Su-57 Rusia akan Dilengkapi Jubah Siluman

Jakartagreater  –  Sejak produksi massal Sukhoi Su-57 dimulai tahun lalu, pengembang telah mengumumkan sejumlah tambahan untuk pesawat tempur generasi kelima, mulai dari Rudal Hipersonik baru, hingga rencana untuk memungkinkannya mengendalikan kawanan Drone, dirilis Sputniknews.com, Selasa 1-9-2020.

Jet tempur Su-57 Rusia akan dilengkapi jubah pelindung khusus untuk melindungi Jet tempur Su-57 dari cuaca buruk dan deteksi radar musuh saat Jet tempur Su-57 berada di lapangan terbang. Pengiriman jubah akan dimulai tahun depan, Izvestia melaporkan, mengutip sumber di militer dan industri militer Rusia.

Menurut surat kabar tersebut, jubah itu akan terbuat dari polimer pemantul sinyal radar, dengan setiap pesawat akan dilengkapi lebih dari 12 penutup terpisah yang dipasang khusus untuk badan pesawat, sayap, kokpit, stabilisator, intake udara, roda dan komponen lainnya.

Selain menyelubungi pesawat, penutupnya akan melindungi elektronik eksternal pesawat, termasuk antena, sensor, radar, serta sistem optik dan elektronik dari elemen.

Letnan Jenderal Valery Gorbenko, mantan komandan Angkatan Udara dan Angkatan Darat Pertahanan Udara ke-4, mengatakan kepada Izvestia bahwa jubah tersebut akan menghilangkan informasi dari musuh potensial seperti di mana basis pesawat, berapa banyak, serta dari mana dan di mana Jet tempur Su-57 telah dipindahkan.

Petugas menambahkan bahwa kualitas perlindungan penutup adalah bonus yang signifikan. “Penting untuk melindungi peralatan modern dari cuaca buruk. Saat ini pesawat terkadang tertutup seluruhnya, tetapi ini memberikan sedikit perlindungan dari hujan atau salju. Di wilayah Selatan, selama badai pasir, cat terkelupas seperti ampelas. ”

Sukhoi saat ini sedang mengerjakan pengiriman 76 Su-57 untuk Kementerian Pertahanan, dengan pengujian negara pada pesawat yang dikirimkan sebelumnya akan selesai sebelum akhir tahun.

Sukhoi Su-57, sebelumnya dikenal sebagai ‘PAK FA’ atau T-50, adalah pesawat tempur generasi kelima supermanoeuvrable dengan karakteristik siluman dan sistem avionik dan senjata terbaru.

Mengambil bagian dalam evaluasi pertempuran di Suriah pada 2018 dan 2019, Jet tempur tersebut secara resmi memulai produksi massal pada 2019. Sementara itu, pengembang sedang mengerjakan sejumlah peningkatan, termasuk mesin generasi kelima sejati dan Rudal Hipersonik yang dirancang untuk dipasang di dalamnya bay senjatanya.

Label harga pasti dari program Su-57 sulit ditentukan. Namun, media bisnis Rusia melaporkan tahun lalu bahwa kontrak dengan Kementerian Pertahanan untuk batch 76 pesawat diperkirakan menelan biaya 170 miliar rubel (US $ 2,3 miliar), atau sekitar US $ 30,4 juta per pesawat. Program pengembangan pesawat menelan biaya sekitar 60 miliar rubel 2010 (sekitar $ 2,8 miliar).

Angka-angka ini lebih baik dibandingkan dengan F-35 Lightening II Lockheed Martin yang memiliki biaya program sebesar $ 428,5 miliar, dan biaya operasi dan pemeliharaan sebesar $ 1,19 triliun hingga tahun 2077, serta harga per pesawat sebesar $ 77,9 juta untuk F-35A, $ 94,4 juta untuk F-35C, dan $ 101,3 juta untuk F-35B.

Sharing

Satu pemikiran pada “Su-57 Rusia akan Dilengkapi Jubah Siluman”

Tinggalkan komentar