China Kembangkan Amunisi Lumpuhkan Lapangan Terbang dengan Satu Tembakan

Jakartagreater.com – China telah mengungkapkan senjata dispenser amunisi, yang kemungkinan akan melengkapi jet tempur J-16, pembom tempur JH-7 dan pembom H-6, yang dapat melepaskan ratusan amunisi kecil yang mampu menyebabkan kehancuran pada fasilitas yang luas seperti lapangan udara, lansir Defenseworld.

“Dispenser amunisi seperti ini dapat melumpuhkan lapangan terbang untuk waktu yang lama hanya dengan satu tembakan, karena banyaknya peledak berarti seluruh landasan pacu akan hancur. Ada kemungkinan juga bahwa beberapa submunisi adalah ranjau, yang akan membuat upaya untuk memperbaiki landasan pacu sangat berisiko, ”kata seorang ahli militer China seperti dikutip oleh Global Times pada hari Minggu.

Ini akan memberikan peluang pertempuran yang penting, karena musuh tidak akan dapat melakukan serangan mendadak menggunakan persawat tempur, dan pengguna dispenser dapat merebut keunggulan udara dan mendapatkan keuntungan taktis dan bahkan strategis, kata ahli tersebut.

Senjata hibrida itu, yang berada ditengah segmen rudal udara-ke-darat dan bom berpemandu, beratnya mencapai 500kg. Ini telah diklasifikasikan sebagai bom dispenser luncur yang berpandu. Meskipun terlihat seperti rudal, namun memiliki penampang berbentuk persegi untuk menampung lebih banyak amunisi peledak. Desain ini juga dapat mengurangi jejak radar yang meningkatkan kemampuan silumannya. Saat dijatuhkan, dispenser dapat membuka sayapnya, memberikan gaya angkat ekstra dan kemampuan kontrol, dengan jangkauan lebih dari 60 km, lapor China Central Television (CCTV) pada hari Sabtu.

“Setiap dispenser dapat membawa 240 submunisi yang bisa di isi dengan enam jenis amunisi yang berbeda, yang bila dilepas akan menghancurkan area seluas lebih dari 6.000 meter persegi,” kata seorang pejabat senior NORINCO seperti dikutip oleh laporan tersebut.

Saat menyerang kelompok armada tank dan kendaraan lapis baja, dispenser dapat menggunakan submunisi anti-tank yang dapat menembus lapis baja tank, atau dapat dilengkapi submunisi peledak untuk menyerang fasilitas yang luas.

Sharing

4 pemikiran pada “China Kembangkan Amunisi Lumpuhkan Lapangan Terbang dengan Satu Tembakan”

  1. Judulnya bom cluster, pecah diketinggian lalu berhamburan bom2 kecil menyebar pada luasan tertentu jatuh ditanah menghancurkan apapun tanpa kecuali, banyak negara dah ratifikasi utk tidak gunakan model bom spt ini lagi karena berpotensi sebagai senjata pemusnah masal, tapi kalau cina sih dari dulu terkenal suka-suka mereka peduli amat orang negara lain

    • Kalo gw jadi cina sama rusia ya begitu juga. Buat apa peduli sama orang lain. Emang orang lain peduli ama kita? Yang ada pada rame2 mau jatuhin kita kok. Intinya tunjukkan kekuatan kita pada dunia. Semakin militer anda kuat semakin aman negara anda.

Tinggalkan komentar