US Navy Terbangkan F-5 dengan Warna Kamuflase ‘Harimau Siberia’

Jakartagreater.com – Pada 20 Juli 2020, Angkatan Udara AS untuk pertama kalinya menerbangkan satu pesawat tempur F-5F kursi ganda dalam skema kamuflase abu-abu tiga warna yang benar-benar baru, lansir TheAviationist.

Pengerjaan warna cat baru, yang dijuluki “Harimau Siberia” terinspirasi dari skema warna antartika yang diterapkan pada jet tempur Sukhoi Su-27SKM Rusia dengan nomor “Blue 305” yang ikut ambil bagian di acara Paris and MAKS airshows pada tahun 2005.

Pewarnaan itu hanya diterapkan pada prototipe versi ekspor dari pesawat tempur multiperan kursi tunggal Su-27SM dan tidak digunakan secara operasional baik oleh Rusia ataupun Angkatan Udara Indonesia (yang membeli Sukhoi Su-27SK, Su-30MK, Su-30MK2 tetapi memberinya skema warna yang sedikit berbeda).

F-5F melakukan penerbangan perdananya dengan kamuflase baru yang terinspirasi Su-27 Flanker di Bandara Regional Florida Timur Laut, sebelumnya Bandara St. Augustine, utara St. Augustine, Florida, bandara tempat Northrop Grumman melakukan pemeliharaan tingkat depot untuk Angkatan Laut.

Angkatan Laut AS terus mengoperasikan armada jet tempur F-5E / F modern yang dibeli dari Swiss pada tahun 2006. 36 jet tempur dengan jam terbang rendah ini diperbarui sebagai F-5N / F dengan avionik modern dan sistem yang ditingkatkan lainnya untuk mendukung misi pelatihan musuh dengan Angkatan Laut AS dan Korps Marinir AS sebagai bagian dari VFC-13 di NAS Fallon, Nevada; VFC-111 di NAS Key West, Florida, dan VMFT-401 di MCAS Yuma, Arizona. Keduanya adalah pesawat terbang yang dicat dalam berbagai skema warna-warni kamuflase biru, abu-abu, dan coklat yang biasa diterapkan pada jet tempur musuh.

Hanya tiga jet F-5F Angkatan Laut yang disebut “Frankenstein Tiger” karena terbuat dari kokpit F-5F tua dan badan pesawat berasal dari F-5E bekas Angkatan Udara Swiss yang rendah jam terbang.

Sharing

Satu pemikiran pada “US Navy Terbangkan F-5 dengan Warna Kamuflase ‘Harimau Siberia’”

Tinggalkan komentar