HMAS Canberra Australia Resmi Beroperasi

PM Tonny Abbott meresmikan HMAS Canberra LHD (photo: abc.net.au).

Kapal terbesar yang pernah dibangun untuk Angkatan Laut Australia, HMAS Canberra resmi beroperasi. Peluncuran pertama HMAS Canberra dilakukan di Sydney oleh Gubernur Jenderal Sir Peter Cosgrove dan Perdana Menteri Tony Abbott sekaligus menandai bergabungnya HMAS Canberra ke Angkatan Laut Australia.

Kapal ini dikomandani oleh Jonathan Sadleir. Gubernur-Jenderal Peter Cosgrove mengatakan peluncuran ini menandai tonggak sejarah dalam pasukan pertahanan Australia. “Dari tanggal commissioning, sebuah kapal perang diakui secara hukum domestik dan internasional sebagai wakil berdaulat sebuah negara”, kata Sir Peter.

“Mulai hari ini, dia bisa mengarungi dunia dan HMAS Canberra beserta semua awaknya adalah bagian dari bangsa kita”. “Untuk kru, ketika Anda berlayar, Anda akan melakukannya dengan kekaguman dan rasa hormat terhadap bangsa kita.

“Sekarang Anda punya kesempatan untuk bangga menulis catatan di bab baru tradisi terbaik Angkatan Laut Australia dan Pasukan Pertahanan Australia yang lebih luas.”

Gubernur Jenderal Sir Peter Cosgrove dalam sambutan peluncuran HMAS Canberra (abc.net.au)

HMAS Canberra juga dikenal sebagai Landing Helicopter Dock atau LHD, kapal yang dapat mendaratkqn 2.000 personel bersenjata dengan helikopter dan kendaraan air, lengkap dengan kendaraan, perlengkapan dan amunisi.

Kapal ini dirancang untuk menangani situasi pertempuran dan keadaan darurat kemanusiaan dengan kemampuan memiliki satu dek penerbangan dan delapan lantai penyimpanan kendaraan tempur dan logistik.

Abbott mengatakan HMAS Canberra adalah bagian penting dari strategi pertahanan Australia untuk regional, dan juga akan digunakan untuk misi darurat kemanusiaan.

“Ini adalah hari yang membanggakan bagi Angkatan Laut dan hari yang membanggakan bagi negara kita dan saya sangat senang berada di kapal besar ini,” kata Abbott.

“Australia selalu berusaha untuk mencari teman daripada musuh, Anda tidak pernah tahu apa yang di atas cakrawala.

“Dunia tetap tempat yang sulit dan berbahaya. Angkatan bersenjata kita pantas memiliki peralatan terbaik dan teman-teman dan tetangga kita harus tahu mereka memiliki sekutu yang kuat.

“HMAS Canberra adalah kapal perang terbesar yang pernah kami buat dan salah satu kapal serbu amfibi paling mampu dan canggih di dunia.

“Ini juga akan dikerahkan untuk bantuan kemanusiaan jika terjadi bencana di wilayah tersebut.”

HMAS Canberra

Dengan panjang 230 meter lambung kapal dibangun di Spanyol pada tahun 2008 sebelum dibawa ke Williamstown, Victoria, untuk fit-out. Bagian kapal (modul) tersebut dipasang di bagian lain yang dibuat oleh Australia dan dikirim ke Williamstown untuk instalasi.

HMAS Canberra adalah salah satu dari dua LHDs Canberra Class dengan kapal lainnya bernama HMAS Adelaide yang masih dalam pembangunan. HMAS Adelaide, diharapkan siap beroperasi pada 2016.

HMAS Canberra LHD dirancang untuk dapat bermanuver di perairan dangkal. Kapal ini memiliki jalan besar / pintu di buritan yang memungkinkan akses untuk empat kendaraan pendarat amfibi LCM-1E yang biasanya dibawa.

Sebuah dek pendaratan dengan panjang 202 meter dapat mendukung hingga empat helikopter CH-47 Chinook dalam melakukan lepas landas atau mendarat pada waktu yang sama.

Output listrik HMAS Canberra setara dengan 60 mobil Balap Formula Satu.

Operations Officer Kapal Amfibi ini, Mayor Matthew Singers, mengatakan HMAS Canberra mewakili “salah satu kemampuan terbesar yang ada di belahan bumi selatan”.

Meskipun ukurannya lebih besar namun kapal ini hanya dilayani oleh 400 awak kapal, dibandingkan dengan pendahulunya yang membutuhkan 1.000 awak kapal. Pembangunan dua kapal ini menelan biaya lebih dari $ 2 miliar.

HMAS Canberra akan tinggal di pelabuhan Sydney sampai menerima tugas pertamanya.

Disain HMAS Adelaide Class Australia

HMAS Canberra Statistik Key

Kru: 49 perwira, 294 pelaut, 50 tentara
Pangkalannya: Sydney
Diluncurkan: 17 Februari 2011
Ditugaskan: November 28, 2014
Beban: 27.500 ton
Panjang: 230
Draught: 7.08m
Maksimum Kecepatan: 20 + knot
Rentang Maksimum: 6.000 mil laut
Komandan: Kapten Jonathan D Sadleir

(http://www.abc.net.au).

Leave a Comment