Yunani Beli 10 Rafale Dapat Bonus 8 Rafale Bekas

Jakartagreater.com – Prancis dan Yunani telah mencapai kesepakatan pembelian 18 jet tempur Rafale, 10 di antaranya adalah jet tempur baru dan 8 lainnya akan diberikan sebagai ‘sumbangan’, lansir Defenseworld.

“Kontak antara kedua belah pihak berada pada tingkat yang sangat maju, dan pada tahun 2020 perjanjian tersebut akan diumumkan secara resmi,” rilis pemberitaan dari Yunani, dan dilaporkan oleh Pentapostagma yang mengutip sumber yang mengetahui kesepakatan tersebut.

Jet-jet tempur itu akan menjadi versi bersenjata lengkap yang siap untuk ditempatkan segera karena Yunani menghadapi Turki yang semakin agresif atas sengketa wilayah di Mediterania Timur. Baru-baru ini jet tempur F-16 Yunani dan Turki secara singkat terlibat dalam ‘dogfight’, tulis laporan itu.

Berdasarkan bocoran selama ini, kesepakatan tersebut tampaknya bergerak di dua level. Yang pertama adalah sumbangan delapan jet tempur dari Angkatan Udara Prancis ke Angkatan Udara Yunani dan yang kedua pembelian 10 jet Rafale baru dari Prancis.

Delapan pesawat yang akan diberikan sebagai “hadiah” adalah jet bekas dari inventaris Angkatan Udara Prancis. Jet tempur ini adalah yang menyerang pangkalan udara Al Watiya di Libya beberapa bulan lalu yang menyebabkan kerusakan pada sistem pertahanan udara Turki, tulis publikasi tersebut.

10 pesawat tempur baru yang akan dibeli akan berasal dari stok yang sedang dibangun untuk Angkatan Udara Mesir. Kedua pemerintah mengharapkan untuk mencapai kesepakatan dengan Mesir untuk mengalihkan 10 dari 20 jet yang dimaksudkan untuk Mesir ke Yunani. 10 sisanya untuk Mesir akan dikirim nanti.

Mesir telah memesan 24 jet tempur Rafale pada tahun 2014 dimana 4 unit telah dikirim dan 10 sedang dalam proses.

Kekuatan Angkatan udara Yunani terutama terdiri dari jet F-16 tua yang akan dimodernisasi oleh Amerika Serikat menjadi standar F-16V sehingga membuatnya lebih mematikan daripada F-16 dengan Turki. Namun, kesepakatan itu ditandatangani hanya pada 2019, dan baru pada tahun 2022 F-16 yang dimodernisasi pertama diluncurkan.

Sementara itu, hubungan Yunani dengan Turki memburuk dengan Turki menggunakan kekuatan militernya yang lebih besar untuk memaksa Yunani mundur dari menegakkan klaim teritorialnya di Mediterania Timur.

Prancis dengan tegas memihak Yunani bahkan menerbangkan dua jet tempur Rafale untuk latihan dengan Angkatan Udara Yunani dalam beberapa pekan terakhir.

Sharing

13 pemikiran pada “Yunani Beli 10 Rafale Dapat Bonus 8 Rafale Bekas”

  1. Beli 10 pespur baru dpt bonus 8 pespur bekas, lumayan yg bekas bisa dipakai buat kanibalan. Namun sepertinya ada isyarat yg tersurat dari bonus ini, gunakan pesawat Perancis untuk melawan musuh yg Perancis sendiri sebal, Turki contohnya.

  2. Jika telah dilengkapi dng Rafale maka kekuatan antara Turkey dan Yunani tdk berimbang. Pastinya Rafale mampu mengatasi f-16 milik turkey.
    Jika sdh spt itu tdk ada kata lain bg Turkey utk mempercepat program pespur Gen.5 nya. Sayangnya Turkey lg dijauhi dng kawan2 Eropanya sehingga program pespur Turkey gak akan berjalan sesuai target.
    Pilihan terakhir jika mentok, pastinya Rusia sbg alternatif.
    Bisa dlm bentuk produksi bersama SU-57 utk kebutuhan mendesak atau melanjutkan program TFX dng mesin dr Rusia, namun tdk bisa dlm waktu singkat.

    • Jika SU-35 yg diakuisisi dlm waktu singkat, pastinya hrs pesanan khusus. Terkait data link dan rudal yg akan digotong. Sebab Turkey sdh mengembangkan rudal udara ke udaranya sendiri sbg pengganti Sidewinder dan Amraam yakni Gokdogan dan rudal Bozdogan.
      Rudal ini harus jg compatible dng SU-35.
      Atau alternatifnya memborong rudal buatan Rusia dng paket lengkap yg termasuk dlm pembelian SU-35. Sebab rudal hasil pengembangan Turkey blom betel prupen dan msh perlu pengujian lanjutan.

  3. Akan terjadi Pertempuran antara Rafale Vs Sukhoi SU35, kira – kira bakalan menang Siapa ya ?

    Jika salah satu diantara keduanya memenangi Duel maut tersebut bakalan menjadi ajang Promosi yang bagus serta akan mendapatkan predikat Battle Proven seantero Jagat…

    Setelah itu Harganya akan naik serta meroket

  4. Kalau Yunani beli 10 dapet hadiah 8 unit … berarti kalau Indonesia jadi beli 48 unit berarti mendapat hadiah 32-35 unit bekas pakai …. sehingga total menjadi 80-83 unit … kira-kira dipakai untuk mengisi 5 skuadron tempur “komposit” (unit2 yang baru untuk scrambel dan unit2 yang bekas pakai sebagai latihan dan patroli harian) …

Tinggalkan komentar