MiG-31 Rusia Cegat Pesawat Intai Orion Norwegia

Moskow, Jakartagreater.com – Jet tempur MiG-31 Armada Utara Rusia telah diterbangkan untuk mencegat pesawat patroli maritim Orion milik Angkatan Udara Kerajaan Norwegia di atas Laut Barents untuk hari ketiga berturut-turut, kata Russian National Defense Control Center kepada wartawan.

Menurut militer Rusia, pada 5 September radar Rusia mendeteksi target di wilayah udara internasional di atas perairan netral Laut Barents. Pesawat itu sedang menuju wilayah udara kedaulatan Rusia.

“Sebuah jet tempur MiG-31 dari unit pertahanan udara Armada Utara yang ditugaskan untuk mengidentifikasi dan mencegat target di udara untuk mencegah serangan resmi ke wilayah udara Rusia,” kata pusat itu. Awak jet Rusia mengidentifikasi target udara sebagai pesawat pengintai maritim P-3S Orion dari Royal Norwegian Air Force.

Russian National Defense Control Cente menyatakan bahwa setelah pesawat pengintai strategis Norwegia berpaling dari wilayah udara Rusia, MiG-31 kembali ke lapangan terbang pangkalannya.

Pada hari Kamis dan Jumat, jet MiG-31 juga telah diacak untuk mencegat pesawat Norwegia yang sama di atas Laut Barents.

Pusat tersebut menekankan bahwa semua penerbangan jet tempur Rusia dilakukan sesuai dengan internasional. Pesawat Norwegia tidak diizinkan melintasi perbatasan Rusia secara ilegal dalam tiga insiden tersebut.

Sharing

Tinggalkan komentar