Destroyer Tipe 055 Final Cina Bersiap untuk Diluncurkan

Jakartagreater.com  –  Laporan baru dari platform media sosial China Weibo dan WeChat mengungkapkan bahwa kapal destroyer Type 055 kedelapan dan terakhir Beijing tampaknya siap untuk diluncurkan segera, karena kapal perusak berpeluru kendali siluman itu terlihat menerima pekerjaan cat baru di galangan kapal Dalian, dirilis Sputniknews.com, pada 22-8-2020.

Kapal perusak Tipe 055 kedelapan dan terakhir di kelompok pertama Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (PLAN) baru-baru ini terlihat sedang dicat di sebuah galangan kapal di Dalian, menunjukkan kepada banyak pengguna media sosial Tiongkok bahwa kapal canggih berbobot 12.000 ton itu akan segera untuk diluncurkan.

Mengutip pakar Angkatan Laut, South China Morning Post (SCMP) mencatat bahwa diperlukan waktu hingga 3 tahun bagi pembangunan 8 kapal perusak untuk masuk ke layanan. Selain itu, jadwal yang realistis bagi seluruh kapal untuk siap tempur membutuhkan waktu 5 tahun, menurut para ahli.

Lu Li Shih, mantan instruktur di Akademi Angkatan Laut Taiwan di Kaohsiung, menjelaskan pengadaan kapal perang perlu mengatasi masalah gangguan elektromagnetik potensial.

“Tidak seperti kapal perusak lain yang dilengkapi dengan perangkat antena rumit di tiang, Type 055 memiliki tiang terintegrasi tertutup yang canggih, yang memungkinkannya untuk berkomunikasi dengan platform lain,” kata Lu. “Tapi itu berarti lebih banyak waktu dibutuhkan bagi mereka untuk menjalani tes yang rumit dan komprehensif sebelum mereka dapat bergabung dengan Angkatan Laut.”

Sputnik melaporkan pada bulan Januari 2020 bahwa Nanchang, Type 055 pertama, telah secara resmi memasuki layanan sekitar 2,5 tahun setelah diluncurkan. Kapal ini adalah kapal perusak terbesar yang beroperasi di mana pun, setelah kapal perusak kelas Zumwalt berbobot 16.000 ton milik Angkatan Laut AS. Namun, Washington hanya memiliki rencana untuk 3 Zumwalt.

Sementara Nanchang berpartisipasi dalam perayaan Hari Nasional 70 tahun Republik Rakyat Tiongkok pada Oktober 2019, ujar seorang anggota militer Tiongkok mengatakan kepada SCMP bahwa banyak peralatan, termasuk radar, sistem komunikasi dan persenjataan, dan pekerjaan lain yang belum benar-benar selesai.”

Kapal perang tersebut dapat melakukan peran anti kapal selam dan anti kapal, serta anti pesawat terbang, dan bahkan membombardir sasaran pantai. Hal ini untuk menjadi pengawal armada kapal induk PLAN yang sedang berkembang.

Pengamat melihat Type 055 kedua, keluar dari Dalian pada uji coba laut pada hari Jumat 21-8-2020, menandakan bahwa itu juga akan segera bergabung dengan armada.

Sebuah laporan pada Rabu 19-8-2020 dari War Industry Black Technology, platform media sosial dari perusahaan Quantum Defense Cloud Technology yang berbasis di Shenzhen, mencatat bahwa selain sebagai tambahan kelompok penyerang kapal induk, PLAN akan membentuk tiga kelompok penyerang amfibi yang terdiri dari kapal perang Type 075 dan kapal perusak Type 055 yang dilengkapi meriam berenergi tinggi.

Sharing

5 pemikiran pada “Destroyer Tipe 055 Final Cina Bersiap untuk Diluncurkan”

Tinggalkan komentar