Typhoon Inggris Cegat Pesawat Mata-Mata Rusia

Jakartagreater.com – Pada hari Senin, pesawat tempur Typhoon Angkatan Udara inggris (RAF) yang dikerahkan di Lithuania, dilaporkan telah mencegat pesawat pengintai radar IL-20 Rusia (nama kode NATO : COOT A) Ilyushin Il-20M dan pesawat intelijen elektronik yang beroperasi di atas Laut Baltik, lansir Defenseblog.

Ilyushin Il-20M adalah pesawat intelijen sinyal elektronik yang ditingkatkan berdasarkan pesawat turboprop era 1950-an. Pesawat mata-mata ini dilengkapi beragam antena, sensor optik dan infra merah, dan radar samping, serta peralatan komunikasi satelit.

IL-20 yang dipantau oleh Typhoon, saat itu terbang melalui Wilayah Informasi Penerbangan Lituania di wilayah udara internasional, untuk memastikan keamanan pengguna wilayah udara lain karena pesawat militer Rusia tidak mengajukan rencana penerbangan sesuai dengan praktik standar internasional.

Menurut Royal Air Force, ini adalah reaksi rutin untuk Expeditionary Air Wing ke-135 dan Squadron 6 Typhoon, yang beroperasi dari Pangkalan Udara Siauliai bersama Angkatan Udara Spanyol untuk melakukan misi Pengawasan Udara Baltik NATO.

Pencegatan mendadak oleh Typhoon ini adalah demonstrasi terbaru dari jet tempur Inggris melakukan misi bersama NATO untuk keselamatan dan integritas wilayah udara Baltik dan juga menunjukkan komitmen Inggris terhadap keamanan kawasan itu.

Sharing

Satu pemikiran pada “Typhoon Inggris Cegat Pesawat Mata-Mata Rusia”

Tinggalkan komentar