Latihan Kesiapan Tempur Tingkat Baterai Yonarhanud 15/DBY

Jakartagreater.com  –  Batalyon Artileri Pertahanan Udara (Arhanud) 15 / Dahana Bhaladika Yudha, yang bermarkas di Jatingaleh, Semarang, Jawa Tengah, menggelar kesiapan tempur melalui kegiatan Uji Siap Tempur (UST) Tingkat Baterai Yonarhanud 15/DBY.

Pasukan organik Kodam IV Diponegoro ini, latihan di wilayah Temanggung, Jawa Tengah, tanggal 1 sampai dengan 4 September 2020, dirilis instagram Yonarhanud 15/DBY, 6-09-2020.

Dalam latihan ini tampak Rapid Ranger telah operasional dengan mengusung Rudal 4 Starstreak menggunakan chasis kendaraan URO Vamtac, yang diintegrasikan oleh PT Len Industri.

Latihan Kesiapan Tempur Tingkat Baterai Yonarhanud 15/DBY. (@ Yonarhanud 15/DBY)

Sistem konfigurasi Rapid Ranger, setiap kendaraan memiliki 4 Rudal yang siap diluncurkan, ditambah Rudal Starstreak yang disimpan di bagian belakang URO Vamtac.

Rapid Ranger dapat diintegrasikan ke dalam jaringan struktur dan kontrol dari sistem Early Warning Command and Control (C2) atau dapat beroperasi secara mode otonom untuk misi tertentu.

Dilengkapi dengan Rudal Starstreak, sistem pertahanan Rapid Ranger memiliki kemampuan untuk menghadapi spektrum target yang luas seperti Armored Personnel Carriers (APC), instalasi statis dan platform teroris, serta ancaman udara, seperti: UAV, Rudal Jelajah, Helikopter pop-up, dan FGA (Fighter/Ground Attack).

Tiga awak mengoperasikan Rapid Ranger – komandan, pengemudi dan operator Rudal.

Latihan Kesiapan Tempur Tingkat Baterai Yonarhanud 15/DBY. (@ Yonarhanud 15/DBY)

URO VAMTAC digerakkan dengan mesin M16- “Monoblock” Steyr Motors (6-silinder, mesin diesel turbocharged dengan transmisi 5 percepatan otomatis.

Kendaraan ini dapat bergerak pada kecepatan maksimum 135 km/jam dengan jangkauan jelajah maksimum 600 km, memiliki panjang 4,845 m, lebar 2,175 m dan tinggi 1,9 meter.

blank
Latihan Kesiapan Tempur Tingkat Baterai Yonarhanud 15/DBY. (@ Yonarhanud 15/DBY)

Bobot berat kendaraan berkisar antara 3.000 kilogram hingga 3.500 kilogram, dan memiliki kapasitas muatan mulai dari 1.500 kg hingga 2.000 kg.

Selain yang dipasang di URO VAMTAC, dalam latihan Uji Siap Tempur (UST) Tingkat Baterai ini, Yonarhanud 15/DBY juga menggelar Rudal Starstreak dalam mode man-portable (MANPADS).

Sharing

Satu pemikiran pada “Latihan Kesiapan Tempur Tingkat Baterai Yonarhanud 15/DBY”

Tinggalkan komentar