Rusia akan Lengkapi Pesawat Tempurnya dengan Rudal R-77-1

Jakartagreater.com – Kementerian Pertahanan Rusia telah memesan rudal udara-ke-udara jarak menengah R-77-1 terbaru dengan jumlah total 65 miliar rubel (sekitar US$ 870 juta). Berkat pesanan jangka panjang ini, rudal R-27 yang sudah usang dengan sistem pemandu radar semi-aktif harus diganti sepenuhnya. R-77 memiliki pemandu radar aktif dan jangkauan hingga 110 km, lansir Defense24.

Menurut media Izvestia, Kementerian Pertahanan Rusia telah menyelesaikan kontrak beberapa waktu lalu dan bahkan batch pertama rudal sudah dikirimkan. Belum ada informasi berapa rudal yang dipesan, tapi dilihat dari nilai kontrak kemungkinan bisa mencapai beberapa ribu rudal. Ini adalah pesanan rudal terbesar sejak kontrak tahun 2015 untuk varian R-77 yang lebih tua, senilai 13 miliar rubel.

Tujuan dari kontrak tersebut adalah untuk sepenuhnya mengganti rudal udara-ke-udara R-27, dan memperkenalkan versi baru R-77 ke dalam persenjataan untuk semua pesawat tempur yang dimiliki armada Rusia.

Ini berlaku tidak hanya untuk pesawat tempur dan pesawat multi-peran generasi 4 ++ dan generasi 5 baru, tetapi juga untuk pesawat tempur berat MiG-31BM dan pembom garis depan Su-34 yang dimodernisasi. Rudal terbaru R-77-1 Rusia ini diklaim akan setara dengan rudal buatan Barat seperti Meteor atau AMRAAM.

Kontrak tersebut menyangkut versi rudal terbaru, yang diberi nama R-77-1, yang menggunakan sistem pemandu radar aktif, perangkat lunak, sistem bus pertukaran data baru, dan jangkauannya telah ditingkatkan dari 80 menjadi 110 km. Akibat perubahan tersebut, bobotnya bertambah sekitar 15 kg menjadi 190 kg. Sirip dan bagian belakang rudal juga dimodifikasi untuk mengurangi hambatan aerodinamis dan meningkatkan kemampuan manuver di fase terminal. Pada fase awal penerbangan, R-77-1 menggunakan data target dari pesawat pengangkut dan mengaktifkan sistem panduan radar aktif saat memasuki fase terminal penerbangan sekitar 30 km dari target.

Saat ini, pekerjaan sedang dilakukan pada rudal versi yang lebih baru untuk melengkapi jet siluman Su-57, yang diberi nama K-77M. Rudal varian ini akan dilengkapi dengan mesin dua tahap dan radar AESA serta ballast tipe baru, selain itu versi rudal jarak jauh K-77ME dengan mesin Ramjet juga sedang diuji.

Sharing

6 pemikiran pada “Rusia akan Lengkapi Pesawat Tempurnya dengan Rudal R-77-1”

Tinggalkan komentar