Intergrasi Radar Senjata Oerlikon Skyshield MK-2 TNI AU

Jakartagreater – Denhanud 472 Paskhas yang berada di Lanud Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan melakukan latihan Puncak Wing II Paskhas (Hardha Marutha II), operasi Peran Baterai Pertahanan Udara.

Denhanud 472 Paskhas yang berada di bawah Wing II Paskhas dalam latihan Perebutan dan pengendalian Pangkalan Udara (OP3U), melaksanakan Air Landed dan menggelar Pertahanan Udara dengan senjata Oerlikon Skyshield MK-2 buatan Swiss, dirilis situs TNI AU, pada Rabu 2-09-2020.

Intergrasi Radar Senjata Oerlikon Skyshield MK-2 TNI AU. (@ Korpaskhas)

Senjata Oerlikon Skyshield MK-2 sangat modern dan ditakuti karena kecanggihannya, telah terintegrasi dengan Radar yang ada di Jajaran Kohanudnas.

Sebelum sasaran tertangkap radar yang ada di Oerlikon, sasaran tersebut terlebih dahulu akan ditangkap oleh radar yang ada di Jajaran Kohanudnas dan dapat dimonitor dari Command Post Oerlikon, sehingga dengan mudah senjata ini akan mendeteksi, mengunci dan menembak pesawat musuh.

Untuk pengelabuan posisi titik pertahanan udara Oerlikon Skyshield MK-2 itu, digunakan GPS jammer yang mempunyai kemampuan untuk mengacak sinyal frekuensi GPS dari satelit sehingga perangkat GPS tidak bisa menerima sinyal GPS.

Intergrasi Radar Senjata Oerlikon Skyshield MK-2 TNI AU. (@ Korpaskhas)

Hal ini mengakibatkan perangkat GPS tidak dapat mentransmisikan data Positioning, Navigation and Timing (PNT) yang dibutuhkan oleh perangkat navigasi lainnya untuk Pointing Target.

Radar Oerlikon dengan daya deteksi yang sangat luas dan tersamar dengan baik siap mempertahankan Pangkalan Udara dari serangan udara musuh.

Sharing

Satu pemikiran pada “Intergrasi Radar Senjata Oerlikon Skyshield MK-2 TNI AU”

  1. Kasihan juga ya PASKHAS salah satu prajurit udara palang pintu penjaga ibu pertiwi kita ini, sampai sekarang belum miliki senjata gahar nan lethal semisal rudal jarak menengah NASSAM, BUK, atau kendaraan Heavy Fighting Vehicle semisal Thor, Tunguska, atau K30 Biho. Senjata andalan korps ini masih sangat terbatas dari manpad, dan rantis saja, dan Oerlikon Skyshield statis yg gampang dijadikan target rudal atau smart bomb

Tinggalkan komentar