadiannya belum diketahui, tapi untungnya kali ini tidak ada korban jiwa. Sebelumnya pada 25 Maret tahun ini dalam kecelakaan serupa, seorang kadet Sekolah Perintis Militer Tinggi Krasnodar, yang melakukan penerbangan independen, tewas.

Menariknya, meskipun secara resmi penyebab kecelakaan itu dikarenakan pesawat mengalami kegagalan, tidak ada larangan penerbangan ataupun grounded pada Albatros yang dioperasikan oleh Angkatan Udara dan Aerospace Rusia.

Aero L-39 Albatros adalah pesawat pelatihan dan tempur Cekoslowakia, yang merupakan jet latih dasar dalam pelatihan pilot di sebagian besar negara bekas Uni Soviet. Jet mulai digunakan pada tahun 1971. Saat ini, pesawat-pesawat Albatros Rusia secara berangsur-angsur mulai diganti dengan pesawat latih yang jauh lebih modern yakni Yak-130, yang desainnya mirip dengan Alenia Aermacchi M-346 Master-Italia, yang juga digunakan oleh Angkatan Udara Polandia. Sekitar 150 L-39 Albatros masih dioperasikan oleh angkatan udara Rusia.

Sharing

Satu pemikiran pada “Jet Latih L-39 Albatros Rusia Jatuh, Dua Pilotnya Selamat”

Tinggalkan komentar