Taiwan Bantah Tembak Pesawat Tempur China

Jakartagreater.com – Sebelumnya telah beredar video dan foto-foto yang memperlihatkan kobaran api dan kepulan asap dari sebuah pesawat yang jatuh.

Sejumlah akun Twitter dan media yang belum terkonfirmasi kebenarannya melaporkan bahwa pesawat itu adalah pesawat tempur Su-35 milik Angkatan Udara Tiongkok yang jatuh di provinsi Guanxi di China setelah ditembak jatuh oleh pertahanan udara Taiwan, lansir The Week.

Kementerian Pertahanan Nasional Taiwan mengeluarkan siaran pers yang menyangkal keterlibatan Taiwan dalam insiden tersebut, dan menyebutnya sebagai tidak benar.

Siaran pers yang dikeluarkan oleh Komando Angkatan Udara, menyatakan “Komando Angkatan Udara dengan sungguh-sungguh membantah hari ini bahwa ini adalah informasi yang salah, dan sama sekali tidak benar. Komando Angkatan Udara menunjukkan bahwa mereka sangat mengutuk tindakan jahat tersebut dengan sengaja membuat dan menyebarkan kebohongan dan informasi palsu di Internet dalam upaya untuk membingungkan orang.”

Siaran pers menambahkan, “Komando Angkatan Udara menekankan bahwa untuk menjaga keamanan wilayah udara, markas besar akan terus memantau secara dekat kondisi laut dan wilayah udara di sekitar Selat Taiwan, dan memberikan informasi yang benar secara tepat waktu untuk mencegah penyebaran berita bohong dan palsu, dan untuk menghindari keresahan sosial, dan mengimbau orang-orang untuk yakin “.

Siaran pers diedarkan oleh Niocola Smith, koresponden Taiwan dari surat kabar Daily Telegraph Inggris. Dia menghubungkannya dengan Juru Bicara Angkatan Udara Letnan Jenderal Chen Guohua.

Sebelumnya, ketika klaim Su-35 yang ditembak jatuh mulai beredar, beberapa analis menunjukkan bahwa Guanxi berjarak hampir 1.000 km dari Taiwan, dan Taiwan tidak memiliki rudal permukaan-ke-udara dengan jangkauan yang cukup untuk mencapai target sejauh itu.

Su-35 adalah pesawat tempur ekspor paling canggih di angkatan udara China. Jet ini adalah turunan terbaru dari pesawat tempur Su-27 dan lebih gesit daripada pesawat tempur Su-30 yang dioperasikan oleh China dan India. Beberapa tahun lalu China membeli 24 pesawat tempur Su-35 dari Rusia.

Sharing

5 pemikiran pada “Taiwan Bantah Tembak Pesawat Tempur China”

  1. Besi benda mati buatan manusia dipake buat terbang kalau jatuh dimaklumi saja, baikan diakui saja ditembak sama Taiwan biar tak diremehkan cina, itu akibat sombong, angkuh dan kemaruknya cina dgn musuhi semua negara tetangga kalau bisa mau kuasai seluruh dunia, sekali lagi terpaksa harus memaklumi soalnya bangsa tak beragama, repotnya kita menghadapi mereka pakai akal dan logika diplomasi padahal tak ada di benak mereka.

    • Iri bilang boss….
      Udah dibantah juga… kalo jarak Taiwan dari TKP 1000km…dan Taiwan tidak punya rudal sejauh itu masih ngeyel. Cina itu sekarang udah jadi salah satu super power dunia. Suka tidak suka kita harus belajar menerima kenyataan. Saya lbh suka dunia yg multipolar daripd dunia yg hanya ada 1 superpower.

Tinggalkan komentar